Bagaimana Saya Menemukan Gigi Hiu di Pantai Caspersen, Florida?-

Florida memiliki banyak fosil laut karena jutaan tahun yang lalu terendam di bawah lautan. Pantai Caspersen di Venice, Florida, memiliki empat mil dari pantai di mana gigi hiu dapat ditemukan.

Berburu gigi hiu di Pantai Caspersen merupakan kegiatan yang populer bagi pecinta fosil dan hiu. Pantai Venesia ini disebut sebagai “ibu kota gigi hiu dunia” karena jutaan gigi hiu yang terdampar di pantai selama bertahun-tahun.

Sejarah Singkat Hiu

Spesies hiu purba pertama kali menjelajahi lautan lebih dari 420 juta tahun yang lalu. Bentuk hiu modern dapat ditelusuri kembali ke masa sebelum dinosaurus pada periode Jurasik.

Fosil telah memungkinkan para ilmuwan untuk mengidentifikasi hingga 3.000 spesies hiu yang biasa berenang di lautan termasuk Megalodon raksasa yang terkenal.

Fakta Gigi Hiu

Menemukan gigi hiu tidak berarti hiu dirugikan dengan kemampuannya untuk makan, karena hiu terus-menerus memperbaharui giginya. Hiu mungkin memiliki hingga delapan baris gigi sekaligus.

Gigi hiu diganti dengan gigi di baris di belakangnya setiap kali ada yang tanggal. Sepanjang hidup hiu, mereka akan kehilangan ribuan gigi .

Hiu terus tumbuh dan mengganti gigi baru sepanjang siklus hidupnya. Hiu muda dan yang hidup di perairan yang lebih hangat dapat menumbuhkan gigi baru lebih cepat. Seekor hiu bisa melewati 30.000 gigi seumur hidupnya. Rahangnya yang kuat dan pergantian gigi yang teratur membantu mereka membunuh mangsanya.

Fakta Fosilisasi

Fosilisasi hanya terjadi dalam kondisi tertentu, termasuk kekurangan oksigen, jika tidak, jaringan akan rusak. Ada dua jenis utama fosil: kompresi , yaitu saat bahan organik diawetkan, atau tayangan , saat hanya jejak organisme yang tersisa. Di lautan, gigi hiu jatuh ke sedimen yang kekurangan oksigen di bawah tempat mereka terkubur dan menjadi fosil.

Karena hiu adalah tulang rawan, sangat jarang ditemukan kerangka hiu utuh yang membatu. Biasanya gigi hiu adalah satu-satunya bagian dari hiu yang menjadi fosil karena enameloid dan dapat mengapur. Pencabutan gigi hiu juga meningkatkan peluang mereka untuk menjadi fosil karena begitu banyak yang tersebar di berbagai lokasi.

Warna Gigi Hiu

Warna membantu menunjukkan usia gigi. Gigi hiu segar berwarna putih. Gigi hiu yang membatu biasanya berwarna abu-abu tua, hitam atau coklat.

Warnanya akan tergantung pada jenis mineral dalam sedimen yang larut ke dalam pori-pori gigi selama fosilisasi, proses yang disebut permineralisasi.

Bentuk Gigi Hiu

Bentuk gigi hiu berbeda-beda tergantung dari mana mulut hiu itu berasal. Meskipun ada variasi khusus dalam ukuran dan bentuk saat Anda melihat gambar gigi hiu, Anda dapat melihat bahwa gigi hiu berbentuk segitiga dengan bagian akar yang lebar di bagian dasarnya.

Sisi gigi hiu bergerigi. Bentuk gigi hiu membantu peneliti mengidentifikasi antara spesies yang berbeda.

Kapan Harus Berburu Gigi Hiu

Waktu hari untuk berburu gigi hiu akan bervariasi tergantung pada pasang surut Pantai Caspersen. Waktu terbaik untuk mencari gigi hiu adalah saat air surut.

Pasang naik dan surut dipengaruhi oleh rotasi bumi dan tarikan gravitasi bulan. Setiap 24 jam 50 menit, terjadi dua pasang surut dan dua pasang naik.

Berburu Gigi Hiu Pantai Venice

Orang-orang yang berburu fosil gigi hiu di Pantai Caspersen tidak memerlukan penyeberang dan mungkin dapat menemukannya tanpa ayakan jika mereka melihat air surut. Di dekat tepi air, terlihat hamparan pasir gelap.

Pita ini umumnya berisi fosil gigi hiu yang terdampar di darat. Orang yang mencari gigi hiu harus berkeliaran di sepanjang pita gelap ini, mengawasi benda-benda segitiga.

gambar gigi hiu yang membatu oleh PHOTOFLY dari Fotolia.com