Bentuk Daur Ulang Baru: Membuat Material yang Alami Penghancuran Diri

Sampah plastik, ponsel, dan bahan-bahan lain yang tidak dapat terurai menjadi jutaan ton sampah yang dibuang setiap hari. Tetapi para peneliti di Universitas Teknik di Munich, Universitas Stanford dan departemen penelitian dan pengembangan di seluruh dunia telah menemukan cara untuk membuat bahan yang dapat hancur sendiri, mengikuti rencana daur ulang alam.

Bahan Buatan Dibuat Agar Tahan Lama

Bahan bakar fosil dan minyak bumi telah menjadi produk andalan yang mencakup plastik, elektronik, kain, dan lainnya, dan biasanya tidak terurai seperti bahan yang terbuat dari sumber daya alam berbasis Bumi seperti:

• pohon
  • tanaman

Meskipun minyak bumi diciptakan oleh biodegradasi dinosaurus, ketika produsen mulai menggunakan minyak bumi untuk membuat plastik dan produk lainnya, mereka akhirnya menciptakan barang yang tidak bisa dihancurkan.

Bahan Penghancur Diri

Karena sebagian besar bahan buatan manusia biasanya stabil dan tidak bertukar molekul dengan lingkungannya, bahan tersebut pada dasarnya tidak dapat dihancurkan. Di alam, bahan organik tidak seimbang dan akan mulai terdegradasi tanpa masukan dari sumber yang membantu membangun kembali struktur seluler.

Siklus Hidup Bahan Penghancur Diri

Mengambil isyarat dari alam, para peneliti di Technical University di Munich telah menemukan cara untuk membuat bahan yang dapat hancur sendiri. Ketika produk-produk ini kekurangan sumber energi, seperti adenosin trifosfat – koenzim yang digunakan tubuh manusia untuk mengubah glukosa dari lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi – bahan penghancur diri baru ini mulai rusak, dengan cara yang sama. bahwa alam mengurai bahan organik. Tanpa sumber energi, seperti halnya di alam, bahan-bahan buatan manusia ini mulai mati.

Penggunaan Material yang Merusak Diri Sendiri

Para ilmuwan di Universitas Stanford telah mengembangkan kayu tiruan yang terbuat dari plastik biodegradable. Plastik biodegradable dapat menggantikan plastik yang tidak dapat dihancurkan, dan kayunya dapat digunakan untuk membuat bahan bangunan, elektronik yang dapat terurai secara hayati, dan bahkan botol plastik yang dapat terurai. Hampir semua produk yang dibuat dengan komponen yang tidak dapat dihancurkan dapat dibuat dari bahan baru ini.

Aplikasi Medis

Dengan membuat bahan yang dapat merusak diri sendiri atau terurai menjadi blok bangunan aslinya, para insinyur dan peneliti mendalilkan bahwa mereka dapat membuat kerangka kerja untuk pengiriman obat dan jangkar transplantasi. Para peneliti di UCLA juga telah mengembangkan hidrogel yang menciptakan perancah untuk memungkinkan luka sembuh dan jaringan beregenerasi saat struktur terurai. Hidrogel mempromosikan regenerasi cepat yang memungkinkan luka dan cangkok kulit, di antara kegunaan medis lainnya, untuk sembuh lebih cepat.

Bahan Buatan Manusia dan Kesehatan Lingkungan

Surat kabar online, The Guardian, menyatakan dalam artikel Januari 2017 bahwa, “konsumsi tahunan botol plastik ditetapkan menjadi setengah triliun teratas pada tahun 2021, jauh melampaui upaya daur ulang dan membahayakan lautan, garis pantai, dan lingkungan lainnya.” Mengklaim dunia itu” Kecanduan plastik lebih berbahaya daripada perubahan iklim, plastik berdampak negatif bagi kesehatan lingkungan Bumi dan lautan. Artikel tersebut juga menyatakan bahwa satu juta botol plastik dibeli setiap menit, yang mengarah pada krisis lingkungan ini. Menambah masalah, hanya setengah dari semua plastik yang dibeli yang pernah didaur ulang.

Apa Artinya Semua Itu

Bahan-bahan yang rusak dengan sendirinya dapat mulai meringankan krisis lingkungan yang sedang berkembang yang mengancam untuk mengambil alih lautan dan tempat pembuangan sampah kita. Dengan mengembangkan produk yang dapat terdegradasi sendiri, plastik dan bahan kimia berbahaya tidak akan lagi memengaruhi biosfer Bumi. Dengan tidak menambah masalah polusi yang sudah ada, para ilmuwan mungkin dapat mengembangkan metode yang lebih murah untuk mengumpulkan dan mendaur ulang plastik berbahan dasar minyak bumi untuk kegunaan lain. Dalam jangka panjang, cara menghilangkan plastik dan masalah polusi lainnya dimulai dengan mendaur ulang di rumah, kantor, dan sekolah.

GRAZVYDAS/iStock/GettyImages