Inilah Bagaimana Perjalanan Luar Angkasa Akan Mempengaruhi Hati Anda-

Pernah bermimpi menjadi astronot saat kecil?

Kemungkinannya adalah, setelah Anda melihat melewati hal-hal yang sangat keren – lagipula, siapa yang tidak ingin melihat luar angkasa secara langsung, atau menginjakkan kaki di bulan? – Anda mungkin belajar bahwa perjalanan luar angkasa bisa sangat berat bagi tubuh Anda.

Ambil tulangmu. Karena tarikan gravitasi terus-menerus menantang kerangka Anda – karena tulang Anda harus melawan gravitasi agar Anda tetap tegak – hidup di lingkungan dengan gravitasi rendah atau tanpa gravitasi dapat memengaruhi kerangka Anda. Berbulan-bulan atau bertahun-tahun di luar angkasa menurunkan massa tulang Anda, itulah sebabnya para astronot perlu melakukan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan tulang mereka.

Tapi ada efek lain juga. Semua pencucian kalsium dari tulang Anda dapat mengalir ke ginjal Anda, meningkatkan risiko batu ginjal yang menyakitkan. Dan hidup dengan gravitasi rendah di luar angkasa memengaruhi memori otot Anda, sehingga keseimbangan Anda bisa hilang saat kembali ke Bumi.

Sekarang, para ilmuwan telah menemukan bahwa jantung Anda mengalami perubahan besar di ruang angkasa – setidaknya untuk sementara. Inilah bagaimana pekerjaan impian astronot itu dapat memengaruhi detak jantung Anda, dan apa yang akan terjadi ketika Anda kembali ke rumah.

Waktu di Luar Angkasa Menyebabkan Perubahan Genetik di Hati Anda

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa pergi ke luar angkasa sangat berat bagi hati Anda. Ruang cenderung menurunkan tekanan darah, sedangkan dehidrasi menyebabkan volume darah lebih rendah. Ini juga meningkatkan jumlah darah yang dipompa melalui pembuluh Anda dengan setiap detak jantung, yang berarti kerja ekstra untuk otot jantung Anda.

Selain itu, paparan radiasi astronot selama beberapa misi dapat memengaruhi kesehatan jantung. Radiasi menyebabkan tekanan darah tinggi – juga disebut hipertensi – karena mencegah pembuluh darah Anda “santai”.

Jadi, secara keseluruhan, bukan kejutan besar bahwa astronot jauh lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung daripada populasi umum.

Tapi Ilmuwan Membantu Kesehatan Jantung Astronot

Langkah pertama untuk memecahkan masalah kardiovaskular astronot adalah memahaminya sejak awal. Dan itulah yang dilakukan oleh tim peneliti di Stanford University.

Pertama, mereka mengambil darah dari subjek uji yang sehat, yang tidak memiliki riwayat penyakit kardiovaskular. Kemudian, mereka memanipulasi beberapa sel darah untuk berkembang menjadi sel jantung. Akhirnya, mereka mengirim separuh sel jantung ke luar angkasa selama sekitar enam minggu, dan menyimpan sisa sel di Bumi untuk dijadikan sebagai kelompok kontrol.

Mungkin tidak mengherankan, mereka menemukan bahwa waktu di luar angkasa secara signifikan mengubah sel-sel jantung. Secara keseluruhan, mereka menemukan bahwa perjalanan ruang angkasa mengubah aktivitas lebih dari 3.000 gen di dalam sel jantung. Dan sementara banyak dari perubahan itu terbalik begitu sel kembali ke Bumi, para peneliti menemukan bahwa 1.000 gen masih aktif (atau tidak aktif) secara tidak normal setelah 10 hari di Bumi.

Jadi Apa Artinya Ini Bagi Astronot?

Studi ini bisa menjadi langkah pertama untuk lebih memahami bagaimana perjalanan luar angkasa memengaruhi jantung Anda. Tapi jalan masih panjang. Sementara kita sekarang tahu bahwa banyak gen menjadi lebih atau kurang aktif di luar angkasa, para peneliti masih tidak yakin gen mana yang paling penting – atau bagaimana tepatnya perubahan gen itu memengaruhi jantung Anda pada tingkat molekuler.

Tapi itu masih merupakan langkah yang menjanjikan untuk melindungi hati para astronot. Saat para peneliti mempelajari lebih banyak tentang perubahan genetik yang terjadi di luar angkasa, para ilmuwan dapat berupaya mengembangkan obat-obatan atau perawatan lain untuk meminimalkan perubahan dan – mudah-mudahan – menjaga kesehatan jantung para pelancong luar angkasa.

3DSculptor/iStock/GettyImages