Daftar Tumbuhan & Hewan Langka –

Di seluruh planet ini, karena habitat hilang dan populasi hancur, ada ribuan tumbuhan dan hewan yang berada di ambang kepunahan dan dianggap terancam punah. Banyak dari ini memiliki perlindungan yang diberikan kepada mereka oleh organisasi, hukum dan pemerintah. Di antara ribuan, World Wildlife Fund memiliki daftar 36 spesies yang dianggap prioritas dalam perlombaan melawan kepunahan. Menurut WWF, salah satu alasan 36 ini dianggap sebagai “prioritas” adalah karena upaya lebih dari sekadar melestarikan habitat mereka harus dilakukan jika ingin menjamin kelangsungan hidup di masa depan.

Kriteria tambahan untuk dicantumkan sebagai prioritas adalah bahwa spesies merupakan kunci rantai makanan, membantu menstabilkan atau meregenerasi habitatnya, penting bagi kesehatan masyarakat atau merupakan ikon budaya yang penting.

Elang laut

Di antara 36 spesies prioritas adalah albatros, empat spesies di antaranya dianggap sangat terancam punah. Ini adalah albatros Amsterdam, Chatham, Tristan dan Waved. Enam spesies tambahan — elang laut Northern Royal, Black-Footed, Sooty, Indian Yellow-Nosed, Atlantic Yellow-Nosed, dan Black-Browed — terancam punah. Albatros adalah burung terbang terbesar dan menghabiskan 80% hidupnya di laut. Burung-burung ini, yang datang ke darat hanya untuk berkembang biak, membentuk pasangan seumur hidup.

Kaktus

Kaktus adalah salah satu tanaman yang terdaftar sebagai prioritas. Menurut World Wildlife Fund, kaktus secara unik beradaptasi dengan habitatnya dan menentukan banyak lanskap tempat mereka ditemukan. Kaktus adalah sumber air penting bagi banyak hewan di ekosistemnya, dan menyediakan tempat bersarang bagi banyak jenis burung. Karena koleksi dan hilangnya habitat, banyak spesies yang hampir punah. Selain ancaman ini, pembekuan di Altiplano Meksiko mengurangi beberapa populasi kaktus menjadi hanya 5% dari sebelumnya.

Ginseng

Ginseng adalah ramuan yang telah digunakan di seluruh dunia karena khasiat obatnya sejak zaman kuno. Ketika ginseng Asia tidak lagi mampu memenuhi permintaan pasar, ginseng liar Amerika Utara mulai dipanen dan diekspor. Ginseng tumbuh perlahan, membutuhkan waktu hingga enam tahun untuk mencapai kematangan. Selain pemanenan yang berlebihan, ginseng terancam oleh hilangnya habitat. Kebanyakan ginseng yang tumbuh liar ditemukan di hutan, yang dibuka untuk penebangan dan pembangunan.

Panda raksasa

Seorang anggota keluarga beruang, Panda Raksasa terancam oleh hilangnya habitat hutannya dan populasi yang terfragmentasi. Perburuan juga merupakan ancaman bagi panda. Ada lebih dari 50 suaka panda yang melindungi hampir setengah dari sisa habitat Panda Raksasa. Sekitar 980 panda, yang merupakan sekitar 61% dari seluruh populasinya, hidup di cagar alam.

Beruang kutub

Beruang kutub adalah spesies yang terancam punah yang mendapat perhatian dalam perdebatan tentang perubahan iklim. Beruang kutub adalah karnivora terestrial terbesar di bumi. Perenang yang hebat, beruang kutub mencari habitat di mana es menutupi laut Arktik sepanjang tahun. Pasangan beruang kutub, membesarkan anak mereka dan berburu dalam pengaturan ini. Menurut World Wildlife Fund, beruang kutub penting dalam konservasi karena berada di puncak rantai makanannya. Beruang kutub terancam karena mencairnya es laut.

Harimau

Seperti halnya beruang kutub, harimau penting dalam konservasi, karena ia juga berada di puncak rantai makanan dalam ekosistemnya. Tiga dari sembilan subspesies harimau sudah punah, dan hanya sekitar 4.000 harimau yang masih ada saat ini di alam liar. Populasi harimau paling terancam oleh aktivitas manusia, termasuk meracuni, menjebak, menjerat, menembak, dan menangkap kucing besar.

Cetacea

Cetacea termasuk paus, lumba-lumba dan lumba-lumba. Di antara 80 spesies di kelas ini, banyak yang berada di ambang kepunahan. Semua spesies cetacea ditawarkan perlindungan di bawah Undang-Undang Perlindungan Mamalia Laut, dan spesies yang dianggap terancam atau terancam dilindungi di bawah Undang-Undang Spesies yang Terancam Punah. Menurut International Union for Conservation of Nature, 10 spesies cetacea yang paling terancam punah adalah lumba-lumba Vaquita, paus sikat Pasifik Utara, paus sikat Atlantik Utara, lumba-lumba sungai Asia Selatan, lumba-lumba punggung bungkuk Atlantik, lumba-lumba Hector, lumba-lumba Chili, Lumba-lumba Franciscana, lumba-lumba snubfin Australia, dan lumba-lumba punggung bungkuk Indo-Pasifik.

mantaphoto/iStock/GettyImages