6 Makhluk Yang Bisa Selamat dari Kiamat-

Dengan segala kekhawatiran tentang COVID-19, banyak orang telah memikirkan apa yang akan terjadi dalam situasi pandemi yang lebih buruk lagi.

Jadi … makhluk apa yang akan selamat dari kiamat dunia? Organisme apa yang mungkin bisa selamat dari perang nuklir dunia, pandemi atau bencana dunia lainnya?

Inilah enam makhluk dengan peluang terbaik untuk menjadi baik-baik saja.

1. Kecoak

Kecoak adalah penyintas kiamat klasik. Dengan lebih dari 4.000 spesies, serangga kecil yang tangguh ini dapat bertahan dari radiasi tingkat tinggi dan dengan cepat menjadi kebal terhadap sebagian besar insektisida.

Sebuah studi dari Universitas Purdue menunjukkan bahwa ketika kecoak terpapar insektisida dan racun, mereka dengan cepat mengembangkan resistensi terhadap racun tersebut (tidak seperti bakteri). Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan resistensi terhadap insektisida lain di sepanjang jalan.

Selain ketahanannya terhadap racun yang dapat membahayakan manusia, kecoak juga dapat memakan dan bertahan hidup pada hampir semua hal. Bahkan tanpa akses ke pola makan khas mereka, mereka pada dasarnya dapat menemukan makanan dalam segala hal.

Juga, fakta menakutkan lainnya: Seekor kecoa betina dapat melahirkan 200 hingga 300 anak dalam umur 1-2 tahun.

2. Mummichog

Mumichog, juga disebut killifish atau mud minnow, telah berevolusi untuk bertahan hidup di air yang sangat tercemar. Mereka tidak hanya dapat bertahan hidup di air yang 8.000 kali lebih tinggi dari dosis mematikan polusi dan racun bagi mereka dalam keadaan normal, tetapi mereka “berkembang biak” di air itu, seperti yang dilaporkan para ilmuwan dalam penelitian tersebut.

Studi tersebut menemukan bahwa ikan ini dengan cepat mengembangkan mutasi genetik yang memungkinkan mereka menonaktifkan atau mematikan jalur kimia yang biasanya menyebabkan kerusakan akibat polutan. Mirip dengan kecoak, mereka dapat berevolusi dengan cepat untuk bertahan hidup dalam keadaan yang mengerikan.

Jika ikan kecil ini dapat berevolusi untuk bertahan hidup di lingkungan yang sangat tercemar ini, kemungkinan besar mereka akan dapat bertahan hidup di dunia apokaliptik.

3. Tardigrade

Tardigrades, juga dikenal sebagai “beruang air”, adalah salah satu makhluk paling tangguh di planet ini. Hewan-hewan mikroskopis ini dapat bertahan dari hampir semua hal yang akan dilemparkan oleh kiamat kepada mereka.

Mereka dapat bertahan lebih dari 1.000 kali tingkat radiasi yang dapat dilakukan manusia. Mereka bisa bertahan hidup 1.200 kali di atas tekanan atmosfer normal. Mereka bisa bertahan 10 tahun tanpa air. Mereka dapat bertahan hidup dalam kisaran suhu yang sangat besar: dari 0 mutlak (alias -460 derajat Fahrenheit) hingga lebih dari 300 derajat Fahrenheit.

Mereka juga dapat hidup hampir di mana saja. Dasar laut? Baik. Genangan air kecil? Ya! Di sepetak kecil lumut? Tentu saja. Dalam ruang hampa ? Tidak masalah.

Para ilmuwan juga mengatakan beruang air kecil ini bahkan bisa selamat dari dampak supernova dan asteroid besar.

4. Cacing Iblis

Dengan nama seperti ini, menakutkan untuk berpikir bahwa itu bisa bertahan dari hampir semua hal.

Devil Worm adalah spesies nematoda yang dikenal karena penampilannya yang menakutkan di bawah mikroskop dan kemampuannya untuk bertahan hidup dari tekanan dan suhu ekstrem – dan tanpa oksigen.

Makhluk ini baru ditemukan pada tahun 2011, dan ditemukan berada 2,2 mil di bawah permukaan bumi. Ia hidup dalam kegelapan total di bawah tekanan ekstrim, hanya memakan bakteri kecil. Saat ini hewan hidup terdalam di permukaan bumi.

Jika dunia ini berakhir, diragukan cacing-cacing ini akan mengetahui sesuatu sedang terjadi, apalagi terpengaruh oleh bencana dunia.

5. Semut

Ada lebih dari 12.000 spesies semut di seluruh dunia, dalam berbagai lingkungan dan suhu. Ini pertanda baik untuk kelangsungan hidup mereka karena ada begitu banyak organisme yang mampu bertahan hidup dalam berbagai suhu, tekanan, peristiwa cuaca yang berbeda, dan banyak lagi.

Mereka juga telah mengembangkan kemampuan unik untuk menargetkan anggota koloni mereka yang sakit. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semut akan “mengorbankan” atau membunuh anggota koloni semut mereka yang dirasa sakit atau terinfeksi. Ini membantu menghentikan penyebaran penyakit di seluruh koloni mereka, yang dapat membantu mereka bertahan dari pandemi dan penyakit serius.

6.E.coli

Sejauh ini, semua organisme dalam daftar ini adalah hewan. Namun, beberapa organisme yang mungkin selamat dari pandemi atau bencana dunia adalah mikroba seperti bakteri dan organisme bersel tunggal.

1. Coli khususnya adalah mikroba yang sehat. Ini adalah bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan dan hidup di usus manusia dan hewan lainnya.

Selain menemukan tempat untuk hidup di dalam organisme hidup dan mati, E. Coli dapat bertahan enam kali lipat dari radiasi yang dapat dilakukan manusia, yang menjadi pertanda baik bagi bagian mikrobioma usus kita ini. Mereka juga dapat membangun perlawanan ini dengan sangat cepat, artinya mereka kemungkinan besar akan selamat bahkan dari bencana yang sangat mendadak.

Hukum yang lebih bebas/iStock/GettyImages