Tumbuhan Yang Mengandung Amilase-

Amilase adalah enzim yang terjadi secara alami di banyak organisme, termasuk hewan dan tumbuhan. Ada beberapa bentuk amilase, dengan alfa-, beta-, dan gamma-amilase menjadi tiga kelas utama. Alfa-amilase menonjol pada hewan dan manusia, sedangkan beta-amilase menonjol pada tumbuhan.

TL;DR (Terlalu Panjang; Tidak Dibaca)

Amilase adalah enzim protein yang digunakan dalam pencernaan pati menjadi gula sederhana. Ada tiga jenis utama: alfa-, beta- dan gamma-amilase, dan masing-masing bekerja memecah bagian karbohidrat yang berbeda. Makanan kaya amilase termasuk kentang, ubi jalar, kedelai dan biji-bijian sereal.

Apa Itu Amilase?

Amilase adalah enzim pencernaan. Mereka adalah salah satu enzim pertama yang diteliti secara menyeluruh, dan pertama kali dideskripsikan pada abad ke-19.

Tujuan enzim amilase adalah memecah pati, atau polisakarida , menjadi gula sederhana, atau monosakarida . Ada tiga jenis utama: alfa-, beta- dan gamma-amilase, dan masing-masing bekerja memecah bagian karbohidrat yang berbeda.

Sumber amilase menurut jenisnya antara lain alfa-amilase pada mikroba, hewan dan tumbuhan. Beta-amilase lazim dalam mikroba dan tanaman. Sumber gamma-amilase termasuk tumbuhan dan hewan.

Alfa-Amilase

Sejak awal 1900-an, alfa-amilase telah digunakan sebagai penanda uji laboratorium. Alpha-amilase dapat ditemukan di pankreas atau air liur. Dalam tes urin atau darah, kadar amilase yang tinggi menunjukkan penanda penyakit yang potensial. Skenario sebaliknya, penurunan kadar amilase, dapat ditemukan pada kondisi lain.

Penyakit yang menyebabkan peningkatan alfa-amilase antara lain pankreatitis, penyakit usus, penyakit kandung empedu, beberapa keganasan, dan gangguan ginekologi. Di sisi lain, penyakit hati, preeklampsia, penyakit ginjal, dan fibrosis kistik dapat menurunkan kadar amilase. Isoform alfa-amilase termasuk amilase saliva (S-amilase) dan amilase pankreas (P-amilase).

Di dalam air liur dan pankreas, pencernaan karbohidrat terjadi. Inilah sebabnya mengapa penyimpangan dari kadar amilase normal mengindikasikan adanya masalah. Sekitar 5% dari pencernaan awal terjadi melalui amilase saliva bahkan sebelum makanan tiba di lambung. Sumber produksi amilase lainnya termasuk ovarium, saluran tuba, hati dan usus kecil.

Sejumlah tanaman dapat bekerja sebagai penghambat alfa-amilase, dan ini sedang diteliti sebagai pengobatan yang berpotensi bermanfaat untuk hiperglikemia dan diabetes melitus. Tumbuhan penghambat amilase tersebut antara lain Syzygium cumini L. , Psidium guajava L. , Amaranthus caudatus L. , Rhodiola rosea L. , dan masih banyak calon tumbuhan potensial lainnya.

Beta-Amilase

Berbeda dengan alfa-amilase, beta-amilase memainkan peran yang jauh lebih besar pada tanaman. Beta-amilase penting untuk pembuatan bir dan penyulingan, karena merupakan bagian dari proses pembuatan malt. Sejumlah beta-amilase bertanggung jawab atas degradasi pati plastid. Banyak penelitian tentang beta-amilase telah dilakukan dengan menggunakan tumbuhan berbunga Arabidopsis thaliana .

Para ilmuwan telah menemukan bahwa beta-amilase terbentuk sekitar 400 juta tahun yang lalu dan telah terdiversifikasi dari waktu ke waktu bersama dengan tumbuhan dan organisme lain. Beta-amilase tidak ditemukan pada hewan atau jamur. Pada ganggang hijau, enzim beta-amilase yang ada tidak mirip dengan spesies yang lebih baru seperti tanaman sereal. Para peneliti berpikir bahwa beta-amilase menyimpang begitu tanaman darat berkembang.

Tumbuhan Yang Mengandung Amilase

Karena tumbuhan digunakan sebagai makanan bagi banyak organisme, termasuk manusia, terdapat amilase dalam makanan. Makanan nabati yang kaya amilase termasuk kedelai, ubi jalar, jelai, kentang, nasi, tomat, dan biji-bijian sereal.

Karena banyak makanan kaya amilase adalah tanaman tanaman yang berharga, amilase telah dipelajari pada tanaman tersebut. Para peneliti masih berusaha menjelaskan fungsi beta-amilase. Bukti menunjukkan enzim memainkan peran penting dalam pergantian pati daun di beberapa tanaman ini. Jika gen untuk beta-amilase diekspresikan secara berlebihan, hal itu menyebabkan tanaman kerdil dan masalah lainnya.

Sumber beta-amilase dalam makanan termasuk biji-bijian yang penting untuk diseduh. Beta-amilase memengaruhi kualitas malt dari biji-bijian yang diseduh. Proses pembuatan malting membutuhkan beta-amilosa untuk menghasilkan maltosa pada fase menumbuk, yang pada gilirannya mempengaruhi jumlah alkohol yang dapat dihasilkan oleh ragi. Para ilmuwan menghadapi tantangan mempelajari biji-bijian ini karena susunan genetiknya berlebihan dan kompleks, dengan poliploidi genomnya menjadi ciri umum. Para peneliti akan terus mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana beta-amilase dalam makanan bekerja.

Sergi Escribano/Momen/GettyImages