Peran Alga dalam Ekosistem-

Apakah mempertimbangkan ganggang yang hampir tidak terlihat oleh mata atau jenis yang membentuk hutan rumput laut yang subur, organisme penting ini berfungsi sebagai bagian integral dari ekosistem perairan.

Identifikasi

Alga adalah kelompok organisme fotosintetik yang besar dan beragam. Organisme fotosintesis memiliki kemampuan untuk mengubah sinar matahari menjadi makanan dan energi. Alga tidak dianggap tumbuhan.

Makna

Alga adalah sumber makanan dan energi utama bagi organisme lain di ekosistem perairan. Sebagai produsen utama, ganggang membentuk dasar jaring makanan akuatik.

Fungsi

Alga juga menyediakan sumber oksigen utama bagi organisme lain. Selama musim tanam, ganggang dapat menyerap dan mensintesis nutrisi dan logam jejak.

Jenis

Beberapa ganggang sederhana, bersel satu dan mikroskopis sedangkan yang lain kompleks, multiseluler, dan panjangnya puluhan meter. Alga dapat ditemukan di danau, lautan, ventilasi panas, dan mata air mendidih di dekat gunung berapi, pasir gurun, salju, dan es.

Fakta Menyenangkan

Alga ditemukan dalam catatan fosil sejauh tiga miliar tahun yang lalu, berasal dari era Prakambrium yang produktif.

Baac3nes/Momen/GettyImages