Hewan di Ekosistem Mangrove-

Apa itu rawa mangrove? Rawa bakau adalah ekosistem yang unik dan penting yang digunakan oleh berbagai spesies hewan yang berbeda. Habitat bakau, yang ditemukan di daerah pesisir di seluruh daerah tropis, berfungsi sebagai pembibitan bagi ratusan spesies ikan dan berfungsi sebagai tempat mencari makan bagi burung, ikan, reptil, dan mamalia.

Ekosistem Mangrove

Photos.com/Photos.com/Getty Images

Berdasarkan satu-satunya tanaman yang dapat tumbuh langsung di air asin, tidak ada ekosistem lain yang meniru bioma bakau. Pohon bakau tumbuh pada akar kaku yang dirancang untuk menahan banjir harian dan tanah yang kekurangan oksigen di lingkungan air asin. Adaptasi bakau memungkinkan jenis pohon ini sendirian menciptakan seluruh ekosistem, mengumpulkan sedimen, membentuk lahan baru, dan mendukung banyak spesies hewan dalam prosesnya.

Hewan Mangrove: Burung

Burung memanfaatkan pohon rawa bakau untuk bersarang dan mencari makan di perairan sekitarnya yang kaya. Burung pemangsa, seperti osprey dan elang botak, menangkap ikan dan terkadang hewan kecil. Burung pengarung seperti bangau dan kuntul berjingkat-jingkat melewati perairan dangkal, menjulurkan leher panjang mereka untuk menangkap ikan kecil yang bersembunyi di antara akar. Spesies lain, seperti ibis sendok dan ibis, menggunakan paruhnya untuk merasakan di bawah lumpur untuk mencari kepiting, udang, dan mangsa lainnya yang terendam.

Beberapa spesies burung hidup hampir secara eksklusif di habitat bakau. Misalnya, Mangrove Cuckoo yang langka hanya hidup di hutan bakau di Karibia dan Florida selatan. Para peneliti baru saja mempelajari lebih lanjut tentang burung ini melalui penelitian. Sulit untuk mempelajari spesies ini karena tidak terlalu vokal dan bersembunyi jauh di dalam cabang hutan bakau yang lebat.

Hewan Mangrove: Ikan

Spesies ikan yang berbeda hidup dalam sistem bakau yang berbeda di seluruh dunia. Ikan dewasa yang lebih besar hidup di dalam dan di antara sistem bakau, mencari ikan yang lebih kecil dan invertebrata untuk dimangsa. Ikan muda berlindung di bawah akar rawa bakau yang lebat, bersembunyi dari pengawasan predator. Bahkan, begitu banyak spesies ikan muda yang memanfaatkan mangrove untuk bertahan hidup dan menghindari predator sehingga para ilmuwan menyebut mangrove sebagai tempat pembibitan ikan.

Beberapa spesies ikan yang mungkin Anda temukan di habitat mangrove antara lain kakap, kepala domba, kerapu, tarpon, gar dan gendang merah. Banyak spesies terancam atau hampir punah juga bergantung pada hutan bakau untuk sebagian besar atau sebagian dari umur mereka, termasuk kerapu goliath dan ikan kakatua pelangi. Selain itu, banyak spesies penting secara komersial, seperti kepiting biru, juga bergantung pada hutan bakau untuk bertahan hidup.

Hewan Mangrove: Mamalia

Saat Anda membayangkan hutan bakau, kemungkinan besar Anda membayangkan ekosistem perairan yang dibanjiri air laut dan penuh dengan ikan. Namun, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa banyak mamalia yang berbeda menggunakan hutan bakau untuk mencari makan. Berang-berang sungai yang suka bermain cukup betah di dalam air dan telah menguasai seni menangkap ikan dan krustasea. Rakun juga menangkap krustasea yang tersesat, mengarungi perairan dangkal menggunakan kaki sensitifnya untuk menemukan kepiting dan invertebrata lainnya di bawah lumpur.

Predator yang lebih besar, seperti beruang hitam dan macan kumbang Florida, juga tersebar di seluruh sistem bakau. Faktanya, para peneliti jarang menemukan 50-60 macan kumbang Florida yang tersisa di luar sistem bakau! Kucing yang terancam punah ini sangat bergantung pada rawa bakau, dan perusakan habitat merupakan ancaman terbesar bagi kelangsungan kelangsungan hidupnya.

Hewan Mangrove: Reptil dan Amfibi

Aligator dan buaya di seluruh dunia memanfaatkan habitat bakau. Banyak spesies sangat bergantung pada mangrove untuk bertahan hidup, baik sebagai tempat mencari makan maupun tempat yang aman bagi keturunannya untuk bersembunyi dari pemangsa. Misalnya, Dinas Perikanan dan Satwa Liar Amerika Serikat mengakui rawa bakau sebagai habitat penting bagi buaya Amerika yang sulit ditangkap.

Ular juga hidup di habitat unik ini. Beberapa spesies ular, seperti ular air dan mokasin, mencari ikan kecil di air sementara yang lain mencari mangsa di puncak pohon. Kadal dan katak sering bergabung dengan mereka di puncak pohon, meskipun katak amfibi tidak menjelajah air asin di bawah. Penyu juga mengandalkan mangrove sebagai pembibitan, menggunakan vegetasi sebagai tempat berlindung dan tempat mencari makan saat mereka masih muda dan rentan.

Jupiterimages/Photos.com/Getty Images