Mengapa Hiu Paus Penting bagi Ekosistem Kita?-

Hiu paus adalah ikan terbesar di dunia dan panjangnya bisa lebih dari 40 kaki. Mereka ditemukan di lautan hangat di seluruh dunia. Mereka adalah spesies jinak yang memakan plankton dan makhluk laut kecil lainnya. Para ilmuwan tidak yakin apa yang akan terjadi jika mereka punah.

Keterangan

Hiu paus memiliki tubuh ramping, kepala pipih, insang besar, dan mulut lebar di dekat bagian depan moncong. Kulit mereka berkisar antara abu-abu dan coklat dan menampilkan bintik-bintik putih dan garis-garis pucat dengan pola seperti papan catur. Perut mereka berwarna putih. Dua sirip punggungnya terletak di dekat bagian belakang tubuh panjang yang berakhir di sirip ekor atau ekor yang terbagi menjadi dua cuping.

Distribusi dan Habitat

Hiu paus lebih menyukai air hangat antara 68,9 derajat dan 86 derajat Fahrenheit. Mereka ditemukan di sebagian besar laut beriklim tropis dan hangat di dunia kecuali Mediterania. Mereka ditemukan di Samudra Pasifik dari Chili hingga California, dari Jepang hingga Australia, dan lepas pantai Hawaii. Di Atlantik, mereka ditemukan dari New York hingga Brasil dan dari Teluk Guinea hingga Senegal, Afrika. Di wilayah Samudra Hindia, mereka ditemukan dari Laut Merah hingga Teluk Arab.

Makanan

Meskipun merupakan ikan terbesar di dunia, hiu paus memakan hewan dan tumbuhan kecil termasuk plankton, krustasea kecil, tuna, dan cumi-cumi. Filter hiu paus memberi makan dengan membuka mulutnya, mendorong keluar rahangnya dan menyedot air. Hiu paus kemudian menutup mulutnya dan membiarkan air melewati insang. Di sela-sela membuka mulutnya dan membuka insangnya, hewan-hewan kecil terperangkap oleh struktur mirip saringan yang dibentuk oleh sisik mirip gigi di mulut yang disebut dentikel.

Jaringan makanan

Hiu adalah predator tingkat atas, atau predator yang tidak memiliki predator lain sendiri. Para ilmuwan telah mengamati bahwa ketika pemangsa tingkat atas hilang dari suatu ekosistem, populasi hewan pemangsa pemangsa itu membengkak dengan cepat. Populasi terkadang menjadi sangat besar sehingga hewan mangsa segera menghabiskan persediaan makanannya. Sangat sulit untuk melakukan penelitian tentang peran hiu dalam ekosistem sehingga para ilmuwan tidak yakin apa yang akan terjadi jika hiu punah. Namun, para ilmuwan berteori bahwa jika hiu putih besar punah, mungkin akan ada peningkatan jumlah anjing laut, singa laut, dan paus kecil. Jika hiu paus punah, kemungkinan terjadi peningkatan jumlah plankton. Namun, plankton juga dimakan oleh beberapa spesies ikan paus.

Comstock/Comstock/Getty Images