Pro & Kontra Pengujian Hewan-

Pengujian hewan – di sini berarti penggunaan hewan dalam penelitian untuk tujuan memajukan perhatian manusia seperti kemanjuran obat dan keamanan produk seperti kosmetik – adalah upaya yang penuh dengan kontroversi dan argumen etis yang sulit. Eksperimen hewan memiliki manfaat yang jelas dan tak terbantahkan bagi umat manusia; misalnya, pengembangan obat untuk memerangi penyakit mematikan. Pada saat yang sama, beberapa jenis pengujian hewan tunduk pada prosedur yang kejam dan tidak manusiawi, mengimbangi, di mata lawan pengujian hewan, manfaat apa pun dari pengujian hewan bagi manusia.

Pro: Obat dan Vaksin Penyelamatan Jiwa

Lanskap kedokteran modern tidak diragukan lagi akan sangat berbeda tanpa pengujian hewan dalam campuran. Misalnya, penelitian pada anjing yang pankreas hewannya diangkat menyebabkan penemuan insulin pada awal abad ke-20; ini telah menyelamatkan dan meningkatkan kehidupan jutaan penderita diabetes di seluruh dunia. Vaksin polio – dikembangkan untuk digunakan manusia hanya setelah diuji pada hewan – telah membantu mengurangi penyakit yang ditakuti ini hingga hampir tidak relevan. Kemajuan dalam kanker payudara, trauma otak, leukemia, cystic fibrosis, malaria, multiple sclerosis dan tuberkulosis secara langsung disebabkan percobaan hewan, dan tanpa pengujian pada simpanse, tidak akan ada vaksin hepatitis B.

Con: Perlakuan Tidak Manusiawi dalam Eksperimen Hewan

Setiap diskusi tentang pro dan kontra pengujian hewan harus mengakui bahwa jenis penelitian hewan tertentu melibatkan menundukkan makhluk pada apa yang secara tepat dapat digambarkan sebagai penyiksaan. Menurut Humane Society International, hewan secara rutin dicekok paksa makan, dipaksa menghirup senyawa berbahaya, dilarang makan dan minum, ditahan secara fisik untuk waktu yang lama, dan dibakar; beberapa dari mereka dilaporkan bahkan lehernya patah dan dipenggal. Pada tahun 2010, Departemen Pertanian AS melaporkan bahwa hampir 100.000 hewan menderita sakit selama percobaan tanpa diberikan anestesi apapun. Ini juga merupakan praktik umum bagi mata hewan untuk dibuka dengan klip selama berjam-jam, bahkan berhari-hari, selama pengujian produk kosmetik.

Pro: Kemiripan dengan Manusia

Dengan munculnya biologi molekuler modern dan metode analitiknya, para ilmuwan sekarang dapat menghitung dengan tepat sejauh mana manusia mirip dengan hewan lain, secara genetik. Simpanse dan manusia berbagi 99 persen DNA mereka, dan bahkan tikus dan manusia memiliki 98 persen tumpang tindih di area ini. Semua mamalia memiliki organ internal esensial yang sama, dan semuanya menjadi korban penyakit umum yang sama, seperti penyakit jantung dan berbagai jenis kanker. Karena alasan ini, para ilmuwan dapat dengan percaya diri menerapkan hasil eksperimen medis lengkap pada hewan ke manusia dan lebih percaya diri ketika saatnya untuk bereksperimen pada manusia secara langsung dalam uji klinis.

Con: Kurangnya Penerapan

Salah satu argumen utama yang menentang pengujian pada hewan adalah bahwa hal itu hanyalah pemborosan energi dan sumber daya ilmiah, karena hasil pengujian yang dilakukan pada spesies lain seringkali tidak dapat diekstrapolasi secara andal ke manusia. Misalnya, dalam sebuah penelitian di Mayo Clinic oleh David Wiebers dan rekan-rekannya yang ditujukan untuk mengidentifikasi obat untuk mengobati stroke iskemik, para peneliti menemukan bahwa 25 senyawa yang mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh peristiwa semacam itu pada kucing, hewan pengerat, dan hewan lain tidak memiliki efek menguntungkan. apapun pada orang. Dan menurut ahli biologi sel Robin Lovell-Badge dari MRC National Institute for Medical Research di London, 94 persen obat yang lulus tes pada hewan gagal pada manusia. Sayangnya, dunia eksperimen hewan penuh dengan contoh-contoh seperti ini.

Alternatif untuk Pengujian Hewan

Seiring kemajuan teknologi, semakin sedikit kebutuhan akan eksperimen hewan. Gen manusia yang diklon menjadi mikroorganisme dapat menghasilkan hasil toksikologi yang lebih spesifik, misalnya, daripada hanya memberikan racun pada hewan. Sementara banyak penelitian ilmiah tidak dapat dilakukan secara memadai tanpa hewan, pengujian keamanan komersial, seperti oleh perusahaan kosmetik, semakin banyak dilakukan tanpa menggunakan hewan. Sementara itu, meningkatkan kesejahteraan hewan laboratorium, seperti menyediakan “lingkungan yang diperkaya” untuk tikus daripada mengurung mereka di kandang laboratorium tradisional, dapat sangat meringankan penderitaan hewan yang digunakan dalam penelitian.

Penerbitan Ingram/Penerbitan Ingram/Getty Images