Masalah Lingkungan yang Disebabkan oleh Polimer Sintetik- Aljabar

Polimer sintetik dapat hadir dalam berbagai bentuk, seperti plastik biasa, nilon jaket, atau permukaan wajan anti lengket, tetapi bahan buatan manusia ini memiliki dampak yang merugikan pada ekosistem yang menurut Institut Kesehatan Nasional AS para peneliti menyebut “ancaman jangka panjang yang meningkat pesat.” Memahami cara polimer sintetik merusak ekosistem penting dalam mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan bentuk polusi ini.

Imitasi Makanan

Salah satu masalah lingkungan paling umum yang terkait dengan polusi polimer sintetik adalah bahwa 44 persen spesies burung laut diketahui telah menelan polimer sintetik yang disalahartikan sebagai makanan, menurut US National Institutes of Health — dengan jutaan orang meninggal akibat menelan ini setiap tahun. Kematian burung pantai yang meluas ini menghadirkan masalah lingkungan yang signifikan karena burung pantai memainkan peran ekologis yang vital dalam mempertahankan ukuran populasi ikan dan krustasea.

Sekresi POP

POPs, atau polutan organik yang persisten, dikenal sebagai racun yang tetap berada di lingkungan selama bertahun-tahun, seperti pestisida DDT dan toxaphene. Sebuah studi tahun 2007 oleh para peneliti di University of the Pacific mengambil sampel polimer sintetik yang ditemukan di lokasi pantai di samudra Pasifik utara, dan menemukan adanya racun berbahaya di setiap sampel polimer sintetik. Polimer sintetik ini dapat terus mengeluarkan bahan kimia berbahaya ke dalam ikan dan satwa liar saat dicerna dan mengancam kesehatan perikanan laut yang dimakan manusia.

Polusi Produksi

Di luar pencemaran lautan yang nyata, polimer sintetik juga dapat menimbulkan masalah lingkungan dalam proses produksinya. Organisasi Kelompok Kerja Lingkungan menunjukkan bahwa perusahaan kimia DuPont membocorkan bahan pencemar yang digunakan dalam produksi Teflon mereka ke daerah aliran sungai setempat selama beberapa dekade. Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS, bahan kimia ini terakumulasi dalam insang ikan dan dapat berpindah dalam jumlah besar ke rantai makanan.

Akumulasi TPA

Bahkan di luar kegigihan mereka di lautan dan polusi air dari produksinya, polimer sintetik merupakan tantangan yang signifikan di darat karena mereka sering dibuang di tempat pembuangan sampah di mana mereka akan tetap selama berabad-abad ke depan secara perlahan membocorkan racun ke dalam tanah seiring berjalannya waktu. Menurut organisasi Clean Air Council, orang Amerika saja menggunakan sekitar 102,1 miliar kantong plastik — polimer sintetik — setiap tahun, dan kurang dari 1 persen kantong ini didaur ulang. Polimer sintetik ini tidak hanya perlahan-lahan melarutkan bahan kimia berbahaya di dalam tanah, umur panjang dan non-biodegradabilitasnya berarti tempat pembuangan sampah baru akan menjadi kebutuhan konstan karena penggunaan polimer sintetik terus berlanjut dan berkembang.

Gambar Stockbyte/Stockbyte/Getty