Mengapa Kupu-Kupu Penting?-

Kupu-kupu adalah kelompok beragam serangga yang terdiri dari sekitar 20.000 spesies berbeda. Amerika Utara adalah rumah bagi lebih dari 700 spesies ini. Setiap jenis memiliki berbagai adaptasi perilaku dan struktural yang memungkinkan mereka bertahan hidup di lingkungannya.

Kupu-kupu menyenangkan secara estetika dan beberapa spesies menyebabkan kerusakan pada tanaman komersial. Kupu-kupu berkontribusi pada ekosistem yang berkembang dan dapat menunjukkan keadaan kesehatan ekosistem.

Penyerbukan

Kupu-kupu memainkan peran penting dalam penyerbukan bunga, terutama bunga yang memiliki aroma yang kuat, berwarna merah atau kuning dan menghasilkan nektar dalam jumlah besar. Nektar adalah komponen penting dari makanan kupu-kupu.

Pentingnya penyerbukan kupu-kupu untuk reproduksi tanaman mungkin tidak sama dengan lebah madu tetapi beberapa spesies tanaman, seperti milkweed dan bunga liar lainnya, bergantung pada kupu-kupu untuk memindahkan serbuk sarinya.

Seperti lebah, serbuk sari terkumpul di tubuh kupu-kupu saat memakan nektar bunga. Saat kupu-kupu pindah ke bunga baru, ia membawa serbuk sari bersamanya.

Komponen Penting dari Ekosistem yang Berkembang

Kelimpahan kupu-kupu seringkali merupakan indikasi bahwa suatu ekosistem sedang berkembang. Hal ini dikarenakan kupu-kupu merupakan komponen penting dalam rantai makanan, sebagai predator dan mangsa. Kupu-kupu dan ulat dewasa merupakan sumber makanan penting bagi hewan lain seperti kelelawar dan burung.

Bersama dengan nektar, kupu-kupu memakan berbagai tumbuhan. Beberapa spesies juga memberikan bentuk alami pengendalian hama. Misalnya, kupu-kupu pemanen memakan kutu daun saat masih dalam bentuk ulat.

Perubahan iklim

Kupu-kupu sangat sensitif terhadap perubahan iklim. Para ilmuwan memantau kupu-kupu sebagai metode mengamati tanda-tanda peringatan dari efek perubahan iklim yang lebih luas.

Salah satu contoh dari studi ini melibatkan pemantauan kupu-kupu checkerspot Edith di Amerika Utara. Menurut National Academy of Sciences, distribusi kupu-kupu ini telah bergeser lebih jauh ke utara dan ke tempat yang lebih tinggi akibat peningkatan suhu.

Penurunan populasi kupu-kupu akibat perubahan iklim berdampak pada banyak spesies lainnya. Hewan seperti burung, mamalia kecil, dan serangga lain yang bergantung pada kupu-kupu dan ulat, dapat kehilangan sumber makanan penting dan harus mengalihkan pola makannya ke spesies yang kurang diminati atau kurang tersedia.

Penggemar Kupu-kupu

Mempelajari kupu-kupu telah menjadi hobi yang umum, khususnya di zaman Victoria. Kupu-kupu memberikan banyak kesenangan bagi penggemar kupu-kupu.

Seperti pengamat burung, mereka senang melihat spesies langka. Kupu-kupu juga menguntungkan ekonomi dengan menarik wisatawan. Area seperti sarang raja Meksiko mendapat manfaat dari pariwisata karena penggemar kupu-kupu berkeliling dunia untuk memotret keindahan kecil.

Pentingnya Sains

Selain menjadi indikator perubahan iklim, kupu-kupu juga peka terhadap ancaman lain seperti perusakan habitat. Perubahan perilaku kupu-kupu dapat memperingatkan manusia akan dampak masa depan hilangnya habitat terhadap hewan lain.

Karena banyak spesies kupu-kupu sangat terspesialisasi, spesies individu dapat memberikan manfaat khusus bagi sains. Misalnya, kupu-kupu coklat padang rumput Eropa menghasilkan antibiotik alami yang mungkin berguna bagi manusia.

Pentingnya Berkebun

Karena habitat alami dihancurkan untuk mengakomodasi perkembangan baru, pentingnya berkebun untuk memastikan populasi kupu-kupu yang kuat menjadi semakin nyata. Menciptakan ekosistem kupu-kupu di dalam taman Anda serta di taman dan area alami lainnya membantu mengatasi hilangnya habitat alami ini.

Menanam tanaman ramah kupu-kupu, memiliki area yang cerah bagi kupu-kupu untuk berjemur dan menghangatkan diri, serta menyediakan sumber air yang dangkal seperti pemandian burung akan membantu menarik kupu-kupu ke taman Anda.

NA/AbleStock.com/Getty Images