Dampak Manusia pada Atmosfer Bumi-

Seperti anak-anak yang bermain di lumpur, manusia telah mengotori atmosfer dan lingkungan Bumi dengan berbagai cara. Revolusi Industri memicu kemajuan besar dalam teknologi dan pengembangan, tetapi hal itu menyebabkan polusi udara dan kontaminan dilepaskan ke udara. Dampak manusia terhadap atmosfer dan iklim Bumi tetap menjadi isu utama dalam politik ekologi saat ini, dan menghadirkan masalah yang dapat mengancam planet ini selama bertahun-tahun.

TL;DR (Terlalu Panjang; Tidak Dibaca)

Bahkan jika manusia berhenti mencemari atmosfer dengan mengurangi pelepasan karbon dioksida sekarang, masih diperlukan waktu lebih dari satu abad sebelum udara bersih. Polusi atmosfer mempengaruhi Bumi untuk jangka panjang. Polusi akan bertahan jauh melampaui manusia yang hidup di planet ini saat ini.

Gas-gas rumah kaca

Gas rumah kaca, seperti karbon dioksida dan metana, berkontribusi terhadap efek rumah kaca, yang menyebabkan atmosfer memerangkap panas, membuat suhu naik di lautan dan di planet ini. Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS, konsentrasi karbon dioksida di atmosfer telah meningkat sebesar 38 persen sejak 1750, sementara konsentrasi metana telah meningkat 148 persen selama periode yang sama. Sebagian besar ilmuwan mengaitkan peningkatan ini dengan meluasnya pembakaran bahan bakar fosil.

Lapisan Ozon Menipis

Lapisan ozon, penutup pelindung atmosfer, membantu memblokir radiasi ultraviolet. Pada Mei 1985, para ilmuwan dari Survei Antartika Inggris menemukan bahwa ada sesuatu yang merusak molekul ozon di atas Antartika. Studi tentang masalah ini melacak kerusakan pada klorofluorokarbon dan bahan kimia perusak ozon lainnya, dan pada tahun 1987, negara-negara di seluruh dunia menandatangani Protokol Montreal untuk menghentikan penggunaan CFC. CFC termasuk bahan kimia yang biasanya ditemukan dalam semprotan aerosol, dalam zat pendingin yang digunakan dalam AC dan dalam bahan peniup untuk busa dan bahan pengemas lainnya.

Polusi udara

Manusia juga mempengaruhi atmosfer secara lokal melalui polusi udara. Senyawa yang dilepaskan oleh pembakaran bahan bakar fosil sering membuat molekul ozon di permukaan tanah. Ini menimbulkan ancaman bagi orang-orang dengan kesulitan bernapas, dan dapat merusak paru-paru dengan paparan jangka panjang. EPA secara teratur menerbitkan peringatan kualitas udara untuk daerah yang terkena dampak, dan menyarankan orang dengan kesulitan bernapas atau kepekaan lingkungan untuk tetap berada di dalam rumah pada hari-hari di mana konsentrasi ozon paling tinggi.

Efek jangka panjang

Bahkan setelah melarang bahan kimia tertentu atau membersihkan udara, perlu waktu untuk memulihkan atmosfer. Meskipun CFC dilarang di AS pada tahun 1985, molekulnya hidup lama di atmosfer. Survei Antartika Inggris memperkirakan bahwa lubang di lapisan ozon dapat memakan waktu hingga 50 tahun untuk menghilang, asalkan tidak ada ancaman baru terhadap ozon yang berperan.

Dengan cara yang sama, ekosistem bumi menyerap kembali karbon dioksida dari atmosfer dengan sangat lambat, yang berarti bahkan menstabilkan tingkat keluaran CO2 mungkin tidak cukup untuk mencegah perubahan besar di atmosfer. Studi oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim menunjukkan bahwa bahkan jika manusia mengurangi tingkat produksi karbon hingga 50 persen, Bumi masih akan melihat peningkatan bersih karbon dioksida di atmosfer selama abad berikutnya karena perubahan yang sudah terjadi.

HotPhotoPie/iStock/GettyImages