Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tes DNA-

Ini hampir musim liburan, yang berarti Anda mungkin sudah mulai melihat iklan untuk merayakannya dengan … mengetahui bahwa nenek Anda sebenarnya bukan nenek Anda?

Oke, jadi … itu bukan cara perusahaan tes DNA mengiklankan. Pembuat kit seperti 23andMe, FamilyTree DNA, MyHeritage, dan National Geographic DNA berbicara tentang membantu orang mengetahui leluhur mereka yang sebenarnya, berhubungan dengan kerabat yang tidak dikenal, dan belajar lebih banyak tentang warisan mereka. Namun pada kenyataannya, tes tersebut telah menyebabkan lebih dari beberapa rahasia keluarga yang dalam dan kelam terungkap, serta kekhawatiran privasi tentang implikasi dari perusahaan yang memiliki basis data DNA.

Jadi apa yang harus Anda lakukan jika ada anggota keluarga yang menyarankan untuk melakukan tes DNA tahun ini? Semoga panduan kami dapat mempersenjatai Anda dengan semua pengetahuan yang Anda perlukan di kit ini.

Bagaimana Cara Kerja Tes DNA?

Pertanyaan bagus. Biasanya, saat Anda meminta kit, Anda akan mendapatkan paket melalui pos yang meminta Anda menyeka pipi Anda dengan apa yang terlihat seperti Q-tip raksasa, atau meludahi wadah pengumpul kecil. Ini mengumpulkan apa yang dikenal sebagai bahan bukal. Kemudian, Anda mengirimkannya kembali ke perusahaan, tempat mereka melakukan tes yang pada dasarnya memecah semua nukleobase, atau huruf A,C,T, dan D, dari DNA Anda.

Ada tiga jenis tes dasar: autosomal, Y-DNA dan mtDNA. Autosomal adalah yang paling sering Anda lihat, karena dapat diberikan kepada pria dan wanita dan ditelusuri kembali dari sisi ayah dan ibu Anda.

Saat mereka memecahkan kode urutan surat Anda, sebuah proses yang dikenal sebagai pengurutan, informasi terungkap tentang Anda – seperti di mana banyak leluhur dari pihak ayah Anda mungkin pernah tinggal, atau jika Anda cenderung tidak toleran terhadap laktosa.

Setelah pengujian selesai, perusahaan akan menyusun sedikit laporan untuk Anda. Ini akan bervariasi tergantung pada fokus perusahaan, tetapi sebagian besar akan memberi Anda rincian dari mana leluhur Anda berasal, dan memberi tahu Anda jika Anda “cocok” secara genetik dengan orang lain dalam sistem mereka. Misalnya, jika Anda dan orang tua kandung Anda mengirimkan informasi Anda pada saat yang sama, itu akan memberi tahu Anda bahwa Anda adalah ibu yang cocok dengan ibu Anda.

Anda mungkin juga melihat bahwa Anda telah dicocokkan dengan kerabat yang sangat jauh yang tidak Anda ketahui keberadaannya, seperti sepupu ke-10, tetapi itu hanya karena sifat DNA berarti bahwa manusia lebih dekat daripada yang sering kita sadari.

Seberapa Banyak Anda Dapat Benar-Benar Percaya?

Itulah salah satu pertanyaan besar dengan tes ini. Apakah mereka benar-benar akurat? Bisakah usap pipi sederhana benar-benar memberi tahu saya siapa sepupu keenam saya? Jawabannya adalah … mungkin? Seperti halnya tes medis lainnya, ada yang lebih akurat daripada yang lain.

Satu hal besar yang perlu diingat adalah bahwa informasi dibandingkan dengan sampel DNA lain di dalam database. Ini membuatnya lebih akurat untuk orang yang memiliki keturunan Eropa, karena itulah mayoritas orang yang telah menggunakan kit ini. Investigasi lain telah mengungkapkan bahwa tes berbeda yang mengambil sampel DNA yang sama ternyata sangat berbeda – atau, dalam kasus ekstrim, tidak dapat mengidentifikasi DNA seekor anjing.

Tes DNA yang dirancang untuk menjelaskan masalah medis paling banyak mendapat sorotan, sebagian karena ketidakakuratannya, tetapi juga karena tes tersebut dapat kembali menjadi kekhawatiran yang tidak perlu bagi orang yang tidak memahami kerumitan jargon medis dan DNA.

Jika Anda akan melakukan tes DNA, para ahli merekomendasikan untuk tetap berpegang pada nama merek terbesar yang paling lama berada di pasar, dengan kebijakan privasi yang tersedia, seperti AncestryDNA dan 23andMe.

Beberapa Konsekuensi yang Tidak Diinginkan

Lihat kolom saran apa pun dan Anda mungkin akan menemukan cerita dari seseorang yang menavigasi konsekuensi yang tidak diinginkan dari tes DNA. Kit ini mungkin telah berbuat lebih banyak untuk mengungkap rahasia keluarga daripada yang pernah dilakukan oleh bibi yang cerewet atau pesta liburan yang dipenuhi minuman keras.

Tetapi selain orang-orang menemukan saudara tiri yang telah lama hilang atau mengetahui bahwa mereka diadopsi, tes DNA telah menyebabkan penjahat ditangkap. Beberapa anak, banyak yang dirinci dalam investigasi New York Times yang komprehensif, mengetahui bahwa ayah biologis mereka bukanlah donor yang menyumbangkan sperma mereka melalui layanan anonim – mereka sebenarnya adalah dokter kesuburan pria dari ibu mereka. Ternyata banyak yang memiliki kebiasaan ilegal melakukan inseminasi buatan pada wanita dengan sperma mereka sendiri melalui perawatan seperti IVF, meskipun mereka memberi tahu para ibu bahwa mereka menggunakan sperma pilihan pasien, seperti dari pasangan ibu. atau dari bank sperma donor. Selain melukai para korban secara emosional, kejahatan ini mungkin telah memalingkan calon donor sperma yang benar-benar hanya ingin membantu keluarga yang berjuang untuk hamil, tetapi sekarang tidak percaya pada sistem.

Dalam kasus mengerikan lainnya, DNA membantu petugas penegak hukum akhirnya menemukan Pembunuh Negara Emas yang terkenal kejam, yang membunuh sedikitnya 12 orang dan memperkosa 45 wanita pada tahun 1970-an dan 80-an. Dia juga meneror beberapa korban yang masih hidup di tahun-tahun berikutnya. Pihak berwenang memiliki DNA-nya dalam file, tetapi sayangnya itu tidak banyak berguna, karena tidak cocok dengan siapa pun dalam sistem.

Tapi tiba-tiba, itu adalah bagian dari sistem – bukan database FBI, tapi situs silsilah. Petugas masuk dan mencari kecocokan, dan mempersempit tersangka menjadi sebuah keluarga kecil. Dengan menggunakan pekerjaan detektif, mereka dapat menemukan mantan petugas polisi yang melakukan kejahatan, dan akhirnya menangkap seorang pembunuh berantai.

Menavigasi Masalah Privasi

Meskipun prospek menemukan pembunuh menarik, melacaknya menggunakan DNA anggota keluarga jauh, bersama dengan perusahaan yang menyimpan database penuh DNA, membuat banyak orang khawatir tentang implikasi privasi dari tes semacam itu.

Sebagian besar perusahaan memiliki kebijakan yang menjanjikan bahwa mereka tidak akan menjual atau membocorkan informasi Anda kepada pihak yang dapat menggunakan informasi tersebut untuk melawan Anda, seperti perusahaan asuransi kesehatan. Sebagian besar juga mengklaim bahwa mereka tidak akan menyerahkan informasi siapa pun kepada penegak hukum tanpa melakukan perlawanan.

Tetapi dengan semakin banyaknya orang yang secara sukarela memilih untuk menempatkan DNA mereka di luar sana, satu penelitian memperkirakan bahwa saat ini, 60% orang Amerika dengan keturunan Eropa dapat dilacak berdasarkan database ini, dan pada tahun 2020, jumlah itu berpotensi tumbuh menjadi 90% .

Apakah itu mengerikan atau hebat? Orang-orang memiliki pendapat yang berbeda. Para pendukung berpendapat bahwa dengan begitu banyak DNA dari orang Amerika biasa, penelitian medis akhirnya akan memiliki sampel yang diperlukan untuk mulai mengidentifikasi prekursor genetik penyakit dengan lebih baik, berpotensi membantu kita mencegah atau menyembuhkan semua jenis penyakit di masa mendatang. Plus, itu membantu kami mendapatkan setidaknya satu pembunuh berantai dari jalanan.

Tetapi pendukung privasi yang lebih besar takut akan masa depan di mana tidak ada lagi informasi kita yang menjadi milik kita sendiri. Pertama, database tersebut rentan terhadap serangan dunia maya. Plus, banyak yang tidak memiliki kebijakan yang jelas tentang memilih untuk berbagi data Anda, sehingga banyak orang mungkin membagikannya lebih jauh dan lebih luas dari yang mereka kira. Sebelum Anda mengklik “beli” pada tes, pikirkan apakah Anda ingin DNA Anda tersimpan di database selama beberapa dekade mendatang.

Pertanyaan untuk Ditanyakan pada Diri Anda Sebelum Anda Melakukannya

Jika masalah tentang privasi dan akurasi membuat Anda berpikir dua kali tentang tes DNA, tetapi An
da masih tidak yakin, Anda mungkin ingin bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini sebelum mengusap pipi Anda:

• Apa yang sebenarnya ingin Anda ketahui? Tanyakan pada diri Anda jenis informasi apa yang Anda cari. Penasaran dengan riwayat kesehatan Anda? Jika Anda tidak yakin dapat mempercayai informasi yang Anda miliki, atau jika Anda diadopsi, duduk bersama dokter, menguraikan kekhawatiran Anda dan mendapatkan tes darah dan genetik yang lebih mendetail dan dipersonalisasi mungkin merupakan cara yang lebih baik untuk mendapatkannya. informasi yang akurat dan rekomendasi berdasarkan info tersebut. Jika Anda ingin tahu tentang warisan leluhur Anda, Anda mungkin ingin mencoba meminta cerita dan dokumen dari anggota keluarga yang lebih tua yang mungkin belum pernah mereka bagikan sebelumnya untuk mendapatkan info.
  • Apakah Anda baik-baik saja dengan info Anda di luar sana – dan apakah keluarga Anda? Kami telah melihat jenis informasi yang dapat digali oleh tes ini. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda setuju untuk bertanggung jawab atas rahasia yang terungkap, atau beberapa DNA keluarga Anda ada di database perusahaan. Selain itu, jika Anda berusia di bawah 18 tahun, sebagian besar tempat tidak mengizinkan Anda membeli kit. Anda mungkin ingin duduk bersama keluarga dan mengobrol tentang jenis informasi yang ingin Anda pelajari dan apa yang akan Anda lakukan jika menemukan kejutan sebelum ujian.
  • Apa yang akan berubah berdasarkan info baru ini? Sekadar mengetahui struktur DNA Anda tidak secara otomatis mengubah Anda menjadi orang yang berbeda. Mempelajari bahwa Anda memiliki jejak keturunan penduduk asli Amerika tidak berarti Anda tiba-tiba memahami tradisi, budaya, atau keadaan buruk penduduk asli Amerika di AS Mengetahui bahwa Anda memiliki hubungan jauh dengan Albert Einstein tidak akan mengubah Anda menjadi seorang jenius , meskipun kedua wahyu tersebut dapat membimbing Anda ke jalan baru keingintahuan dan pembelajaran yang tidak akan Anda alami sebelumnya. Info tersebut mungkin membuat Anda melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda atau lebih ingin tahu tentang orang dan budaya yang berbeda. Tetapi penting untuk selalu bersemangat untuk belajar tentang semua jenis komunitas dan melihatnya dengan empati, tidak hanya mengembangkan rasa ingin tahu dan empati itu setelah Anda mengetahui bahwa mungkin ada kesamaan di antara Anda.

Tentu saja, keputusan untuk menggunakan tes DNA sepenuhnya ada di tangan Anda! Mudah-mudahan, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk memutuskan apakah ini langkah yang tepat untuk Anda.

Gambar Pahlawan/Gambar Pahlawan/GettyImages