Adaptasi dari Harimau Bergigi Saber-

Dengan giginya yang besar, smilodon yang ikonik, juga keliru disebut harimau bertaring tajam, mungkin yang paling terkenal dari beberapa spesies kucing bertaring tajam dan hewan mirip kucing. Smilodon hidup antara 1,8 juta dan 10.000 tahun yang lalu. Mereka memiliki banyak adaptasi untuk hidup selama zaman es, banyak di antaranya tidak ditemukan pada kucing modern.

Informasi Umum

Ahli paleontologi telah menemukan fosil smilodon di banyak bagian Amerika Utara dan Eropa. Mereka adalah fosil paling umum kedua yang ditemukan dari lubang tar La Brea California Selatan. Meskipun terkadang disebut harimau bertaring tajam, smilodon tidak berkerabat dengan harimau, yang termasuk dalam subfamili yang berbeda. Para ilmuwan percaya smilodon sekitar satu kaki lebih pendek dari singa modern tetapi beratnya hampir dua kali lipat. Tidak seperti kucing modern seperti cheetah dan singa yang memiliki ekor panjang yang menyeimbangkan mereka saat mengejar mangsa, smilodon memiliki ekor bob, menunjukkan bahwa mereka menyergap mangsanya daripada mengejarnya.

Gigi

Gigi taring berbentuk pisau smilodon memiliki panjang sekitar 7 inci. Sejak spesies ini pertama kali ditemukan pada tahun 1880-an, para ilmuwan memperdebatkan bagaimana smilodon menggunakan gigi ini. Salah satu kemungkinan penggunaannya adalah sebagai senjata karena gigi ini memiliki penampang berbentuk oval yang menyerupai bilah pisau daripada penampang bundar seperti gigi kucing modern. Gigi smilodon bagus untuk mengiris daging tetapi juga sangat rapuh. Kemungkinan lain adalah gigi ini digunakan untuk tampilan sosial seperti tanduk atau tanduk.

Perilaku Membunuh

Pada tahun 2007, peneliti dari University of New South Wales dan University of Newcastle menunjukkan bahwa gigitan smilodon hanya sepertiga sekuat gigitan singa modern. Namun pada tahun 2010, para peneliti di University of California di Los Angeles menunjukkan bahwa smilodon memiliki kaki depan yang berotot dan kuat. Mereka percaya smilodon menerkam mangsanya dan menahannya dengan kaki depan yang kuat sambil memberikan gigitan mematikan dengan gigi setajam silet. Smilodon mungkin berburu hewan besar seperti bison dan unta dan kemungkinan besar punah ketika banyak hewan mangsa mereka mati selama zaman es terakhir.

Perilaku sosial

Kucing modern, termasuk harimau dan kucing rumahan, adalah pemburu soliter. Namun, bukti menunjukkan bahwa smilodon adalah hewan sosial. Misalnya, fosil yang ditemukan dari lubang tar La Brea menunjukkan bukti radang sendi dan patah tulang yang serius. Penyakit ini akan melumpuhkan, dan pemburu soliter tidak akan hidup lama dengan mereka. Tetapi banyak dari tulang-tulang ini juga menunjukkan bukti penyembuhan dan pertumbuhan kembali, yang menunjukkan bahwa hewan tersebut hidup relatif lama setelah terluka. Kemungkinan smilodon membantu hewan yang terluka atau setidaknya membiarkan mereka makan. Namun, kehidupan sosial mereka belum tentu damai. Beberapa fosil memiliki lubang bertaring tajam di dalamnya yang menunjukkan bahwa smilodon, seperti singa modern, kadang-kadang berkelahi satu sama lain untuk memperebutkan makanan atau pasangan.

Mark Kostich/iStock/GettyImages