Penyebab Tingginya Antibodi DNA Untai Tunggal – Aljabar

Kehadiran banyak antibodi beruntai tunggal yang berikatan dengan DNA seringkali diakibatkan oleh reaksi autoimun atau infeksi virus. Autoimunitas menggambarkan situasi di mana sel-sel sehat tubuh diserang oleh sistem kekebalannya sendiri. Ada lebih dari 80 penyakit autoimun yang berbeda pada manusia, tetapi alasan terjadinya tidak diketahui. Namun, mungkin ada faktor genetik karena penyakit autoimun cenderung diturunkan dalam keluarga

Sel B

Antibodi diproduksi oleh sel kekebalan yang disebut limfosit B (sel B). Antibodi adalah protein yang mengenali dan menempel pada partikel asing. Antibodi melayani banyak fungsi, termasuk menjebak dan membebani partikel asing dan mengikat penyerbu asing sehingga sel kekebalan lainnya tahu siapa penyerbu itu. Setiap antibodi hanya mengenali jenis partikel asing tertentu, baik itu molekul protein, molekul gula, molekul lemak, atau molekul DNA. Pada penyakit autoimun, sel sehat seseorang diserang, dan DNA di dalam sel tersebut dilepaskan. Sel B menemukan DNA ini dan mengira itu milik penyerbu asing. Sel B kemudian menghasilkan antibodi yang berikatan dengan DNA ini. Ini biasanya tidak boleh terjadi, jadi adanya antibodi tingkat tinggi terhadap DNA beruntai tunggal dapat mengindikasikan penyakit autoimun.

Sklerosis ganda

Multiple sclerosis (MS) adalah gangguan neurologis penonaktifan yang paling umum pada orang dewasa muda. Ini menghasilkan serangan pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang oleh sel-sel kekebalan tubuh. Kelompok dari jenis sel kekebalan yang berbeda, termasuk sel B, dapat ditemukan di sekitar plak, yang merupakan daerah serangan di otak dan sumsum tulang belakang. Bagaimana antibodi anti-DNA memengaruhi sel normal di MS? Sel normal menyimpan DNA mereka di dalam nukleusnya, yang jauh di dalam sel. Antibodi tidak dapat melewati membran luar sel, sehingga tidak dapat berikatan dengan DNA yang ada di dalam nukleus. Namun, sel memiliki beberapa DNA yang melekat pada permukaan luarnya dalam bentuk apa yang disebut kompleks DNA-histone. Antibodi anti-DNA yang diproduksi oleh sel B menyerang sel sehat dengan menempel pada permukaan DNA ini.

Lupus Eritematosus Sistemik

Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang banyak organ, termasuk ginjal, kulit dan otak. Kerusakan ginjal adalah fitur yang paling penting dari SLE yang mempengaruhi kelangsungan hidup jangka panjang pasien. Antibodi anti-DNA ditemukan mengikat dinding glomerulus, yang merupakan bola filtrasi pada awal tabung filtrasi di ginjal. Ginjal memiliki banyak tabung filtrasi ini, yang menyaring produk limbah dari aliran darah. Antibodi anti-DNA tidak hanya berikatan dengan DNA yang ada di permukaan sel yang melapisi glomerulus, tetapi juga berikatan dengan molekul gula di permukaan ini. Sel pada glomerulus memiliki molekul gula yang disebut heparin-sulfat, yang menarik antibodi anti-DNA.

Infeksi virus

Hepatitis B adalah virus DNA beruntai tunggal, artinya informasi genetik yang dibawanya berupa untai tunggal DNA. Hepatitis B menyebabkan kerusakan hati dan kanker hati pada banyak orang di seluruh dunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi hepatitis B menghasilkan antibodi terhadap DNA beruntai tunggal dari virus ini. Jumlah antibodi yang mengalir dalam aliran darah seseorang dapat digunakan untuk mendiagnosis apakah orang tersebut terinfeksi.

Jeffrey Hamilton/Penglihatan Digital/Getty Images