Fakta Tentang Planet Neptunus-

Tak terlihat tanpa teleskop, planet Neptunus ditemukan pada tahun 1846 oleh Johann G. Galle, direktur Observatorium Urania di Berlin, Jerman. Matematika memperkirakan lokasinya. Karena planet Uranus tidak selalu berada dalam posisi yang diperkirakan, matematikawan menghitung bahwa tarikan gravitasi dari planet yang lebih jauh menyebabkan anomali tersebut.

Dasar

Dengan diameter 30.775 mil, Neptunus adalah planet kedelapan dan terakhir dari tata surya kita, setelah Pluto diturunkan statusnya menjadi planetoid. Jaraknya sekitar 2,7 miliar mil dari Matahari, memiliki hari yang berlangsung sekitar 16 jam dan mengorbit setiap 165 tahun sekali.

Keterangan

Dinamai dewa lautan Romawi karena warnanya yang biru, Neptunus tidak memiliki permukaan padat. Sebaliknya, awan hidrogen, helium, dan metana berputar hingga 700 mil per jam di sekitar inti cairan dan batuan. Kemiringan planet sebesar 28 derajat dari garis tegak lurus menghasilkan perubahan suhu musiman dengan suhu awan berkisar antara -240 derajat hingga -330 derajat Fahrenheit. Sistem cuaca gelap ditemukan pada tahun 1989 tetapi menghilang pada tahun 1994.

Satelit

Planet ini memiliki 13 satelit yang diketahui. Yang terbesar adalah Triton dengan diameter 1.350 mil, yang memiliki atmosfer tipis dan pada suhu -391 derajat Fahrenheit, permukaan yang lebih dingin daripada yang ada di tata surya. Bulan ini adalah satu-satunya bulan besar yang mengorbit dalam gerakan retrograde–yaitu berlawanan arah dengan rotasi planet. Permukaannya diyakini merupakan campuran batu, dan es metana dan nitrogen, dengan gunung berapi menyemburkan gumpalan nitrogen cair, metana, dan debu.

Dering

Beberapa cincin samar mengelilingi planet ini. Cincin terluar, Adams, berjarak sekitar 39.000 mil dari pusat Neptunus dan berisi tiga busur terkemuka bernama Liberty, Equality and Fraternity (moto revolusi Prancis). Bulan terdekat Galatea diyakini bertanggung jawab untuk membentuk struktur ini.

Pelayaran 2

Sebagian besar informasi planet kita di Neptunus berasal dari Voyager 2 , yang diluncurkan pada tahun 1977, terbang melewati planet tersebut pada tahun 1989 dan saat ini menuju ke ruang antarbintang. Wahana antariksa melewati sedekat 3.000 mil ke kutub utara planet dan menemukan fakta cuaca dan permukaan Neptunus dan Triton, enam bulan tambahan dan tiga cincin baru. Ia juga menemukan bahwa medan magnet secara aneh dimiringkan 47 derajat dari sumbu planet dan diimbangi setengah radius dari pusat planet.

Neptunus, milik NASA