Perbedaan Antara Proposisi & Hipotesis- Probabilitas & Statistik

Istilah “proposisi” dan “hipotesis” keduanya merujuk pada perumusan kemungkinan jawaban atas pertanyaan ilmiah tertentu. Secara khusus, proposisi berkaitan dengan hubungan antara dua konsep yang ada. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa hipotesis harus dapat diuji dan diukur, sementara proposisi berkaitan dengan konsep murni yang saat ini tidak tersedia uji laboratorium.

Hipotesis dan Metode Ilmiah

Membentuk hipotesis adalah langkah awal dalam mengembangkan teori dengan metode ilmiah. Ini adalah tebakan berdasarkan penelitian dan pengetahuan kerja. Agar hipotesis dianggap valid, ia harus membuat prediksi yang dapat diuji oleh para ilmuwan menggunakan eksperimen berulang. Jika hipotesis tidak dapat dipalsukan melalui eksperimen, itu tidak dapat dianggap sebagai bagian dari teori ilmiah yang valid.

Proposisi Ilmiah

Proposisi mirip dengan hipotesis, tetapi tujuan utamanya adalah untuk menyarankan hubungan antara dua konsep dalam situasi di mana hubungan tersebut tidak dapat diverifikasi dengan eksperimen. Akibatnya, sangat bergantung pada penelitian sebelumnya, asumsi yang masuk akal dan bukti korelatif yang ada. Seorang ilmuwan dapat menggunakan proposisi untuk memacu penelitian lebih lanjut tentang suatu pertanyaan atau mengajukannya dengan harapan bahwa bukti lebih lanjut atau metode eksperimental akan ditemukan yang akan membuatnya menjadi hipotesis yang dapat diuji.

Penggunaan yang Sah untuk Proposisi

Proposisi dapat berperan penting dalam proses ilmiah. Dengan menyarankan hubungan antara dua konsep, proposisi ilmiah dapat menyarankan bidang penyelidikan yang menjanjikan bagi para peneliti. Di bidang studi di mana hipotesis yang valid jarang dapat dibuat, proposisi dapat berfungsi sebagai asumsi umum yang dapat mendukung spekulasi lebih lanjut. Ini dapat terjadi dalam sistem yang sangat kompleks, seperti yang ditangani oleh sosiologi dan ekonomi, di mana tes eksperimental akan sangat mahal atau sulit. Proposisi juga berharga dalam bidang studi di mana hanya ada sedikit bukti kuat yang tersisa, seperti studi arkeologi dan paleontologi di mana hanya fragmen bukti yang ditemukan.

Kelemahan Proposisi

Karena sebuah proposisi tidak bergantung pada data yang dapat diuji, lebih sulit untuk dibantah dalam konteks ilmiah. Itu hanya perlu meyakinkan dan konsisten secara internal agar terlihat valid. Proposisi yang memenuhi kedua kondisi ini ternyata salah atau tidak akurat ketika data baru yang dapat diuji tersedia. Keyakinan pada proposisi yang telah diterima secara umum untuk jangka waktu yang lama mungkin sangat sulit untuk diatasi, bahkan jika peneliti lain mengajukan proposisi yang lebih mungkin.

Suwannar Kawila / EyeEm/EyeEm/GettyImages