Daftar 10 Fakta Singkat Tentang Neptunus-

Neptunus, sebuah planet yang gelap dan dingin, dianggap ada sebelum penemuannya karena orbit planet lain, Uranus, dipengaruhi oleh tarikan gravitasi benda angkasa besar lain yang ternyata adalah Neptunus. Neptunus pertama kali dilihat oleh Galle dan d’Arrest pada tahun 1846.

Lokasi Neptunus

Neptunus adalah planet kedelapan dari matahari dan paling jauh dari Bumi. Pada titik terdekatnya dengan Bumi, jaraknya sekitar 2,77 miliar mil.

Neptunus Tampak Biru

Neptunus tampak biru bagi pengamat, sebagian karena fakta bahwa gas metana di Neptunus menyerap cahaya merah. Namun, penyerapan ini tidak menjelaskan warna biru secara lengkap dan ilmuwan belum mengetahui faktor lain apa yang berperan.

Komposisi Neptunus

Neptunus adalah raksasa gas yang terutama terdiri dari distribusi gas yang seragam, seperti hidrogen dan helium. Diyakini bahwa Neptunus memiliki inti padat kecil seukuran Bumi.

Ukuran Orbit Neptunus

Orbit Neptunus cukup besar; itu mencakup 2.795.173.960 mil.

Suhu Neptunus

Neptunus adalah planet yang dingin, tidak ramah bagi manusia. Suhu efektif di Neptunus minus 353 derajat Fahrenheit.

Angin di Neptunus

Angin di Neptunus bertiup dengan kecepatan supersonik. Kecepatan angin Neptunus diperkirakan hampir 1.243 mil per jam, lebih cepat daripada angin yang diukur di planet lain mana pun.

Neptunus Memiliki Cincin

Ditemukan pada 1980-an, cincin materi mengorbit Neptunus. Tidak diketahui bahan apa yang membentuk cincin itu. Salah satu cincin memiliki tampilan bengkok yang tidak biasa. Semua cincin telah diberi nama. Beberapa nama adalah Lassell, Adams, Galle dan Leverrier.

Panas Neptunus

Neptunus menghasilkan panas dari sumber internal. Panas yang dihasilkan oleh Neptunus lebih dari dua kali lipat panas yang didapat dari matahari.

Bintik-bintik Neptunus

Seperti Jupiter, Neptunus mengalami badai besar yang datang dan pergi. Mereka muncul sebagai bintik-bintik di permukaan Neptunus dan diduga muncul karena perbedaan suhu berbagai lapisan atmosfer Neptunus.

Neptunus Memiliki Bulan