Efek Lingkungan dari Bom Atom-

Ketika sebuah bom atom atau nuklir meledak, ledakan 1 megaton membunuh atau meracuni segala sesuatu dalam radius dua mil. Kecelakaan di pembangkit listrik Chernobyl pada tahun 1986 dan bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945 memberikan wawasan tentang efek jangka pendek dan jangka panjang dari radiasi dan ledakan termonuklir terhadap lingkungan. Jika cukup banyak senjata nuklir yang diledakkan dalam perang nuklir skala besar, wilayah bumi yang luas akan menjadi tidak dapat dihuni.

TL;DR (Terlalu Panjang; Tidak Dibaca)

Ketika sebuah bom atom atau nuklir meledak, ledakan 1 megaton membunuh atau meracuni segala sesuatu dalam radius dua mil. Kecelakaan di pembangkit listrik Chernobyl pada tahun 1986 dan bom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945 memberikan wawasan tentang efek jangka pendek dan jangka panjang dari radiasi dan ledakan termonuklir terhadap lingkungan. Partikel radioaktif dapat melakukan perjalanan dari lokasi ledakan bom atom dan mencemari tanah dan air sejauh bermil-mil. Mutasi genetik dan penyakit pada generasi tanaman, hewan, dan manusia setelah kontaminasi juga terjadi. Kontaminasi tetap ada selama beberapa dekade.

Efek Lingkungan Langsung

Ketika sebuah bom atom meledak, plutonium dalam perangkat tersebut mengalami fisi, melepaskan energi dalam jumlah yang sangat besar. Ledakan awal menciptakan kilatan yang menyilaukan, diikuti oleh suhu di area ledakan yang mencapai 10 juta derajat Celcius. Radiasi elektromagnetik mengarah pada pembentukan bola api. Angin kencang yang disebabkan oleh ledakan awal menghancurkan bangunan dan pepohonan di jalurnya. Satu bom 15 kiloton meledak di pusat kota Hiroshima menjelang akhir Perang Dunia II, menghancurkan segala sesuatu dalam radius 1 mil dari kota. Efek pada lingkungan terdekat adalah salah satu kehancuran total. Panas ekstrim dari radiasi termal membakar semua yang dilaluinya, termasuk hewan, pohon, bangunan, dan manusia. Banyak dari mereka yang tidak meninggal akibat radiasi atau luka bakar kemudian berkembang menjadi kanker akibat radiasi.

Kejatuhan yang Meledak

Ledakan bom atom menghasilkan debu radioaktif yang jatuh dari langit ke area sekitar lokasi ledakan. Angin dan arus air membawa debu melintasi radius yang jauh lebih besar daripada ledakan awal, yang mencemari tanah, pasokan air, dan rantai makanan. Awalnya, sedikit yang diketahui tentang kejatuhan radioaktif. Pada tahun 1950-an, para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan dari pengujian senjata nuklir bahwa partikel dalam debu ini terdiri dari pecahan atom yang sangat radioaktif dan berbahaya. Partikel radioaktif dari kejatuhan nuklir juga dapat mencemari hewan liar dan peliharaan, serta tanaman pertanian.

Efek Radiasi

Pelepasan radiasi dari pembangkit listrik Chernobyl memberi para ilmuwan gambaran tentang apa dampaknya terhadap lingkungan dalam perang nuklir kecil. Jumlah radiasi yang dilepaskan di Chernobyl setara dengan ledakan sekitar selusin bom atom di ketinggian yang akan menyebabkan kerusakan ledakan maksimum. Di Chernobyl, sejumlah besar partikel radioaktif yang disebut yodium-131 dan cesium 137 dilepaskan ke lingkungan selama kebakaran yang berlangsung selama 10 hari. Isotop ini sangat berbahaya bagi organisme hidup.

Pencemaran Air dan Hutan

Partikel radioaktif dapat melakukan perjalanan dari lokasi ledakan bom atom dan mencemari badan air, termasuk kehidupan akuatik seperti ikan. Selain itu, dampak dari ledakan banyak bom atom akan mengakibatkan kontaminasi buah beri dan tumbuhan lain yang ditemukan di area sekitar dan hutan. Mutasi genetik dan penyakit pada generasi hewan dan manusia setelah kontaminasi juga akan terjadi. Hewan di hutan Chernobyl, misalnya, memiliki cesium radioaktif tingkat tinggi. Para ilmuwan memperkirakan kontaminasi akan tetap seperti itu selama beberapa dekade.

DanielPrudek/iStock/GettyImages