Siklus Hidup Bebek-

Bebek mungkin merupakan unggas air yang paling dikenal di planet ini. Kosmopolitan , atau di seluruh dunia, dalam distribusi dan sangat sukses, Anda dapat menemukan berbagai spesies bebek di berbagai habitat dan wilayah, mulai dari kolam terawat di taman hiburan yang sibuk hingga lahan basah terpencil yang jauh dari kota terdekat. Banyak spesies bebek adalah peternak yang sangat produktif. Bahkan, ada yang jangkauannya sangat luas sehingga sebagian besar spesies bebek domestik berasal dari satu spesies, bebek mallard!

Dimorfisme Seksual

Anda mungkin bisa membayangkan mallard laki-laki, juga dikenal sebagai drake , saat ini. Bulu kepala hijau warna-warni, paruh kuning cerah, dan bulu biru cerah di sayapnya benar-benar membantu bebek necis ini menonjol dari keramaian. Hal ini membuat mallard menjadi contoh bagus dimorfisme seksual pada bebek, atau jantan dan betina dengan penampilan yang sangat berbeda.

Mallard jantan dan betina memiliki bulu spekulum berwarna biru , atau bulu sayap sekunder. Namun, itulah bagian paling mencolok dari mallard betina, yang juga dikenal sebagai ayam betina . Ayam betina memiliki bulu coklat kusam dengan bintik coklat tua di sekujur tubuhnya. Pewarnaan ini memberikan kamuflase untuk burung saat mereka mengerami telurnya, melindunginya dari pemangsa.

Siklus Hidup Bebek: Menemukan Pasangan

Banyak bebek mulai mencari pasangan pada musim gugur, biasanya sekitar bulan Oktober di Amerika Utara. Banyak laki-laki sering bersaing satu sama lain untuk mendapatkan perhatian perempuan, melakukan pertunjukan dengan harapan dia akan berpasangan dengannya. Pada bebek mallard, misalnya, mereka akan menggelengkan kepala dengan cepat, mengepakkan sayap untuk mengangkat diri secara vertikal di dalam air, dan menoleh ke belakang untuk mendapatkan perhatiannya. Setelah pasangan terbentuk, mereka membuat wilayah dan mengusir semua bebek yang mengganggu.

Setelah memilih pasangan dan menetapkan wilayah, pasangan tersebut memilih tempat bersarang di dekat air. Mereka mencari tempat itu bersama-sama, terbang rendah di atas air dan daerah sekitarnya untuk mencari tempat yang aman. Beberapa spesies bebek kawin seumur hidup, atau selama beberapa musim, sementara yang lain hanya memilih pasangan untuk satu musim kawin.

Siklus Hidup Bebek: Masa Inkubasi

Kebanyakan bebek membuat sarang dari tumbuh-tumbuhan. Mallards, misalnya, tidak memetik atau mengumpulkan bahan dan membawanya ke sarangnya, tetapi menarik semua vegetasi yang dapat mereka jangkau dari tepi sarang. Beberapa bebek juga menarik rerumputan dan semak-semak yang menjuntai untuk bersembunyi dari pemangsa. Saat mereka bertelur, banyak bebek mengumpulkan daun, ranting dan pucuk, dan melapisi tepi sarang. Begitu mereka mulai mengerami telurnya, sebagian besar spesies juga mencabut bulunya sendiri untuk melapisi sarang dan menjaga agar telur tetap hangat dan terisolasi.

Bebek bertelur dalam jumlah yang bervariasi. Misalnya, ayam mallard bertelur antara sembilan hingga 13 telur, yang mereka inkubasi selama 23 hingga 30 hari. Yang muda dari semua spesies itik adalah precocial , yang berarti mereka menetas dengan mata terbuka, berbulu halus dan dapat berjalan serta mengikuti induknya segera setelah menetas. Bebek meninggalkan sarangnya dan berenang pertama kali pada saat mereka berumur 16 jam.

Siklus Hidup Bebek: Beternak Bebek

Setelah semua telur menetas, ayam betina dan induknya meninggalkan sarang dan pergi ke air. Ayam betina dan anak itiknya tidak kembali ke sarang setelah meninggalkannya. Induknya tidak memberi makan anak itik tetapi menunjukkan kepada mereka cara mencari makan sendiri. Dibutuhkan sekitar delapan minggu bagi sebagian besar spesies itik untuk menjadi dewasa , atau mengembangkan bulu dewasanya dan belajar terbang.

Banyak spesies bebek mulai berkembang biak saat berumur satu tahun. Namun, penelitian pada itik mallard menunjukkan bahwa ayam yang lebih tua memiliki keberhasilan reproduksi yang lebih besar daripada anak ayam berumur satu tahun. Kematian itik untuk mallard yang lebih tua jauh lebih rendah daripada ibu tahun pertama.

Gambar Aploon/iStock/Getty