Apa Jenis Ekosistem yang Ditinggali Anaconda?-

Orang menggunakan kata “anakonda” untuk merujuk pada anaconda hijau, atau biasa. Namun, istilah tersebut sebenarnya mengacu pada seluruh spesies ular. Ular Eunectes adalah ular terberat di dunia dan biasanya ditemukan di ekosistem Amazon Amerika Selatan.

Empat Spesies Anakonda

Ada empat spesies umum anaconda. Mari kita lihat masing-masing sedikit lebih dekat:

Anakonda Hijau ( Eunectes murinus )

Juga dikenal sebagai anaconda biasa, ini adalah salah satu ular terbesar dan terpanjang di planet ini. Ini adalah boa tidak berbisa dari Amerika Selatan yang hidup di dekat atau di air hampir sepanjang hidupnya. Ia menangkap dan membunuh mangsanya dengan membungkus tubuhnya di sekelilingnya dan mencekiknya sampai mati.

Anakonda Kuning ( Eunectes notaeus )

Sedikit lebih kecil dari anaconda hijau, anaconda kuning juga berasal dari Amerika Selatan. Dengan bintik hitam di sekujur tubuhnya, anaconda kuning hidup di sekitar rawa dan rawa.

Anakonda Bolivia ( Eunectes beniensis )

Anakonda ini, seperti namanya, berasal dari Bolivia. Tumbuh hingga 13 kaki, ular besar ini tampak seperti hibrida dari anaconda kuning dan hijau meskipun merupakan spesies yang terpisah. Mirip dengan anaconda kuning, spesies ini hidup di rawa-rawa dan rawa-rawa.

Anaconda Berbintik Gelap ( Eunectes deschauenseei )

Berasal dari Amerika Selatan Timur Laut, boa tidak berbisa ini juga ditemukan di lahan basah, rawa, dan rawa-rawa. Mereka tumbuh hingga 9 kaki dan dikenal dengan bintik-bintik hitam dan coklat gelapnya.

Lokasi

Anakonda adalah salah satu spesies ular paling terkenal, tetapi studi lapangan ilmiah pertama tentang reptil ini baru dilakukan pada tahun 1990-an.

Anakonda hijau dapat tumbuh hingga panjang 29 kaki atau lebih, berat 550 pon dan berdiameter 12 inci atau lebih. Ular ini hidup di bagian tropis Amerika Selatan di Brasil, Kolombia, Venezuela, Bolivia utara, dan timur laut Peru. Mereka juga dapat ditemukan di Guyana dan Trinidad. Anakonda kuning tinggal lebih jauh ke selatan di Argentina.

Anakonda kecil lainnya, varietas berbintik gelap dan Bolivia, memiliki wilayah yang tumpang tindih dengan jangkauan anaconda hijau.

Air

Air merupakan kebutuhan bagi anaconda. Amazon adalah sumber dari seperlima air yang mengalir bebas di dunia, menjadikannya habitat alami ular.

Hewan-hewan itu besar dan lamban di darat tetapi cepat dan sembunyi-sembunyi di air. Mata anakonda dan bukaan hidung berada di bagian atas kepala mereka sehingga mereka hampir sepenuhnya terendam dan tersembunyi di dalam air sambil menunggu mangsa.

Ular itu dikenal karena melilit mangsanya sampai mati lemas, tetapi seringkali anaconda menenggelamkan hewan itu terlebih dahulu. Hutan dan rawa yang tergenang adalah tempat berburu favorit mereka. Ular juga berjemur di dahan pohon yang menjorok ke sungai agar bisa cepat menyelam ke dalam air jika terancam.

Hewan dan Tumbuhan

Anaconda berbagi ekosistem Amazon mereka dengan sejumlah hewan lain, yang sebagian besar adalah mangsa. Mereka mencapai ukuran raksasa dengan memakan babi hutan, burung, rusa, kapibara, dan caiman. Satu-satunya musuh alami mereka adalah jaguar, predator mamalia terbesar di hutan Amazon.

Namun, terkadang kucing liar pun bisa menjadi santapan anaconda. Ular besar itu juga hidup di ekosistem dengan tumbuhan yang subur. Amazon memiliki hampir 400.000 spesies tanaman.

Ancaman

Ekosistem dengan air, pohon, dan mangsa yang berlimpah sangat penting untuk kelangsungan hidup anaconda. Namun, beberapa aktivitas manusia mengancam ekosistem hewan tersebut. Para peneliti tidak tahu persis berapa banyak anakonda yang hidup di alam liar. Perdagangan kulit anaconda atau ular hidup dilarang di semua negara Amerika Selatan, tetapi pasar gelap yang aktif untuk hewan tersebut masih ada.

Lahan basah Amazon dikeringkan, sungai dibendung dan hutan ditebang. Ini menghabiskan jumlah mangsa besar dan wilayah anaconda. World Wildlife Fund memperkirakan bahwa 55 persen hutan Amazon akan hilang pada tahun 2030.

chingting huang/iStock/GettyImages