Pro & Kontra Herbisida-

Bahan kimia yang digunakan petani untuk membunuh gulma menimbulkan bahaya tersembunyi bagi manusia, hewan, dan lingkungan. Sementara herbisida membantu meningkatkan pasokan makanan dan meningkatkan ekonomi, herbisida juga berkontribusi terhadap polusi dan penyakit mulai dari iritasi kulit hingga kanker. Memahami pro dan kontra herbisida dapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih tepat tentang produk yang Anda beli, bisnis yang Anda pilih untuk didukung, dan jenis produk yang Anda gunakan untuk memelihara rumput Anda.

Pro: Hasil Tanaman

Jika dibiarkan, gulma bersaing dengan tanaman untuk mendapatkan air, sinar matahari, dan unsur hara di dalam tanah. Menggunakan herbisida menghilangkan kompetisi ini untuk memungkinkan hasil panen yang lebih besar, lebih sedikit kekurangan pangan dan harga pangan yang lebih rendah. Dari tahun 1965 hingga 1990, penggunaan herbisida dan pestisida menggandakan hasil dari delapan tanaman yang paling umum di dunia, lapor Weed Science Society of Pakistan. Tanpa herbisida, penggunaan beberapa tanaman, seperti wortel, akan berkurang hampir 50 persen setiap tahunnya.

Pro: Manfaat Ekonomi

Sebuah laporan tahun 2013 oleh Delta Farm Press memperkirakan bahwa penggunaan herbisida memberikan peningkatan $16 miliar bagi para petani di Amerika Serikat setiap tahun. Herbisida memangkas biaya pengendalian gulma sebesar $10 miliar, termasuk penghematan lebih dari $1 miliar hanya dengan penyiangan tangan. Farm Chemical International melaporkan bahwa penggunaan herbisida di Argentina memberikan dorongan sebesar $30 miliar bagi perekonomian negara yang sedang kesulitan.

Pro: Lansekap yang Indah

Meskipun sulit untuk memberi harga pada lapangan golf yang terawat baik atau taman yang bermekaran, jenis lanskap yang indah ini menawarkan keuntungannya sendiri. Tanpa herbisida, lapangan golf dan lapangan olah raga kemungkinan besar akan dipenuhi dengan gulma, dan pemilik rumah akan merasa lebih sulit untuk memelihara hamparan bunga dan kebun sayur.

Con: Efek Kesehatan

Herbisida kimia menimbulkan bahaya kesehatan bagi semua orang mulai dari pekerja lapangan hingga orang yang membeli makanan yang ditanam menggunakan bahan kimia ini. Paparan herbisida menyebabkan iritasi kulit, sementara menghirup bahan kimia ini mengiritasi tenggorokan dan saluran hidung. Paparan herbisida juga terkait dengan limfoma non-Hodgkin, lapor Pusat Alternatif Pestisida Northwest, dan bahkan cacat lahir pada bayi yang belum lahir.

Con: Peningkatan Resistensi

Petani yang mengandalkan herbisida menemukan bahwa mereka harus terus menggunakan lebih banyak bahan kimia ini untuk mencegah gulma. Gulma menunjukkan kemampuan luar biasa untuk beradaptasi dengan bahan kimia ini dan melawan pengaruhnya. Resistensi ini meningkatkan biaya herbisida bagi petani dan menghasilkan jumlah herbisida yang lebih besar di dalam tanah.

Kontra: Polusi

Herbisida kimia berkontribusi terhadap polusi udara, air dan tanah. Mereka tidak hanya mencemari tanah tempat mereka diterapkan, tetapi air hujan dapat membawa bahan kimia ini ke area lain. Beberapa herbisida kimia berakhir di saluran air, di mana mereka membunuh ikan dan kehidupan air lainnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Japanese Journal of Veterinary Research. Herbisida kimia juga dapat menguap ke udara, mengakibatkan polusi udara dan menurunkan kualitas udara.

Jupiterimages/Photos.com/Getty Images