Karakteristik Enam Kerajaan Organisme-

Dari bakteri terkecil hingga paus biru terbesar, semua organisme hidup diklasifikasikan berdasarkan karakteristiknya. Ahli biologi Carolus Linnaeus pertama kali mengelompokkan organisme menjadi dua kerajaan, tumbuhan dan hewan, pada tahun 1700-an. Namun, kemajuan ilmu pengetahuan seperti penemuan mikroskop yang kuat telah meningkatkan jumlah kerajaan. Sekarang ada enam kerajaan yang diterima secara umum. Setiap kerajaan mencakup satu set organisme yang memiliki karakteristik serupa. Organisme di setiap Kerajaan dianggap berbeda secara biologis dari yang lain. Keenam Kingdom tersebut adalah: Archaebacteria, Eubacteria, Fungi, Protista, Tumbuhan dan Hewan.

Archaebacteria

Archaebacteria adalah tambahan terbaru ke kerajaan organisme. Keberadaan mereka tidak ditemukan sampai tahun 1980-an. Namun, Archaebacteria adalah organisme hidup tertua yang diketahui. Mereka bersel tunggal dan tumbuh subur di air mendidih yang sangat panas yang ditemukan di lingkungan seperti lubang panas vulkanik di lautan dan mata air panas seperti geyser di Yellowstone Park. Beberapa spesies juga hidup di lingkungan yang sangat asin seperti Laut Mati dan The Great Salt Lake.

Eubacteria

Eubacteria juga merupakan organisme bakteri bersel tunggal. Kerajaan ini membuat sebagian besar bakteri di dunia. Eubacteria sangat umum dan kita kenal sebagai parasit seperti Streptococci yang menyebabkan radang tenggorokan. Namun, bakteri ini juga membantu menghasilkan banyak antibiotik, vitamin, dan yogurt.

Jamur

Kerajaan Jamur dikenali oleh kita sebagai jamur, jamur, jamur dan ragi. Berbeda dengan organisme di kerajaan Archaebacteria dan Eubacteria, Jamur adalah organisme bersel banyak. Ilmuwan awal mengklasifikasikan jamur dan jamur lain di kerajaan Tumbuhan tetapi mereka tidak menghasilkan makanan sendiri seperti tumbuhan.

Protista

Protista atau Protozoa adalah organisme bersel tunggal, tetapi lebih kompleks daripada bakteri bersel tunggal. Kerajaan Protista termasuk ganggang dan jamur lendir. Organisme mikroskopis apa pun yang tidak termasuk dalam kerajaan bakteri, jamur, tumbuhan atau hewan dianggap sebagai bagian dari kerajaan Protista.

Tanaman

Kerajaan Tumbuhan atau Plantae mencakup semua tanaman berbunga, lumut, dan pakis. Tumbuhan adalah organisme bersel banyak, kompleks dan dianggap Autotrof. Ini berarti bahwa tanaman membuat makanan mereka sendiri melalui fotosintesis. Kerajaan Tumbuhan dianggap yang terbesar kedua dengan lebih dari 25.000 spesies yang diketahui.

Hewan

Kingdom organisme terbesar adalah Animal atau Animalia kingdom. Kerajaan ini terdiri dari organisme multisel yang kompleks mulai dari koloni spons laut hingga gajah. Semua organisme di kerajaan Hewan adalah Heterotrof artinya, tidak seperti tumbuhan yang menghasilkan makanannya sendiri, hewan memakan organisme lain. Kerajaan Hewan adalah yang terbesar di dunia dengan lebih dari satu juta spesies yang diketahui.

Usercce650b4_975/iStock/GettyImages