Daftar Tanaman Hutan Hujan Tropis-

Hutan hujan tropis adalah salah satu bioma yang paling beragam dan kaya secara biologis di planet ini. Di lingkungan yang unik ini, suhu yang hangat dan curah hujan tahunan yang tinggi membentuk lingkungan yang ideal bagi spesies tumbuhan hutan hujan tropis untuk berkembang. Namun, tantangan seperti penetrasi cahaya yang rendah di bawah kanopi dan tanah yang miskin unsur hara memerlukan adaptasi khusus di antara spesies tumbuhan. Pepohonan, tanaman rambat, tanaman air, bunga, dan varietas tanaman lainnya semuanya bersaing untuk mengisi ceruk mereka di hutan hujan, beberapa lebih berhasil daripada yang lain.

Sumber Daya Hutan Hujan

Hutan hujan adalah lingkungan unik yang menumbuhkan tingkat keanekaragaman dan pertumbuhan tanaman yang eksplosif. Lebih dari separuh spesies tumbuhan dan hewan yang ditemukan di dunia ditemukan di hutan hujan tropis. Hutan hujan memiliki curah hujan rata-rata 50 hingga 260 inci per tahun, dan tetap hangat sepanjang tahun. Kelembaban tetap antara 77% dan 88%, dan suhu jarang turun di bawah 68 derajat Fahrenheit. Para ilmuwan memperkirakan bahwa tanaman hutan hujan menyediakan hingga 40% oksigen bumi, namun bioma hutan hujan hanya menutupi 6% permukaan bumi.

Pohon Menjulang

Pohon merupakan 70% dari spesies tanaman hutan hujan tropis, dan spesies pohon hutan mendominasi struktur ekosistem. Di Amerika Selatan, 100 hingga 300 spesies pohon unik ditemukan hanya dalam satu hektar hutan hujan. Pohon di hutan hujan tidak bercabang hingga mencapai ketinggian 100 kaki atau lebih, dan membentuk kanopi lebat di atas sisa ekosistem yang menghalangi cahaya sebelum mencapai dasar hutan.

Spesies pohon hutan sering memiliki sistem akar penopang, di mana akar tumbuh ke luar untuk menopang pohon, karena tanah hutan hujan yang berpasir dan gembur memberikan fondasi yang buruk. Pohon mengeluarkan kelembapan melalui transpirasi , dan kelembapan yang disediakan dengan cara ini dapat mencapai hingga 50% curah hujan di hutan hujan, menjaga udara di bawah kanopi tetap lembab.

Tanaman merambat yang berkelok-kelok

Tanaman merambat dan liana , atau tanaman merambat berkayu, merupakan bagian penting dari komposisi hutan hujan. Spesies yang menumpang ini menggunakan batang pohon berkayu sebagai tangga menuju kanopi, di mana mereka bersaing dengan pohon untuk mendapatkan sumber daya seperti sinar matahari dan air. Tumbuhan merambat dan liana juga menyediakan jaringan penghubung antar pohon bagi hewan untuk bergerak, dan pada musim kemarau menyediakan makanan bagi organisme lain. Tanaman merambat dan liana, sayangnya, dapat mengalahkan pohon untuk mendapatkan sumber daya, dengan mencekiknya atau mencegah pertumbuhan lebih lanjut.

Understory

Selain pohon muda yang pada akhirnya akan tumbuh tinggi dan mencapai lapisan kanopi, tumbuhan bawah tumbuh setinggi sekitar 12 kaki. Understory penuh dengan pohon dan palem muda, semak, tanaman herba, dan pakis. Tumbuhan ini menyerap hampir semua sinar matahari yang tersisa di lingkungan yang redup ini, hanya menyisakan 2% untuk mencapai lantai hutan di bawah tempat dedaunan membusuk.

Philodendron, tumbuhan zebra ( Aphelandra squarrosa ) dan tumbuhan doa ( Maranta leuconeura ) adalah tiga spesies tumbuhan hutan hujan tropis yang juga merupakan tumbuhan rumah tangga biasa. Jenis tanaman ini tumbuh dengan baik di dalam ruangan karena adaptasinya terhadap cahaya redup dari tumbuhan bawah hutan hujan.

Banyak tumbuhan bawah telah mengadaptasi bunga putih cerah dengan aroma yang kuat untuk membantu menarik keanekaragaman hayati hewan penyerbuk yang kaya di area hutan hujan ini. Bunga ini tumbuh langsung di sisi batang pohon dan mudah terlihat oleh penyerbuk yang lewat meski pencahayaan redup.

Berbagai Kehidupan

Tumbuhan di hutan hujan datang dalam semua varietas. Banyak hutan hujan memiliki sistem air tawar yang besar di mana tanaman air dapat tumbuh subur, menyediakan ekosistem bagi ikan, belut, dan kehidupan lainnya di sepanjang sungai, kali, dan danau.

Bromeliad adalah keluarga unik spesies tanaman hutan hujan tropis yang dapat menahan air di tengah daunnya yang berbentuk kerucut, terkadang beberapa galon sekaligus. Spesies bromeliad yang dikenal adalah nanas ( Ananas comosus ) dengan buahnya yang manis dan kuning – satu-satunya jenis bromeliad yang digunakan untuk makanan manusia.

Anggrek, varietas bunga yang melimpah, tumbuh di seluruh hutan hujan, bahkan di dahan pohon. Tumbuhan mikroba dan jamur, yang disebut saprofit , bekerja untuk menangkap nutrisi sebelum dapat tersapu oleh hujan deras.

Gambar Desain/Gambar Desain/Gambar Getty