Ilmuwan Henry Hess Menemukan Jenis Perangkat Apa?- Geometri

Henry (juga dikenal sebagai Harry) Hess adalah seorang ahli geologi yang lahir pada tahun 1906. Dia bekerja sebagai profesor di Princeton, berada di Cadangan Angkatan Laut selama Perang Dunia II dan membantu mengembangkan Program Luar Angkasa AS. Sementara Henry Hess tidak menemukan perangkat apa pun, dia dikenal sebagai penemu Teori Tektonik Lempeng.

Apa itu Lempeng Tektonik?

Lempeng Tektonik juga dikenal sebagai pemekaran dasar laut. Pada tahun 1953, Great Global Rift ditemukan di bawah lautan. Great Global Rift adalah lembah vulkanik yang terletak di sepanjang pegunungan di dasar laut. Hess berteori bahwa gas panas dan magma yang muncul dari Great Global Rift mendorong dasar laut menjauh dari celah tersebut, menyebabkan daratan menyebar. Alih-alih satu massa besar, tanah itu berbentuk lempengan. Ketika lempeng-lempeng ini menyebar dari celah, di mana mereka menabrak lempeng lain, mereka membentuk punggungan dan pegunungan. Di mana lempeng terpisah, mereka membentuk parit. Ini juga menjelaskan mengapa beberapa bagian dasar samudra tampak lebih muda daripada bagian lainnya, karena bagian tersebut baru tersingkap saat lempeng-lempeng terpisah.

Buat Gambar/Creatas/Getty Images