Ilmuwan Telah Menemukan Bentuk Baru – Dan Ini Cukup Aneh-

Bentuk apa yang memiliki bagian atas heksagonal, bagian bawah segi lima, dan segitiga di sisinya?

Jika Anda mengatakan scutoid, kami akan … yah, kami akan sangat terkejut. Tapi kamu benar!

Minggu ini, sekelompok ilmuwan dari Spanyol, London, dan AS meluncurkan scutoid , bentuk delapan sisi baru. Dengan segi enam di satu sisi dan segi lima di sisi lainnya, scutoid terlihat seperti prisma dengan salah satu sudutnya terpotong – atau seperti prisma bengkok, tergantung siapa yang Anda tanya.

Lebih dari sekadar bentuk geometris teoretis, scutoid ada di seluruh alam – bahkan di tubuh Anda sendiri. Baca terus untuk mengetahui bagaimana bentuk baru ini membantu menjelaskan mengapa beberapa jaringan kita terlihat seperti itu, dan bagaimana penemuan tersebut bahkan dapat meluncurkan penemuan medis baru.

Bagaimana para ilmuwan menemukan bentuknya?

Pencarian tim peneliti untuk scutoid dimulai di tempat yang mengejutkan: biologi. Lebih tepatnya, tim peneliti mulai memahami bagaimana sel-sel hewan dapat tumbuh untuk menciptakan struktur yang rumit dan melengkung seperti yang kita lihat di alam – misalnya lekukan punggung kumbang.

Tidak bisa membayangkannya? Pikirkan batu-batu yang membentuk pintu melengkung. Batu-batu di sisi gapura dapat memiliki bentuk yang sederhana, karena batu-batu tersebut dapat ditumpuk rata satu sama lain untuk lurus ke atas dan ke bawah. Tetapi batu di bagian atas membutuhkan bentuk yang lebih kompleks – berbentuk baji, dengan bagian atas yang lebih panjang dan bagian bawah yang lebih pendek – untuk membuat lengkungan yang sebenarnya.

Salem Al-foraih/Momen/GettyImages

Prinsip yang sama berlaku untuk sel. Sementara satu lapisan sel mungkin dapat berbaring rata – misalnya, lapisan luar sel pada kulit Anda, atau sel yang tumbuh rata di atas piring di laboratorium – sebagian besar struktur di alam lebih kompleks . Jadi mereka membutuhkan bentuk sel yang lebih kompleks untuk membuatnya.

Mengetahui bahwa beberapa jenis sel akan menjelaskan struktur kompleks seperti kelenjar ludah, para peneliti menggunakan pemodelan komputer untuk mengidentifikasi beberapa kandidat – dan dengan demikian, lahirlah scutoid.

Ketika para peneliti kemudian mencari scutoids di alam, mereka menemukannya. Scutoid membentuk bagian dari kelenjar ludah – sebuah struktur di mana sel harus diatur untuk membentuk tabung berlubang – dan para peneliti menemukan sel berbentuk scutoid dalam jaringan lalat buah yang sedang berkembang dan dewasa.

Tidak mengherankan, bentuk scutoid terkonsentrasi di area di mana jaringan melengkung – tetapi tidak ditemukan di jaringan yang rata.

Penemuan scutoid memiliki implikasi dunia nyata

Meskipun mudah untuk menganggap pemodelan geometris 3-D sebagai teoretis – hei, rapi, kami tahu mengapa kelenjar ludah terlihat seperti itu! – bisa menjadi terobosan untuk penelitian kesehatan.

Para ilmuwan selalu mencari cara untuk menumbuhkan jaringan yang lebih realistis di laboratorium, karena hal itu memungkinkan peneliti melakukan eksperimen dalam kondisi “mirip manusia” tanpa biaya (atau potensi masalah etika) untuk bereksperimen pada hewan. Mempelajari lebih banyak tentang bagaimana sel diatur dapat membantu peneliti kesehatan merancang eksperimen yang lebih realistis. Itu juga memungkinkan para ilmuwan menumbuhkan organ dan jaringan yang lebih baik di laboratorium, membantu membuka jalan bagi transplantasi organ yang dikembangkan di laboratorium di masa depan.

Garis bawah? Perhatikan dalam matematika. Suatu hari nanti, keterampilan geometri itu mungkin menyelamatkan nyawa!

Luisma Escuedero/Universidad de Sevilla