Tumbuhan Apa yang Hidup di Laut Dalam?-

Tumbuhan adalah produsen utama yang penting di Bumi. Mereka adalah sumber makanan penting bagi hewan, ditambah mereka mengubah komposisi kimiawi udara dan banyak lingkungan berbasis air. Tumbuhan mendominasi lanskap terestrial dan juga dapat hidup jauh di lautan.

Produsen Utama

Produsen primer adalah organisme yang mampu mengubah cahaya anorganik atau energi kimia menjadi senyawa organik yang digunakan untuk pertumbuhan. Mayoritas produsen primer mengubah energi cahaya melalui proses yang disebut fotosintesis . Selama fotosintesis, energi cahaya dari matahari, karbon dioksida dan air diubah oleh sel menjadi glukosa untuk energi dan oksigen sebagai produk sampingan. Tumbuhan, alga, dan beberapa bakteri mengandalkan fotosintesis untuk pasokan energinya.

Zona Kelautan

Lautan secara luas dibagi menjadi tiga zona tergantung pada tingkat cahaya. Zona sinar matahari, atau eufotik , terbentang dari permukaan air hingga sekitar 656 kaki, di mana cukup cahaya untuk fotosintesis menembus air. Kedalaman tanaman laut dalam dapat bervariasi dengan tingkat cahaya di wilayah tersebut, sehingga di daerah tropis, tanaman ditemukan lebih jauh ke bawah di mana jarak pandang lebih tinggi dan zona eufotik lebih dalam.

Masih ada tingkat cahaya rendah yang memasuki zona senja, atau disfotik , yang membentang 656 hingga 3.280 kaki, tetapi biasanya tidak ada cukup cahaya untuk fotosintesis. Zona terdalam adalah zona tengah malam, atau afotik , di bawah 3.280 kaki di mana tidak ada cahaya dari matahari. Tanpa matahari untuk fotosintesis tanaman tidak dapat bertahan hidup.

Tumbuhan Laut Dalam

Tumbuhan vaskular berbunga utama yang hidup di lautan adalah lamun . Ada sekitar 72 spesies lamun yang berbeda di seluruh dunia, dan ini tersebar di antara empat famili. Lebih banyak yang diketahui tentang lamun yang lebih suka hidup di air dangkal atau payau dengan kedalaman kurang dari 49 kaki. Beberapa spesies tumbuhan laut langka ini telah dikumpulkan di kedalaman 475 kaki, meskipun menemukannya di bawah 164 kaki sangat tidak biasa.

Alga Oseanik

Di lautan, ganggang adalah produsen utama yang dominan. Karena kebutuhannya akan cahaya seperti tumbuhan, alga biasanya hidup sedalam zona eufotik. Mereka sering disebut sebagai tumbuhan karena mereka terlihat sebanding dan memainkan peran ekosistem yang serupa di lautan seperti yang dilakukan tumbuhan di darat, tetapi taksonominya beragam. Ada banyak spesies alga yang berbeda, dan ada banyak perdebatan mengenai apakah mereka semua memiliki nenek moyang evolusi yang sama.

Seperti tumbuhan, ganggang hijau (filum Chlorophyta) mengandung klorofil untuk fotosintesis. Tidak seperti tumbuhan, kelompok beragam lebih dari 7.000 spesies ini terutama hidup di air, baik di air tawar atau air asin. Banyak spesies uniseluler dan hidup sebagai sel tunggal di lautan. Spesies lain berkelompok secara longgar untuk membentuk koloni. Ganggang makroskopis yang lebih besar, sering disebut rumput laut, bersifat multiseluler dan lebih mirip tumbuhan, seperti selada laut biasa (​ Ulva​ spp.).

Alga merah (filum Rhodophyta) mengandung pigmen yang disebut phycoerythrin yang memantulkan cahaya merah, memberi mereka warna merah, dan menyerap cahaya biru. Cahaya biru dapat menembus air lebih dalam daripada cahaya merah. Hal ini memungkinkan beberapa spesies alga merah untuk hidup di tingkat atas zona disfotik di mana organisme fotosintesis lainnya tidak dapat bertahan.

Produsen Utama Lautan Dalam

Produsen utama zona laut dalam biasanya adalah bakteri. Hewan yang hidup di zona keras ini mengandalkan makan bakteri untuk bertahan hidup dengan cara yang sama seperti hewan bergantung pada tumbuhan di zona Bumi yang dapat diakses cahaya. Karena tidak ada cahaya untuk fotosintesis, bakteri ini harus menghasilkan energinya melalui metode lain yang disebut kemosintesis .

Untuk kemosintesis, bakteri mengoksidasi hidrogen sulfida, bahan kimia yang beracun bagi sebagian besar kehidupan di darat. Mereka mendapatkan hidrogen sulfida dari lubang hidrotermal laut dalam yang memuntahkan berbagai mineral dan logam berat pada suhu hingga 752 derajat Fahrenheit.

Viviana Delidaki/iStock/GettyImages