Siklus Hidup Sifat Hiu

Hiu adalah beberapa makhluk tertua di planet ini. Menurut Laboratorium Penelitian Hiu Kanada, hiu telah hidup di perairan selama lebih dari 400 juta tahun. Itu jauh sebelum naik turunnya dinosaurus dan makhluk prasejarah lainnya.

Meskipun film mungkin menggambarkannya dengan cara yang menakutkan, hiu menawarkan keuntungan bagi planet ini dengan mengendalikan populasi kehidupan laut. Manusia juga mendapat manfaat dari produk dari ikan hiu, seperti ekstrak hati ikan hiu yang dapat digunakan sebagai oli mesin.

Dalam posting ini, kita membahas siklus hidup hiu, apakah hiu bertelur dan fakta hiu lainnya.

Fertilisasi dan Kehamilan

Telur hiu tetap berada di dalam betina, menunggu pembuahan. LookD.com menjelaskan bagaimana hiu jantan dapat membuahi sel telur dengan sirip perutnya, yang telah berkembang menjadi organ untuk mengantarkan sperma ke tubuh betina.

Ada tiga jenis hiu dan, dalam dua jenis ini, telurnya tetap berada di dalam induk hiu selama jangka waktu antara sembilan dan 22 bulan untuk masa kehamilan. Karena itu, banyak spesies hiu hanya melahirkan setiap dua tahun, jelas NOAA.

Kehamilan Dalam

Hiu vivipar, termasuk hiu martil dan hiu paus, melahirkan bayi hiu hidup, mirip dengan mamalia seperti manusia, alih-alih membuat hiu tersebut bertelur. Seperti embrio manusia, bayi hiu menerima nutrisi di dalam rahim dari tali pusar. Bayi hiu juga menerima oksigen dari aliran darah induk hiu melalui plasenta.

Hiu putih besar dan hiu macan adalah jenis hiu yang dikenal sebagai ovovivipar. Seperti hiu vivipar, telur yang telah dibuahi tetap berada di dalam induknya. Namun, telur ini juga menetas menjadi bayi hiu, atau anak anjing, di dalam induknya. Jadi sementara beberapa hiu memiliki telur di dalamnya, kami tidak mengatakan bahwa hiu tersebut bertelur .

Namun, tidak semua telur menetas dan bayi hiu akan memakan telur yang tidak dibuahi untuk mendapatkan kekuatan dan nutrisi. Beberapa bayi hiu bahkan mungkin memakan saudaranya setelah memakan telur yang tidak dibuahi. Hasilnya adalah serasah hiu kecil.

Inkubasi Eksternal

Situs web Enchanted Learning mengilustrasikan bagaimana hiu ovipar menyimpan telur ke laut daripada mengerami telur secara internal. Telur-telur ini memiliki selaput keras seperti kulit yang melindungi mereka dari pemangsa karena tidak ada induk yang menjaga telurnya. Karena itu, telur hiu rentan terhadap predator.

Telur ini mirip dengan telur ayam dan mengandung kuning telur kaya nutrisi yang memberi makan embrio. Telur hiu kucing memiliki sulur yang dengannya telur menempel di dasar laut atau dasar laut. Spesies hiu lain yang menyimpan telur hiu termasuk hiu zebra dan hiu tanduk.

Siklus Hidup Hiu Dimulai: Kelahiran

Seorang ibu hiu melahirkan bayi hiu yang dikenal sebagai anak anjing. Serasah hiu bisa sangat kecil dan beberapa spesies mungkin hanya melahirkan dua anak. Namun, tidak jarang serasah hiu mengandung antara sembilan dan 14 ekor anak. Spesies tertentu, seperti hiu biru dan hiu paus, diketahui memiliki anak sebanyak 100 anak.

Bayi hiu terlihat sangat mirip dengan hiu dewasa, hanya lebih kecil. Misalnya, anak hiu putih besar memiliki berat sekitar 40 pon saat lahir dan memiliki panjang empat hingga lima kaki.

Segera setelah lahir, anak hiu meninggalkan induknya dan bertahan hidup sendiri, kemungkinan karena ancaman serangan induk hiu. Anak anjing dapat bertahan hidup karena hiu mereka dilahirkan dengan pengetahuan bertahan hidup alami dan gigi yang lengkap.

Pertumbuhan

Sementara hiu dapat meninggalkan induknya, beberapa spesies tidak pergi jauh, seperti yang diilustrasikan oleh penelitian selama 14 tahun yang menjadi sampul jurnal “Molecular Ecology”.

Demian Chapman, seorang ilmuwan hiu dari Institute for Ocean Conservation Science di Stony Brook University, menjelaskan dalam artikel tersebut berapa banyak hiu lemon yang tinggal di dekat tempat lahir mereka selama masa “usia belasan” dan remaja mereka.

Karena itu, populasi hiu dapat menderita karena pembangunan pesisir membunuh bayi hiu dan hiu muda yang belum dewasa.

Masa dewasa

Banyak jenis hiu memiliki harapan hidup 20 hingga 30 tahun, dan beberapa spesies hiu membutuhkan waktu hingga 18 tahun untuk menjadi dewasa sepenuhnya. Hiu dewasa bervariasi dalam ukuran dan berat karena ada lebih dari 250 spesies hiu yang berbeda.

Jenis hiu terbesar, hiu paus, panjangnya bisa mencapai hampir 40 kaki sedangkan hiu terkecil, hiu kerdil, panjangnya hanya 10 inci.

gambar hiu oleh Timothy Lubcke dari Fotolia.com