Klasifikasi Ekosistem Laut-

Istilah “ekosistem†mengacu pada semua unsur hidup dan tak hidup dari lingkungan alam, termasuk namun tidak terbatas pada air, sinar matahari, batu, pasir, tumbuh-tumbuhan, mikroorganisme, serangga, dan satwa liar. Ekosistem laut merupakan ekosistem perairan yang perairannya memiliki kandungan garam yang tinggi. Dari semua jenis ekosistem di planet ini, ekosistem laut adalah yang paling umum. Mereka penuh dengan kehidupan, menyediakan hampir setengah dari oksigen Bumi dan rumah bagi beragam spesies. Ilmuwan umumnya mengklasifikasikan ekosistem laut menjadi enam kategori utama; namun, label tidak selalu didefinisikan dengan jelas, sehingga beberapa kategori mungkin tumpang tindih atau menyelimuti kategori lainnya. Juga, dalam setiap kategori luas, sub-kategori khusus yang lebih kecil mungkin ada, misalnya zona pesisir dan ventilasi hidrotermal.

Ekosistem Laut Terbuka

Hal pertama yang terpikir oleh banyak orang ketika mendengar istilah “ekosistem laut” adalah lautan terbuka, yang memang merupakan salah satu jenis utama ekosistem laut. Kategori ini mencakup jenis biota laut yang mengapung atau berenang, seperti alga, plankton, ubur-ubur, dan paus. Banyak makhluk yang hidup di lautan terbuka menghuni lapisan atas lautan tempat sinar matahari menembus. Ini dikenal sebagai zona eufotik dan meluas hingga kedalaman sekitar 150 meter (500 kaki).

Ekosistem Dasar Laut

Kehidupan laut tidak hanya ada di perairan laut terbuka, tetapi juga di dasarnya. Spesies yang hidup di ekosistem ini antara lain jenis ikan tertentu, krustasea, kerang, tiram, cacing, bulu babi, rumput laut dan organisme yang lebih kecil. Di perairan dangkal, sinar matahari dapat menembus hingga ke dasar. Namun, pada kedalaman yang lebih dalam, sinar matahari tidak dapat menembus, dan organisme yang menghuni perairan dalam ini bergantung pada penenggelaman bahan organik di atasnya untuk bertahan hidup. Banyak organisme seperti itu berukuran kecil dan menghasilkan cahayanya sendiri untuk menemukan atau menarik sumber makanan.

Ekosistem Terumbu Karang

Terumbu karang adalah subtipe khusus ekosistem dasar laut. Hanya ditemukan di perairan tropis yang hangat dan pada kedalaman yang relatif dangkal, terumbu karang merupakan salah satu ekosistem paling produktif di planet ini. Sekitar seperempat spesies laut bergantung pada terumbu karang untuk makanan, tempat tinggal, atau keduanya. Sementara terumbu karang terkenal untuk menarik ikan eksotis berwarna cerah, sejumlah besar spesies lain – siput, bunga karang dan kuda laut, untuk beberapa nama – menghuni terumbu karang. Terumbu itu sendiri diproduksi oleh hewan sederhana yang membangun kerangka luar di sekelilingnya.

Ekosistem Muara

Istilah “muara†biasanya menggambarkan daerah muara sungai yang dangkal dan terlindung di mana air tawar bercampur dengan air asin saat memasuki laut, meskipun istilah tersebut juga dapat merujuk ke daerah lain dengan air payau yang mengalir, seperti laguna atau rawa. Tingkat salinitas bervariasi dengan pasang surut dan volume aliran keluar dari sungai. Organisme yang menghuni muara secara khusus beradaptasi dengan kondisi yang berbeda ini; karenanya, keragaman spesies cenderung lebih rendah daripada di lautan terbuka. Namun, spesies yang umumnya mendiami ekosistem tetangga terkadang dapat ditemukan di muara. Muara juga memiliki fungsi penting sebagai pembibitan berbagai jenis ikan dan udang.

Ekosistem Muara Lahan Basah Air Asin

Ditemukan di daerah pesisir, lahan basah air asin dapat dianggap sebagai jenis muara khusus, karena juga terdiri dari zona transisi antara darat dan laut. Lahan basah ini dapat dibagi menjadi dua kategori: rawa air asin dan rawa asin. Rawa dan rawa berbeda karena yang pertama didominasi oleh pepohonan sedangkan yang kedua didominasi oleh rerumputan atau alang-alang. Ikan, kerang, amfibi, reptil, dan burung dapat hidup atau secara musiman bermigrasi ke lahan basah. Selain itu, lahan basah berfungsi sebagai penghalang pelindung ekosistem pedalaman, karena menyediakan penyangga dari gelombang badai.

Ekosistem Mangrove

Beberapa daerah pesisir tropis dan subtropis adalah rumah bagi jenis rawa air asin khusus yang dikenal sebagai bakau. Mangrove dapat dianggap sebagai bagian dari ekosistem pantai atau ekosistem muara. Rawa bakau dicirikan oleh pohon yang mentolerir lingkungan asin, yang sistem akarnya menjulur di atas garis air untuk mendapatkan oksigen, menghadirkan jaring seperti labirin. Mangrove memiliki keanekaragaman hayati yang luas, termasuk spons, udang, kepiting, ubur-ubur, ikan, burung, dan bahkan buaya.

Gambar Stockbyte/Stockbyte/Getty