Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Geologi (Studi tentang Batuan)-

​Sciencing dapat memperoleh kompensasi melalui tautan afiliasi dalam artikel ini .

Jika Anda suka bermain batu saat kecil (atau saat ini Anda memiliki koleksi batu yang luar biasa), kami punya kabar baik. Daya tarik batu itu? Ini adalah karir sains yang sah.

Dan, dalam istilah sains, ini disebut geologi.

Geologi adalah studi tentang bumi. Secara khusus, geologi mempelajari struktur padat planet kita, lapisan batuan, mineral, dan bahan lainnya, serta bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Geologi juga menggabungkan sains dengan studi tentang sejarah bumi, karena ahli geologi mempelajari pembentukan, struktur, dan perubahan planet kita yang terjadi dari waktu ke waktu.

Menjadi seorang ahli geologi berarti pergi ke universitas atau perguruan tinggi (dan mungkin bahkan sekolah pascasarjana), tetapi Anda dapat mulai mempelajari bidang yang luar biasa ini sekarang. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu geologi, apa yang dilakukan ahli geologi, dan peralatan sains yang Anda perlukan untuk mulai mempelajari geologi hari ini.

Apa yang Dilakukan Ahli Geologi?

Tanyakan kepada non-ilmuwan tentang geologi dan Anda mungkin akan mendengar bahwa itu “ada hubungannya dengan bebatuan”. Dan itu benar! Ahli geologi melihat batuan yang berbeda, mineral dan bahan lain yang membentuk lapisan luar padat bumi, yang disebut kerak bumi. Mereka juga melihat zat lain yang ditemukan terkubur di kerak bumi, seperti minyak dan gas alam. Dan mereka mempelajari peristiwa geologis besar, seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, dan banjir.

Mengapa itu penting ?

Nah, geologi membentuk bagaimana kita hidup. Pikirkan tentang daerah rawan gempa, seperti California. Beberapa ahli geologi membantu kita memahami daerah mana yang paling rawan gempa, sehingga kita dapat membangun bangunan yang cukup kuat untuk menahannya. Mereka juga dapat mengidentifikasi area yang kemungkinan akan banjir, sehingga kami dapat merencanakan sebelumnya untuk menghindari banjir yang berlebihan – dan menanganinya saat terjadi.

Dan itu hanya satu jenis karir yang bisa Anda kejar di bidang geologi. Anda juga bisa bekerja di paleontologi, mempelajari fosil (seperti fosil dinosaurus mengagumkan yang mungkin pernah Anda lihat di museum). Anda bisa menjadi seorang ahli kelautan, belajar tentang geologi di dasar dasar laut. Anda bisa menjadi ahli paleobiologi, belajar tentang bagaimana rupa bumi jutaan tahun yang lalu. Dan, Anda bahkan bisa menjadi ahli iklim, dan membantu mengungkap bagaimana planet kita akan berubah di masa depan.

Bagaimana Memulai Belajar Tentang Geologi

Apa pun jenis geologi yang Anda minati, Anda harus kuliah atau universitas. Banyak sekolah memiliki program sarjana geologi dan ilmu bumi yang akan mempersiapkan Anda untuk beberapa karir. Dan ahli geologi top juga pergi ke sekolah pascasarjana, di mana Anda akan melakukan penelitian geologi Anda sendiri, melakukan eksperimen Anda sendiri dan mempublikasikan hasilnya (dengan kata lain, menjadi ilmuwan yang sah).

Tapi itu semua di masa depan, dan Anda tidak memerlukan pendidikan tinggi untuk mulai belajar lebih banyak tentang planet kita. Pelajari lebih lanjut tentang geologi hari ini dengan peralatan sains yang luar biasa ini.

Kumpulan Ilmu Geologi Kit Batu

Tentu saja, geologi lebih dari sekadar studi batuan – tetapi perangkat ini adalah cara yang bagus untuk mulai mempelajari mineral yang menyusun planet kita. Kit sains ini memiliki 15 sampel berbagai jenis batuan, mulai dari batuan beku (jenis batuan yang terbentuk saat lava atau magma mendingin) hingga batuan sedimen (terbentuk saat lapisan pasir dan tanah memadat di bawah tekanan untuk membentuk batuan). Ini juga berisi contoh batuan metamorf, yang terbentuk ketika batuan yang sudah ada sebelumnya berubah setelah terkena panas, tekanan, atau paparan mineral lainnya.

​Tersedia di Amazon: Kit Koleksi Batuan, Permata & Mineral

Laboratorium Pengantar Kristal, Batuan dan Mineral Geologi

Kit sains ini juga berisi berbagai jenis batuan – tetapi Anda juga akan mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk melakukan percobaan sains geologi pengantar. Anda akan mendapatkan kelas pembesar mini untuk melihat sampel mineral Anda dari dekat, plus pola untuk membuat berbagai jenis “kristal” dari kertas. Terakhir, Anda dapat membuat geode sendiri: formasi yang terlihat seperti “batu” di luar tetapi memiliki formasi kristal di dalamnya. Geodes juga bisa menjadi dekorasi yang bagus, sehingga Anda dapat menyimpan eksperimen yang sudah selesai di kamar Anda untuk dekorasi, atau membawanya ke kelas untuk dipamerkan dan diceritakan.

​Tersedia di Amazon: Kit Eksperimen Sains Kristal, Batuan & Mineral Pertama Thames & Kosmos Kids

Kit Rock Tumbler Profesional

Jika Anda menyukai geologi, kemungkinan besar Anda memiliki koleksi batuan yang terus bertambah. Mengapa tidak mendapatkan peralatan sains tumbler batu ini untuk melihat bebatuan di sekitar Anda secara berbeda? Tumbler batu menggunakan campuran pasir dan air untuk mengikis tepian bebatuan yang bergerigi, membuat Anda memiliki permukaan yang halus, berkilau, dan terkadang bahkan berkilau yang biasanya tidak dapat Anda lihat di bebatuan yang tidak dipoles. Kit ini dilengkapi dengan semua yang Anda butuhkan untuk memulai, termasuk tumbler, grit, dan sejumlah mineral untuk dipoles. Tetapi Anda tidak perlu berhenti di situ – coba juga memoles kerikil dari halaman belakang dan lingkungan sekitar Anda.

​Tersedia di Amazon: Kit Rock Tumbler Profesional Tingkat Lanjut

Batuan & Mineral Kit Amerika Serikat

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, Amerika Serikat memiliki geologi yang bervariasi, tergantung di mana Anda berada di negara tersebut. Jadi bebatuan yang Anda lihat di New York, misalnya, terlihat berbeda dari bebatuan yang Anda temukan di Florida selatan. Kit sains ini membawa Anda pada survei geologis di seluruh negeri, dengan bagan dan grafik untuk melihat bagaimana bebatuan terlihat di seluruh AS. Perangkat ini juga dilengkapi dengan penggalian geologis DIY, sehingga Anda dapat menggali 12 batu berbeda dari “survei” geologis.

​Tersedia di Amazon: Kit Sains Pad Lab Geologi Mainan Ben Franklin

Kit Sains Gunung Api dan Gempa Bumi

Sebagian besar geologi melihat bagaimana bumi berubah dari waktu ke waktu. Dan terkadang perubahan itu terjadi secara tiba-tiba, seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Dan jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang sisi “bencana” geologi, kit ini harus dimiliki. Anda akan dapat membuat letusan gunung berapi Anda sendiri, lengkap dengan lava yang mengeras saat mendingin (begitulah cara batuan beku dibuat IRL). Kit tersebut juga berisi seismograf, mesin yang digunakan untuk mendeteksi dan memprediksi gempa bumi, serta mempelajari semua tentang bagaimana gempa bumi terjadi. Itu semua yang Anda butuhkan untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi saat Anda dan teman Anda menonton film gempa lagi.

​Tersedia di Amazon: Kit Sains Gempa Bumi dan Gunung Berapi Thames & Kosmos