Akankah Saya Menggunakan Pemfaktoran dalam Kehidupan Nyata?- Aljabar

Anjak piutang mengacu pada pemisahan rumus, angka atau matriks menjadi faktor-faktor komponennya. Misalnya, 49 dapat difaktorkan menjadi dua 7s, atau ​x ​2 − 9 dapat difaktorkan menjadi ​x​ − 3 dan ​x​ + 3. Ini bukan prosedur yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian alasannya adalah bahwa contoh yang diberikan di kelas aljabar sangat sederhana dan persamaan tidak mengambil bentuk sesederhana itu di kelas tingkat yang lebih tinggi. Alasan lain adalah bahwa kehidupan sehari-hari tidak memerlukan penggunaan perhitungan fisika dan kimia, kecuali bidang studi atau profesi Anda.

Sains SMA

Polinomial orde kedua, misalnya:

x^2 + 2x + 4

secara teratur diperhitungkan dalam kelas aljabar SMA, biasanya di kelas sembilan. Mampu menemukan angka nol dari rumus semacam itu adalah dasar untuk memecahkan masalah di kelas kimia dan fisika sekolah menengah atas pada satu atau dua tahun berikutnya. Formula orde kedua muncul secara teratur di kelas seperti itu.

Rumus kuadrat

Namun, kecuali jika instruktur sains telah mencurangi soal, rumus seperti itu tidak akan serapi yang disajikan di kelas matematika saat penyederhanaan digunakan untuk membantu memfokuskan siswa pada pemfaktoran. Di kelas fisika dan kimia, rumusnya lebih mungkin terlihat seperti:

4,9t^2 + 10t – 100 = 0

Dalam kasus seperti itu, nol bukan lagi bilangan bulat atau pecahan sederhana seperti di kelas matematika. Rumus kuadrat harus digunakan untuk menyelesaikan persamaan:

x = frac{-b pm sqrt{b^2 – 4ac}}{2a}

Ini adalah kekacauan dunia nyata yang memasuki aplikasi matematika, dan karena jawabannya tidak lagi serapi yang Anda temukan di kelas aljabar, alat yang lebih kompleks harus digunakan untuk mengatasi kerumitan tambahan.

Keuangan

Di bidang keuangan, persamaan polinomial umum yang muncul adalah perhitungan nilai sekarang. Ini digunakan dalam akuntansi ketika nilai aset sekarang harus ditentukan. Ini digunakan dalam penilaian aset (saham). Ini digunakan dalam perdagangan obligasi dan perhitungan hipotek. Polinomialnya tinggi, misalnya, dengan jangka waktu bunga dengan eksponen 360 untuk hipotek 30 tahun. Ini bukan rumus yang bisa difaktorkan. Sebaliknya, jika bunga perlu dihitung, diselesaikan dengan komputer atau kalkulator.

Analisis numerik

Ini membawa kita ke bidang studi yang disebut analisis numerik. Metode ini digunakan ketika nilai dari sesuatu yang tidak diketahui tidak dapat diselesaikan secara sederhana (misalnya dengan memfaktorkan) tetapi harus diselesaikan dengan komputer, menggunakan metode aproksimasi yang memperkirakan jawaban lebih baik dan lebih baik dengan setiap iterasi dari beberapa algoritma seperti itu. sebagai metode Newton atau metode bagi dua. Ini adalah jenis metode yang digunakan dalam kalkulator keuangan untuk menghitung tingkat hipotek Anda.

Faktorisasi Matriks

Berbicara tentang analisis numerik, salah satu penggunaan faktorisasi adalah dalam perhitungan numerik untuk membagi matriks menjadi dua matriks produk. Ini dilakukan untuk menyelesaikan bukan satu persamaan melainkan sekelompok persamaan secara bersamaan. Algoritme untuk melakukan faktorisasi itu sendiri jauh lebih kompleks daripada rumus kuadrat.

Garis bawah

Faktorisasi polinomial seperti yang disajikan dalam kelas aljabar secara efektif terlalu sederhana untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian penting untuk menyelesaikan kelas sekolah menengah lainnya. Alat yang lebih canggih diperlukan untuk menjelaskan kompleksitas persamaan yang lebih besar di dunia nyata. Beberapa alat dapat digunakan tanpa pemahaman, misalnya dalam menggunakan kalkulator keuangan. Namun, bahkan memasukkan data dengan tanda yang benar dan memastikan suku bunga yang tepat digunakan membuat polinomial anjak piutang menjadi mudah dibandingkan.

SARINYAPINNGAM/iStock/GettyImages