Daftar Tumbuhan Laut Bawah Air –

Sementara lautan adalah rumah bagi banyak spesies yang tampaknya tanaman dan yang menggunakan fotosintesis untuk membuat makanan – seperti rumput laut dan fitoplankton – mereka menampung beberapa tanaman yang layak. Dari tumbuhan sejati tersebut, banyak jenis lamun yang mendominasi sebagai tumbuhan yang paling banyak ditemukan di lautan. Bersama dengan lamun, spesies mirip tanaman lainnya berfotosintesis di lautan untuk menghasilkan sekitar 70 persen oksigen dunia. Mereka juga bertindak sebagai sumber makanan penting bagi bentuk kehidupan laut lainnya dan manusia.

TL;DR (Terlalu Panjang; Tidak Dibaca)

Meskipun secara teknis bukan tanaman, fitoplankton dan kelp berdiri dengan banyak spesies lamun sebagai fotosintesis laut yang menghasilkan sebagian besar oksigen di Bumi.

Lamun Tumbuh di Bidang Bawah Air

Lautan adalah rumah bagi sekitar 72 spesies lamun yang terbagi dalam empat famili: Zosteraceae, Hydrocharitaceae, Posidoniaceae, dan Cymodoceaceae. Tumbuhan berbunga ini semuanya tumbuh dalam kondisi salin yang menempel di dasar samudra oleh sistem akar, yang menstabilkan sedimen tempat mereka tumbuh. Meskipun kadang-kadang pengelompokan lamun bisa tidak merata karena arus yang kuat, area dasar laut yang luas dapat ditutupi oleh lamun hingga berkilo-kilo. Para ilmuwan menemukan sebagian besar spesies ini di daerah tropis dunia dan di daerah dangkal hingga sekitar 160 kaki di bawah permukaan laut. Padang lamun terdiri dari ribuan tanaman dengan daun panjang dan tipis yang menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi banyak spesies laut. Jenis tanaman lain yang layak seperti bakau tumbuh di dekat laut tetapi menghabiskan siklus hidupnya di atas permukaan laut.

Hutan Kelp Tumbuh Cepat

Seperti tumbuhan biasa, rumput laut menggunakan fotosintesis untuk mengubah air, karbon dioksida, dan sinar matahari menjadi makanan. Namun, tidak seperti tanaman, rumput laut ada di kerajaan Protista, yang sebagian besar berisi organisme bersel tunggal. Kelp adalah anggota terbesar dari kategori rumput laut yang luas, meski ada anggota yang lebih kecil seperti rockweed dan gulfweed yang mengapung bebas di air. Beberapa rumput laut, yang merupakan spesies ganggang besar, dapat menumbuhkan tubuh berdaun lebarnya setinggi 2 kaki dalam satu hari. Daun rumput laut mengapung berkat kantong udara. Jika seseorang tumbuh cukup tinggi untuk menyentuh permukaan, ia terus tumbuh. Kelp menempel di dasar laut menggunakan holdfast, yang mirip dengan akar tanaman, tetapi rumput laut tidak menyerap nutrisi saat menggunakannya. Hutan rumput laut menyediakan rumah bagi banyak spesies laut, dan manusia menggunakan rumput laut untuk makanan dan produk lainnya.

Fitoplankton Sangat Penting untuk Kehidupan di Bumi

Terlepas dari namanya – “fito” adalah bahasa Yunani untuk tumbuhan – makhluk yang dikategorikan sebagai fitoplankton biasanya termasuk dalam kerajaan Protista. Secara individual, spesies ini terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi mereka berkumpul bersama dalam kelompok besar yang terlihat. Seperti rumput laut dan lamun, fitoplankton berfotosintesis. Beberapa ilmuwan percaya bahwa satu spesies dari kategori tersebut, Prochlorococcus, dianggap sebagai makhluk fotosintesis teratas di Bumi. Selain memberi dunia oksigen yang tak terhitung jumlahnya, makhluk mikroskopis dan kadang-kadang bersel satu ini juga menyediakan makanan untuk tingkat kehidupan yang lebih tinggi, termasuk paus.

MarcoAMazza/iStock/GettyImages