Pengaruh Polusi Minyak pada Ekosistem Perairan-

Ketika minyak tumpah ke lingkungan perairan, itu dapat membahayakan organisme yang hidup di, sekitar, dan di bawah permukaan air baik dengan toksisitas kimia maupun dengan melapisi dan mencekik satwa liar. Ini memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang pada semua bagian jaring makanan laut, termasuk kerusakan jangka panjang pada habitat berkembang biak dan migrasi yang memengaruhi generasi kehidupan laut di masa mendatang. Efek jangka pendek bervariasi tergantung pada jenis lingkungan, jumlah minyak, efek gelombang dan cuaca, dan jenis minyak: ringan, sedang atau berat.

Perairan Lepas Pantai dan Pesisir

Hilangnya predator memiliki efek kaskade pada ekosistem, dan di lepas pantai, spesies yang paling rentan adalah spesies yang ditemukan di permukaan laut. Karena sebagian besar minyak mengapung, makhluk yang paling terpengaruh adalah predator permukaan, seperti berang-berang laut dan burung laut. Studi National Oceanic and Atmospheric Administration telah menemukan bahwa minyak menghancurkan kemampuan menolak air dari bulu dan bulu serta kemampuan mereka untuk menjebak udara hangat ketika mereka dilapisi dan kusut. Akibatnya, mamalia laut dan burung laut bisa kehilangan daya apungnya dan mati karena hipotermia. Jika mereka menelannya, dapat menyebabkan kerusakan ginjal, hati, dan paru-paru. Spesies bentik, seperti reptil dan ikan yang ditemukan di perairan lepas pantai, juga dapat menelan minyak dan menderita kerusakan organ, dan gangguan reproduksi, serta dapat menularkan racun minyak ke pemangsa yang memakannya. Dengan tidak adanya predator puncak, jumlah benih ikan meningkat dan merusak pemakan rumput yang menjaga pertumbuhan alga. Hal ini memungkinkan tikar alga yang subur untuk tumbuh dan mengambil oksigen yang berharga dari air saat membusuk, mencekik hewan lain di ekosistem.

Perairan Pedalaman Dangkal

Invertebrata seperti bintang laut dan karang memainkan peran penting dalam ekosistem laut, di mana mereka berfungsi sebagai spesies kunci atau spesies dasar. Spesies kunci adalah spesies yang menyediakan mata rantai penting dalam rantai makanan yang memengaruhi predator dan mangsa, dan spesies dasar seperti karang menciptakan dan memelihara habitat bagi spesies lain. Dengan hilangnya hanya satu spesies bintang laut dari perairan pantai sebuah pulau di Washington, kerang dengan cepat berpindah dan memadati spesies lain, mengubah ekosistem secara drastis. Karang, bintang laut, dan rumput laut semuanya menghuni perairan pantai yang dangkal, dan dapat terlapisi dan tertahan oleh tumpahan minyak. Bintang laut ditutupi oleh silia seperti rambut kecil yang membantu mengangkut air ke dalam organ pembuluh darahnya. Ketika silia dan organ dalam terlapisi minyak, hal itu dapat menyebabkan penurunan fungsi dan kematian bintang laut. Di daerah di mana minyak dibiarkan mengendap di karang, seperti tumpahan baru-baru ini di Teluk Meksiko, itu dapat mengurangi fotosintesis, menyebabkan kerusakan jaringan, dan bahkan menyebabkan kematian. Efek jangka panjang masih ditentukan, tetapi tanpa terumbu karang yang sehat, teluk dapat kehilangan banyak spesies yang bergantung pada terumbu karang untuk makanan dan perlindungan.

Garis pantai

Beberapa kerusakan tumpahan minyak yang paling parah terjadi di dekat garis pantai. Ini adalah area yang digunakan sebagai tempat bertelur atau berkembang biak bagi generasi kehidupan laut berikutnya. Banyak spesies menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut, tetapi harus datang ke darat untuk berkembang biak atau melahirkan. Penyu dan mamalia laut dapat dirugikan oleh minyak yang mereka temui di air atau di pantai tempat mereka melahirkan. Telur atau anak anjing dapat rusak oleh minyak dan gagal berkembang dengan baik, dan anak muda yang baru dapat diminyaki saat mereka berlarian menuju lautan melintasi pantai yang berminyak. Hilangnya jumlah penyu bahkan dapat mempengaruhi kesehatan tempat berkembang biaknya, seperti pantai berpasir dan bukit pasir penyu Florida. Setiap telur yang belum menetas menyediakan sumber nutrisi yang bagus untuk vegetasi bukit pasir. Saat tanaman menjadi lebih kuat dan sehat, sistem akarnya membantu menahan pasir di tempatnya, mengurangi erosi dan memperkuat ekosistem yang penting ini.

Mangrove/Rawa Garam

Salah satu habitat laut yang paling rentan terhadap perubahan lingkungan adalah hutan mangrove. Tumpahan minyak yang melapisi akar pohon bakau yang terbuka dapat menyumbat pori-pori udara, atau lentisel, dan mencekik pohon. Akar bakau menstabilkan sedimen dan mencegah erosi garis pantai, menjaga agar sedimen tidak terendapkan di hamparan rumput belut atau terumbu karang terdekat. Mereka juga menyediakan penyangga ke daerah pedalaman dari angin topan yang menghancurkan dan gelombang badai. Hutan bakau dan rawa asin menyediakan habitat penting bagi burung yang bermigrasi, dan area pembibitan ikan dan udang. Seluruh lingkungan bakau dapat terbunuh oleh tumpahan minyak, dengan konsekuensi yang mengerikan, tidak hanya bagi kehidupan laut, tetapi juga bagi manusia yang tinggal di dekat ekosistem pelindung ini.

Dondi Tawatao/Getty Images Berita/Getty Images