Topik Berbeda untuk Proyek Investigasi-

Mengerjakan proyek investigasi untuk pameran sains, perkemahan musim panas, atau hanya untuk bersenang-senang memberi siswa kesempatan untuk menikmati dan belajar tentang sains jauh dari sekolah. Siswa harus memikirkan tentang apa yang paling menarik bagi mereka dan mempertimbangkan bagaimana memecahkan masalah atau memunculkan ide-ide baru tentang minat tersebut. Subjek yang luas untuk proyek investigasi meliputi biologi, kimia, lingkungan, ilmu bumi, fisika, astronomi, dan kehidupan sehari-hari. Siswa harus mendekati masalah dan menguji ide (hipotesis), meneliti topik, menjawab pertanyaan dan memikirkan subjek. Cakupannya tidak terbatas, dan imajinasi serta kreativitas adalah kuncinya.

TL;DR (Terlalu Panjang; Tidak Dibaca)

Siswa mendapatkan wawasan tentang sains dengan mengerjakan proyek investigasi tentang apa yang paling menarik bagi mereka. Topik luas untuk proyek tersebut meliputi biologi, kimia, proyek lingkungan, ilmu bumi, fisika dan astronomi, dan proyek yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Proyek di Biologi

Biologi adalah studi tentang makhluk hidup dan mencakup tumbuhan, hewan, jamur dan mikroba, serta bagaimana mereka semua berinteraksi. Siswa yang tertarik dengan bidang ini dapat meneliti bagaimana berbagai jenis cahaya menarik ngengat, atau mereka dapat menguji jenis mikroba apa yang ada di badan air terdekat, seperti sungai, kolam, atau lautan. Siswa dapat menguji pupuk yang berbeda pada tanaman yang sedang tumbuh untuk melihat mana yang membuat mereka tumbuh lebih tinggi, atau mereka dapat menguji bagaimana jumlah air yang berbeda mempengaruhi laju pertumbuhan tanaman. Siswa dapat mengeksplorasi mengapa kicauan burung yang berbeda sangat berbeda satu sama lain (seperti kicauan bebek dan kicauan gagak). Subjek biologis lain yang menarik adalah mimikri hewan: bagaimana dan mengapa beberapa hewan meniru penampilan hewan atau tumbuhan lain?

Mendemonstrasikan Konsep Kimia

Siswa yang tertarik pada bagaimana bahan kimia berinteraksi dapat memilih dari berbagai ide proyek. Siswa dapat mengungkap efek bahan kimia pada noda pakaian dengan menguji berbagai deterjen, penghilang noda, atau bahkan sabun cuci piring. Demonstrasi dapat dilakukan tentang betapa mudahnya berbagai zat rumah tangga larut dalam air, seperti garam, gula, rempah-rempah, dan minyak. Siswa dapat menguji apa yang dilakukan olahraga dan minuman ringan terhadap gigi. Berbagai jenis baterai dapat diuji untuk melihat jenis mana yang bertahan paling lama. Seorang siswa juga dapat menguji bagaimana dan mengapa tinggal di ketinggian tertentu memengaruhi pembuatan kue.

Proyek Terkait Lingkungan

Sifat manusia yang saling berhubungan dan dunia di sekitar mereka adalah subjek yang tepat untuk proyek lingkungan. Siswa dapat mempelajari area di lingkungan mereka yang terkena dampak polusi cahaya dan menemukan solusi tentang cara menguranginya. Menguji berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mandi versus mandi di bak dapat memberikan wawasan tentang penggunaan dan limbah air. Siswa dapat menelaah cara mengurangi erosi dengan menguji aliran air pada jenis tanah yang berbeda seperti pasir atau tanah. Siswa dapat meneliti spesies invasif apa yang hidup di daerah mereka, dan bagaimana spesies ini mengancam ekosistem. Untuk pengejaran energi terbarukan, siswa dapat mendemonstrasikan cara kerja panel surya dan energi panas bumi.

Proyek Ilmu Bumi

Mempelajari dunia di sekitar mereka membantu siswa lebih memahami betapa dinamisnya Bumi. Siswa dapat mendemonstrasikan bagaimana lokasi mereka dipengaruhi oleh musim dan alasannya, atau melacak data cuaca seperti suhu dan kelembapan selama periode waktu tertentu dan membandingkannya dengan data tahun sebelumnya pada waktu yang sama dalam setahun. Bagi siswa yang tertarik dengan gempa bumi, mereka dapat menyelidiki risiko gempa bumi di wilayah mereka dan melihat apakah ada perbedaan risiko di masa lalu. Mahasiswa dapat membuat model gempa patahan dan lempeng tektonik.

Fisika dan Astronomi

Di Bumi dan di seluruh alam semesta, kekuatan fisik memengaruhi segalanya dan menyediakan banyak kemungkinan proyek. Siswa dapat membandingkan bagaimana berbagai logam menghantarkan panas. Atau mungkin seorang siswa dapat menyelidiki berapa kali diperlukan untuk menusuk balon sebelum meletus, dan mengapa. Siswa dapat mempelajari termodinamika dengan membandingkan kecepatan pendinginan untuk cairan yang berbeda. Untuk siswa yang tertarik dengan luar angkasa, mereka dapat meneliti jenis bintang apa yang berada di galaksi dan membandingkan siklus hidup bintang yang berbeda. Siswa dapat mencoba memprediksi bagaimana ukuran meteorit memengaruhi ukuran kawah.

Proyek Investigasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Siswa tidak perlu mencari lebih jauh dari rumah mereka sendiri untuk menemukan beberapa topik untuk diteliti. Siswa dapat mengeksplorasi seberapa efektif knalpot kamar mandi mereka dalam menghilangkan kelembapan, atau mungkin mereka dapat mendemonstrasikan bagaimana makanan atau bahan kimia rumah tangga yang berbeda menarik atau mengusir hama. Siswa dapat melacak bagaimana suara yang berbeda di rumah memengaruhi konsentrasi, seperti apakah white noise atau musik membantu membantu dalam mempelajari atau memblokir suara yang mengganggu. Bahkan pipa ledeng rumah tangga dapat dipelajari untuk menentukan bagaimana suhu air memengaruhi suara di pipa ledeng. Siswa dapat melibatkan anggota keluarga untuk menyelidiki apakah olahraga, meditasi, atau kombinasi keduanya dapat mengurangi stres.

Dengan begitu banyak pilihan proyek penyelidikan, siswa dapat memilih dari apa pun yang menarik minat mereka. Berinvestasi dalam hasrat mereka dan bekerja untuk memecahkan masalah memberi siswa wawasan yang lebih besar tentang lingkungan mereka dan mempersiapkan mereka untuk pendidikan yang lebih tinggi.

shironosov/iStock/GettyImages