Bagaimana DNA & RNA Berbeda?-

Apa itu DNA dan RNA?

DNA dan RNA adalah materi genetik yang ditemukan di setiap sel hidup. Senyawa ini bertanggung jawab untuk reproduksi sel dan produksi protein yang diperlukan untuk kehidupan. Sementara masing-masing senyawa ini membawa informasi yang dikodekan oleh gen, mereka berbeda dalam beberapa hal.

Perbedaan struktural

DNA adalah singkatan dari asam deoksiribonukleat, sedangkan RNA adalah singkatan dari asam ribonukleat. DNA, dengan demikian, membawa gula deoksiribosa dan RNA mengandung gula ribosa.

DNA terdiri dari beberapa jenis basa nitrogen: adenin, timin, sitosin, dan guanin. RNA mengandung basa nitrogen yang mirip dengan DNA, tetapi tidak mengandung timin. Ini mengandung urasil sebagai gantinya.

Baik DNA dan RNA adalah gula yang dihubungkan dengan senyawa nitrogen di satu ujung dan gugus fosfor di ujung lainnya. Namun, DNA umumnya terdiri dari dua helai yang dililitkan bersama untuk membentuk heliks ganda. RNA biasanya beruntai tunggal.

Perbedaan fungsional antara DNA dan RNA

DNA bertanggung jawab untuk menyimpan informasi genetik dan ditemukan dalam inti sel. Saat tidak digunakan, untaian DNA melilit dengan erat dan membentuk kromosom.

RNA ditemukan di bagian lain sel (misalnya, mitokondria) dan bertanggung jawab untuk mengambil informasi yang ada pada DNA dan mengubahnya menjadi sesuatu yang fungsional, dengan mengkodekan berbagai protein melalui proses transkripsi.

Misalnya, untaian DNA dapat menentukan seseorang memiliki gen bermata biru. Informasi ini diambil dari DNA oleh RNA, yang bertanggung jawab untuk menciptakan protein pigmen biru yang diperlukan untuk mengekspresikan gen ini.

Rodolfo Clix