Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Kuadrat- Probabilitas & Statistik

Banyak peneliti lebih suka mempelajari tumbuhan dan hewan di habitat aslinya tanpa mengganggu mereka. Namun, rentang seringkali terlalu besar untuk dipelajari oleh tim peneliti secara memadai. Kuadrat adalah petak yang didistribusikan secara acak yang memungkinkan peneliti mengumpulkan data dan menggunakannya untuk membuat asumsi tentang seluruh wilayah kajian atau spesies yang diteliti.

TL;DR (Terlalu Panjang; Tidak Dibaca)

Kuadrat mudah digunakan, tidak mahal, dan cocok untuk mempelajari tumbuhan, hewan yang bergerak lambat, dan hewan yang bergerak lebih cepat dengan jangkauan kecil. Namun, mereka menuntut peneliti untuk melakukan pekerjaan di lapangan dan, tanpa perawatan, rentan terhadap kesalahan studi.

Desain Studi

Kuadrat memungkinkan peneliti untuk mempelajari populasi tumbuhan dan hewan yang tersebar di wilayah yang luas. Mereka murah, relatif mudah untuk dirancang dan disesuaikan untuk mempelajari populasi yang tidak merata. Kuadrat bekerja dengan baik untuk mengamati perubahan pada seluruh populasi dari waktu ke waktu, termasuk pola distribusi, persarangan, dan kesehatan secara keseluruhan.

Namun, beberapa teknik belajar tidak bekerja dengan kuadrat. Misalnya, teknik tangkap-tangkap kembali yang memungkinkan peneliti untuk mempelajari masing-masing hewan tidak bekerja dengan kuadrat karena bahkan hewan yang bergerak lambat pun dapat keluar dari batas studi di antara periode sampel.

Populasi Studi

Tumbuhan, hewan yang bergerak lambat, dan hewan yang bergerak lebih cepat dengan jangkauan kecil (seperti serangga) cocok untuk studi kuadrat. Misalnya, semut bergerak cukup cepat tetapi selalu mengatur di sekitar sarang semut yang tidak bergerak. Kuadrat berguna untuk mempelajari distribusi sarang semut dalam area yang lebih luas dan perilaku semut dalam area sampel.

Sampling kuadrat tidak berguna untuk mempelajari hewan yang bergerak sangat cepat yang tidak akan tinggal di dalam batas kuadrat. Secara umum, pengambilan sampel kuadrat kurang berbahaya bagi sebagian besar spesies jika dibandingkan dengan metode lain – selama studi dilakukan di lapangan. Beberapa hewan mungkin mengalami bahaya jika ilmuwan mengumpulkan populasi dalam kuadrat daripada mempelajarinya di lapangan.

Kemudahan penggunaan

Dibandingkan dengan metode pengambilan sampel lainnya, kuadrat relatif mudah digunakan. Plot kuadrat memiliki ukuran dan bentuk yang seragam dan tersebar secara acak di seluruh area sampel, yang membuat desain penelitian menjadi mudah. Mereka juga salah satu teknik yang paling terjangkau karena hanya membutuhkan sedikit bahan. Namun, pengambilan sampel kuadrat dapat menuntut secara fisik, karena peneliti biasanya menghitung individu dalam setiap plot di lapangan.

Kesalahan Studi

Terlepas dari relatif mudahnya merancang studi kuadrat, adalah mungkin untuk memperkenalkan kesalahan ke dalam sebuah proyek. Kuadrat yang terlalu besar, terlalu kecil, atau spasi yang tidak tepat sering mengakibatkan kesalahan. Misalnya, spesies yang lebih besar membutuhkan plot yang lebih besar. Kuadrat dengan spasi acak yang terlalu kecil mungkin melewatkan terlalu banyak individu, sehingga menghasilkan estimasi ukuran populasi yang kurang representatif. Peneliti yang tidak konsisten saat menghitung atau menghilangkan spesies yang hanya sebagian berada di dalam batas juga dapat menimbulkan kesalahan.

ConstantinCornel/iStock/GettyImages