Pro & Kontra dari Tindakan Spesies Langka –

Diundangkan pada tahun 1973, Undang-Undang Spesies Terancam Punah Amerika Serikat adalah bagian dari undang-undang federal yang menggunakan data populasi biologis untuk membuat daftar hewan dan tumbuhan tertentu sebagai terancam punah atau terancam. Setelah suatu spesies terdaftar di bawah undang-undang, ia dilindungi melalui berbagai pembatasan pada pengumpulan atau penangkapannya, dan pada habitatnya. Sementara undang-undang tersebut telah berhasil menghidupkan kembali beberapa spesies, seperti elang botak, dari ambang kepunahan, Undang-Undang Spesies Terancam Punah menghadapi kritik dari pemilik tanah pribadi, peternak, dan ahli biologi karena kekurangannya.

Spesies Indikator

Ketika tanaman atau hewan terdaftar di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah, hal itu dapat menarik perhatian sejumlah masalah lingkungan yang mungkin tidak diperhatikan. Penurunan spesies dapat mengindikasikan polusi, perusakan habitat, atau ekosistem yang terganggu, yang dapat menimbulkan konsekuensi nyata bagi manusia yang bergantung pada sumber daya alam yang sama. Dengan cara ini Undang-undang Spesies Terancam Punah dapat menyoroti “spesies indikator” seperti kerang air tawar, yang dapat mengingatkan masyarakat akan daerah aliran sungai yang tercemar jika populasinya mulai menurun secara bertahap, menurut Departemen Pertanian dan Kehutanan AS.

Perlindungan Habitat

Ketika suatu spesies dilindungi di bawah Endangered Species Act, maka menjadi ilegal untuk menghancurkan atau mengubah habitatnya secara signifikan. Misalnya, pada tahun 1970-an elang botak hampir punah karena sebagian habitat hutannya dihancurkan dan dikembangkan. Mencantumkan elang botak sebagai terancam punah melarang pengembangan apa pun di mana elang botak bersarang. Hal ini, bersamaan dengan pelarangan penggunaan pestisida DDT yang melemahkan telur elang botak, merupakan alasan utama pemulihan burung tersebut hingga dihapus dari daftar spesies terancam pada tahun 2007.

Fokus yang Sempit

Terlepas dari fokus undang-undang tersebut pada penyelamatan ekosistem, beberapa kritikus percaya undang-undang tersebut gagal mencapai tujuan ini. Menulis di jurnal Biologi Konservasi, Daniel Rohlf dari Institut Hukum Sumber Daya Alam berpendapat bahwa Undang-Undang Spesies Terancam Punah terlalu berfokus pada spesies profil tinggi, sehingga merugikan konservasi habitat secara keseluruhan. Penghancuran habitat adalah satu-satunya ancaman terbesar bagi spesies yang terancam punah saat ini, kata Rohlf, dan oleh karena itu lebih penting untuk fokus pada pelestarian seluruh ekosistem melalui strategi pengelolaan penggunaan lahan dan cara lain, daripada melindungi satu spesies saja.

Peternak dan Pemilik Tanah

Kritik lain terhadap Undang-Undang Spesies Langka datang dari pemilik tanah pribadi, beberapa di antaranya membenci pembatasan yang dikenakan pada individu jika spesies terancam atau hampir punah ditemukan di properti mereka. Faktanya, ini adalah kelemahan utama dari undang-undang yang menempatkan pembatasan penggunaan lahan pada pemilik tanah dengan spesies yang terancam punah di dekatnya, karena pasti beberapa orang akan lalai melaporkan spesies tersebut sama sekali untuk menghindari pembatasan tersebut. Selain itu, peternak di Amerika Serikat bagian barat mengeluh bahwa karena status spesies serigala abu-abu yang terancam punah dan larangan membunuh serigala, populasi pemangsa telah tumbuh dan serigala sekarang membunuh ternak mereka.

Tom Brakefield/Stockbyte/Getty Images