Definisi Fosil- Geologi yang Diawetkan

Fosil adalah bukti fisik dari tumbuhan atau makhluk apa pun yang pernah hidup di Bumi. Itu bisa berupa sisa-sisa nyata, seperti tulang atau daun, atau hasil aktivitas, seperti jejak kaki. Fosil yang diawetkan, juga dikenal sebagai “fosil bentuk sejati”, adalah fosil yang tetap utuh, atau hampir utuh, karena metode pembuatannya. Fosil yang diawetkan jarang terjadi; kebanyakan fosil mengalami kerusakan akibat pelapukan dan sedimentasi sebelum ditemukan.

Umur Fosil

Istilah “fosil” umumnya diterapkan pada penemuan bentuk kehidupan sebelumnya setidaknya beberapa ribu tahun yang lalu. Menurut Paleobotanical Research Group, fosil tertua yang tercatat berusia hampir 3,5 miliar tahun. Mereka adalah mikrofosil dalam keluarga alga. Fosil bentuk kehidupan multisel yang kompleks berasal dari 600 juta tahun yang lalu.

Pelestarian Dengan Perubahan

Dua jenis utama pengawetan fosil adalah yang berkembang dari waktu ke waktu dengan alterasi dan yang tanpa efek alterasi. Pengawetan fosil dengan alterasi lebih umum. Bentuk kehidupan asli sebagian atau seluruhnya diubah menjadi materi baru. Ini termasuk membatu, karbonisasi atau rekristalisasi bahan organik asli. Contoh alterasi lainnya adalah r eplacement. Saat itulah bagian keras dari bentuk kehidupan digantikan oleh mineral baru. Misalnya, kayu yang membatu berasal dari pohon yang seluruhnya diganti dengan silika.

Pelestarian Tanpa Perubahan

Pelestarian fosil tanpa perubahan berarti keadaan bahan organik asli tetap tidak berubah. Fosil yang biasanya ditemukan dalam keadaan utuh meliputi tulang, cangkang, dan gigi. Salah satu proses yang menghasilkan fosil tetap utuh disebut Amber. Bahan organik, seperti serangga, dikelilingi oleh resin pohon alami yang mengeras di sekitar benda yang mengawetkannya. Es juga mengawetkan hewan dan tumbuhan. Mammoth berbulu, yang telah punah selama ribuan tahun, telah ditemukan terawetkan dengan baik di gletser Siberia. Fosil lain yang diawetkan ditemukan di lubang tar di mana minyak lengket dianggap mencegah pembusukan.

Pentingnya Fosil

Fosil adalah bagian berharga dari teka-teki universal yang memungkinkan ahli paleontologi, dan ilmuwan lain, mempelajari organisme biologis yang ada dalam periode waktu sebelum kita. Memahami kehidupan kuno dan lingkungan tempat keberadaannya membantu menjelaskan perubahan iklim, bagaimana kehidupan beradaptasi dan runtuh, serta perubahan geologis dan geografis.

Teknologi Hemera/PhotoObjects.net/Getty Images