Bakteri Patogen di Tanah-

Patogen adalah mikroba yang menyebabkan penyakit pada inangnya. Sementara tanaman biasanya lebih takut pada jamur patogen tular tanah daripada penyakit bakteri tular tanah, berbagai bakteri patogen yang hidup di tanah juga menyebabkan penyakit pada tanaman. Ada terlalu banyak spesies patogen tanaman tanah untuk dicantumkan semuanya, tetapi berikut ini adalah beberapa spesies atau kelompok bakteri yang paling penting atau umum. Beberapa spesies bakteri di dalam tanah terbukti berbahaya atau bahkan mematikan bagi manusia.

Clostridium botulinum

1. botulinum adalah bakteri gram positif (yaitu bakteri yang teruji positif pada uji pewarnaan Gram) yang membentuk spora yang kuat dan tahan lama. Ketika spora menemukan kondisi yang tepat, mereka berkecambah dan mulai tumbuh. Mereka dapat menghasilkan protein mematikan yang disebut toksin botulinum, yang bekerja pada sistem saraf pada manusia dan mamalia lain untuk memblokir pelepasan neurotransmitter kunci yang disebut asetilkolin.
  2. Spora botulinum ditemukan di tanah dan air di banyak wilayah di seluruh dunia. Mereka bersifat anaerobik, yang berarti mereka hanya tumbuh tanpa adanya oksigen. Kondisi tanah yang asam menghambat pertumbuhan bakteri ini.

Namun, meskipun potensi bahayanya, bakteri ini juga memiliki manfaat bagi umat manusia. Meskipun C. botulinum kadang-kadang menyebabkan kasus fatal penyakit bawaan makanan yang disebut botulisme, toksin kuat yang dihasilkan oleh bakteri juga berguna untuk melumpuhkan jaringan otot pada manusia sebagai bagian dari berbagai prosedur medis atau kosmetik. Saat digunakan sebagai agen terapi, toksin botulinum dikenal dengan nama dagangnya, Botox.

Erwinia carotovora

1. carotovora adalah patogen yang sangat merusak yang menyebabkan penyakit pada berbagai tanaman, termasuk kentang dan sebagian besar sayuran berdaging lainnya. Bakteri gram negatif berbentuk batang ini dapat menyerang tanaman di lapangan atau saat disimpan. Hal ini membuat spesies ini sangat merugikan petani, karena dapat menyebar ke seluruh sayuran yang disimpan dan menghancurkan seluruh hasil panen.

SubspesiesE. carotovora carotovora bertahan dengan baik di tanah dan air permukaan; itu dapat tumbuh di zona akar dari banyak tanaman bukan inang lainnya atau bahkan spesies gulma, menyerang kentang atau tanaman rentan lainnya ketika ada kesempatan. Penyakit kentang umum yang disebabkan oleh E. carotovora termasuk blackleg, busuk batang udara dan busuk lunak umbi.

Kudis Streptomyces

Spesies bakteri ini adalah satu lagi yang memiliki dampak merugikan bagi petani. Streptomyces scabies adalah bakteri gram positif yang bersama dengan dua spesies Streptomyces lainnya ( S. acidiscabies dan S. turgidiscabies ) dapat menginfeksi kentang dan tanaman akar lainnya seperti bit, lobak, lobak, wortel, dan parsnip.

Ini tidak biasa karena saat tumbuh, sel membentuk filamen yang mirip dengan yang dibentuk oleh jamur – meskipun jauh lebih kecil. Filamen S. scabies kemudian dapat putus membentuk spora. Bakteri menyebar dengan menyerang jaringan muda yang segar dan masuk ke jaringan yang lebih tua melalui luka atau bukaan alami.

Spesies Xanthomonas

Xanthomonas adalah genus yang mencakup banyak patogen tanaman yang penting dan merusak. Tidak seperti beberapa bakteri patogen lainnya, sebagian besar anggota spesies ini tidak terbengkalai di dalam tanah untuk waktu yang lama. Meskipun sebagian besar tidak bertahan lama di tanah, beberapa spesies dapat bertahan hidup di tanah selama musim dingin dan menginfeksi tanaman baru di musim semi.

Seperti semua proteobakteri lainnya, mereka adalah gram negatif. Spesies X. campestris menyebabkan busuk hitam pada berbagai tanaman dan mungkin merupakan anggota genus yang paling penting secara ekonomi, meskipun merugikan. Seperti banyak spesies bakteri lainnya, ​X. campestris masih memiliki kepentingan ekonomi bagi manusia meskipun merugikan pertanian. Ironisnya, bakteri yang sama ditanam secara komersial untuk menghasilkan gom xanthan, bahan tambahan makanan yang umum.

Jupiterimages/Photos.com/Getty Images