Bagaimana Listrik Dibuat?-

Listrik adalah salah satu hadiah dari alam yang paling sering kita gunakan. Mempelajari cara memanipulasi dan menggunakan elemen alami ini telah mengubah gaya hidup kita sehari-hari secara dramatis dalam banyak cara. Artikel ini membahas proses dasar di balik cara kerja listrik dan cara pembuatannya.

Identifikasi

Listrik adalah salah satu elemen paling dasar yang selalu ada di planet kita. Baru pada akhir abad ke-19 para ilmuwan menemukan cara memanfaatkan sumber energi ini. Logam alami seperti aluminium, tembaga, perak, dan emas adalah bahan yang secara alami menghantarkan arus listrik jika mekanisme yang tepat tersedia. Alasannya terletak pada cara atom mereka dibangun. Listrik terjadi ketika elektron yang mengelilingi inti atom distimulasi. Elektron terbuat dari energi, jadi setiap agitasi yang diterapkan menyebabkan energi ini menyebar. Atom logam adalah konduktor yang baik karena nukleusnya memiliki pegangan yang longgar pada elektron terluarnya, membuat elektron ini lebih mudah distimulasi. Bahan-bahan seperti kaca dan kayu memiliki nukleus yang mempertahankan cengkeraman kuat pada elektronnya, itulah sebabnya bahan-bahan ini merupakan penghantar listrik yang buruk.

Fungsi

Agar listrik mengalir, arus harus dibuat dan dipelihara. Ini dilakukan dengan menggunakan perangkat generator. Generator adalah apa yang membuat elektron terstimulasi dan bergerak. Proses menghasilkan energi ini, pada dasarnya, menciptakan lebih banyak hal yang sama. Setelah arus energi, atau listrik, dialirkan, perangkat yang disebut transformator bertanggung jawab untuk mengarahkan aliran sehingga dapat dimanfaatkan. Arus listrik berjalan paling efisien di sepanjang kabel aluminium atau tembaga. Mekanisme generator kemudian bertindak sebagai gaya magnet yang merangsang arus elektron untuk mengalir di sepanjang kabel. Beginilah cara listrik dibuat.

Jenis

Dalam skala massal, ada beberapa cara untuk menghasilkan listrik, banyak di antaranya mengandalkan uap sebagai sumber energi kinetik. Mesin yang disebut turbin, terbuat dari kawat besar yang dibungkus dengan wadah magnet, dipaksa berputar oleh energi kinetik yang dihasilkan oleh uap. Saat turbin berputar, gaya magnet merangsang elektron kabel, yang menyebabkan arus listrik terbentuk. Transformator kemudian digunakan untuk mengatur aliran arus ke dan dari pembangkit listrik. Uap yang dibutuhkan untuk menggerakkan turbin ini dapat dihasilkan dengan membakar bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara atau melalui energi nuklir dengan memecah bahan uranium. Dalam kedua kasus tersebut, panas diciptakan sebagai sarana untuk mengembunkan sejumlah besar air menjadi uap. Metode lain untuk menjalankan turbin menggunakan angin, gas alam, atau air biasa untuk memberikan gaya fisik yang diperlukan untuk memutar turbin. .

Sejarah

Insiden terdokumentasi pertama tentang bagaimana listrik dibuat tercatat pada pertengahan abad ke-18 oleh Benjamin Franklin dan William Watson. Eksperimen terkenal Franklin menggunakan layang-layang dan kunci dalam badai petir mengarah pada penemuan penangkal petir. Franklin juga dikreditkan dengan mengidentifikasi potensi positif dan negatif dalam arus listrik. Studi lebih lanjut tentang fenomena ini dilakukan oleh Michael Faraday, Alessandro Volta, Luigi Galvani, Andre-Marie Ampere dan Georg Simon Ohm. Kelompok ilmuwan ini bertanggung jawab untuk menetapkan dasar pengukuran listrik, yang menandai dimulainya teknologi kelistrikan modern. Penemuan selanjutnya bola lampu oleh Thomas Edison diikuti dengan pembuatan pembangkit listrik komersial pertama di Manhattan, New York, pada tahun 1882.

Peringatan

Betapapun berguna dan dibutuhkannya listrik dalam kehidupan kita sehari-hari, cara produksinya berkontribusi terhadap masalah pemanasan global kita secara signifikan. Akumulasi efek yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil secara langsung menambah faktor panas yang mempengaruhi suhu global kita. Gas karbon dioksida, gas yang dipancarkan saat bahan bakar fosil dibakar, adalah kontaminan yang paling merusak. Untungnya, teknologi baru yang menggunakan bahan energi yang lebih bersih sedang dikembangkan untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil dalam produksi listrik.

http://www.cobb.k12.ga.us/, http://www.ourworldfoundation.org.uk/, http://www.crest-energy.com/