Mengapa Anda Harus Mengambil Matematika – Apa Pun Sains yang Anda Pelajari-

Sains dan matematika berjalan beriringan. Matematika dapat dianggap sebagai jenis bahasa. Secara khusus, itu adalah bahasa kuantitatif yang memungkinkan para ilmuwan untuk menggambarkan hubungan dan fenomena secara objektif.

Semua cabang ilmu menggunakan matematika untuk berbagai tingkatan. Aljabar dan trigonometri memungkinkan untuk bekerja dengan hubungan sederhana antara kuantitas. Kalkulus dan persamaan diferensial memungkinkan pemahaman tentang bagaimana sistem berubah secara bertahap dengan waktu. Fungsi eksponensial dan logaritmik digunakan secara luas dalam memahami kuantitas yang pertumbuhan atau penurunannya bergantung pada keadaannya saat ini. Dan statistik sangat berguna dalam menentukan apakah dan bagaimana mengubah sesuatu dalam suatu sistem memengaruhi sesuatu yang lain.

Secara umum, bahkan untuk kursus tingkat pengantar, Anda harus nyaman bekerja dengan angka, memasukkannya ke dalam rumus, menggunakan urutan operasi yang sesuai, dan menangani notasi ilmiah. Anda juga harus memiliki kalkulator dan tahu cara menggunakannya dengan benar.

Matematika dalam Fisika

Fisika memiliki reputasi sebagai cabang sains yang paling terkait dengan matematika. Ini tidak mengherankan karena dimulai dengan studi gerak, dijelaskan oleh persamaan kinematik, dan hanya dibangun dari sana.

Jika Anda mengambil kelas fisika SMA atau kelas fisika umum di perguruan tinggi, dasar aljabar yang kuat akan berguna. Saat mempelajari gerak, gaya, dan seterusnya, Anda harus dapat menyelesaikan persamaan dan sistem persamaan dengan satu atau lebih variabel.

Jika Anda mengambil fisika teknik atau fisika yang lebih maju, Anda pasti ingin mengenal kalkulus. Itu akan memungkinkan Anda untuk mengatasi penurunan persamaan serta menemukan solusi untuk masalah yang lebih kompleks seperti yang terkait dengan persamaan elektromagnetisme Maxwell.

Siapa pun yang mengejar studi fisika yang lebih maju, seperti minor atau mayor dalam subjek tersebut, akan mengambil matematika yang lebih tinggi untuk mendukung pembelajaran mereka, seperti aljabar linier dan persamaan diferensial.

Matematika dalam Biologi

Dibandingkan dengan fisika, biologi sering dipandang sebagai sains yang paling tidak membutuhkan matematika; Namun, ada banyak aplikasi matematika di bidang ini juga.

Sementara kursus sekolah menengah atas atau kursus perguruan tinggi non-jurusan mungkin memiliki sedikit lebih dari rumus sederhana sesekali, pemahaman tentang beberapa konsep biologi seperti pertumbuhan populasi memerlukan kemahiran dengan fungsi eksponensial, dan ketika Anda belajar tentang studi ilmiah dan bagaimana menafsirkannya. mereka, latar belakang dalam statistik juga diperlukan.

Siapa pun yang mengambil jurusan biologi kemungkinan besar perlu menyelesaikan kalkulus dan statistik tingkat perguruan tinggi selama masa studi mereka. Seringkali, jurusan biologi akhirnya bekerja di bidang medis, di mana pemahaman tentang persentase dan proporsi serta fungsi dan waktu paruh relevan. Di beberapa bidang penelitian biologi, bahkan lebih banyak matematika diperlukan karena ada orang yang berspesialisasi dalam model matematika yang menggambarkan sistem biologis.

Matematika dalam Kimia

Kimia cenderung lebih intensif matematika daripada biologi. Anda akan menginginkan dasar yang kuat dalam aljabar ketika mendekati kelas kimia tingkat sekolah menengah atas atau perguruan tinggi.

Juga penting dalam kimia adalah studi statistik, terutama jika Anda berencana mengambil jurusan kimia atau bekerja dalam karir yang melibatkan kimia. Trigonometri dan kalkulus juga akan relevan, tetapi pada tingkat yang lebih kecil.

Sama seperti biologi matematika adalah bidang studi, demikian pula kimia matematika, yang membutuhkan pengetahuan tentang kalkulus lanjutan, persamaan diferensial, dan teknik pemodelan.

Matematika dalam Astronomi

Banyak siswa terpikat ke kelas astronomi dengan keyakinan salah bahwa itu tidak akan melibatkan matematika apapun. Tetapi astronomi sebenarnya adalah cabang fisika. Anda dapat menganggapnya sebagai fisika yang diterapkan pada ruang.

Sementara kursus pengantar astronomi non-jurusan y mungkin tidak menggunakan banyak matematika di luar aljabar awal dan pemahaman notasi ilmiah, Anda harus mahir dalam keduanya untuk menjadi sukses.

Dalam kursus astronomi tingkat lanjut, Anda dapat mengharapkan untuk menggunakan matematika yang sama yang digunakan dalam kursus fisika, termasuk kalkulus tingkat lanjut dan persamaan diferensial, di antara topik lainnya.

Matematika dalam Geologi

Untuk mempelajari geologi, Anda juga memerlukan dasar yang kuat dalam aljabar dasar sebelum memulai. Geologi juga memanfaatkan fungsi eksponensial dan logaritmik, khususnya ketika membahas cara menentukan umur spesimen.

Mereka yang mempelajari geologi di luar tingkat pengantar perlu mengambil kalkulus dan statistik juga. Sebagian besar ilmu geologi sarat dengan statistik, tetapi ada juga bidang yang berhubungan dengan konsep matematika lanjutan lainnya seperti geometri dan topologi.

Matematika di Alam

Di alam, matematika muncul di mana-mana jika Anda tahu di mana mencarinya, mulai dari pemodelan populasi hingga pola pertumbuhan tumbuhan.

Bahkan, beberapa ahli matematika menghabiskan hidup mereka mempelajari fraktal dan rasio matematika khusus seperti rata-rata emas dan bagaimana mereka muncul di alam.

Sebagian besar mempelajari alam adalah memahami ekologi dan hubungan antara pemangsa dan mangsa serta bentuk kehidupan lainnya dalam suatu ekosistem. Untuk mempelajari hal-hal ini secara detail diperlukan model matematika yang sering menyertakan fungsi eksponensial dan bahkan persamaan diferensial.

Jadi sementara kelas alam dasar mungkin menyebutkan matematika sangat sedikit, pemahaman yang lebih dalam tentang proses alam dapat memerlukan matematika melalui kalkulus, statistik dan seterusnya.

Hill Street Studios/DigitalVision/GettyImages