Topik Makalah Penelitian Lingkungan & Air-

“Planet ini dalam kesulitan,” menurut Al Gore, dan pernyataannya mencerminkan tanggung jawab kita untuk menjaga lingkungan dan kelangsungan pasokan air kita. Mungkin tidak ada tugas yang lebih penting daripada membumikan siswa kita dalam tanggung jawab ini. Oleh karena itu, makalah penelitian yang menciptakan kesadaran ekologis siswa sangat penting, dan topik untuk makalah tersebut harus menciptakan dan mendorong warga negara yang peduli tentang sumber daya alam kita.

Pemanasan Global: Hoax atau Kebenaran?

Perdebatan tentang pemanasan global masih menjadi salah satu topik yang paling diperdebatkan dalam beberapa tahun terakhir. Apakah itu nyata atau hanya berdasarkan pengamatan musiman atau anekdot? Topik makalah penelitian yang berharga dapat menjawab pertanyaan ini, mencoba membuktikan pemanasan global sebagai masalah yang layak atau menyanggahnya sebagai ketakutan “Chicken Little”. Either way, siswa Anda akan menemukan spektrum bukti yang mendukung pandangan dan bahan penelitian yang baik untuk esai mereka.

Polusi Air Masih Bersama Kita

Pencemaran air, yang pernah dianggap sebagai kekhawatiran yang hilang pada tahun 1970-an, masih sangat memprihatinkan kita, dan kualitas air tanah di berbagai lokasi masih menjadi perhatian besar para ahli. Esai penelitian siswa dapat memilih kualitas air sebagai topik, meneliti sejauh mana pencemaran air saat ini serta upaya kita untuk mengatasinya. Misalnya, tantangan apa yang ada dalam sistem air kota yang dibangun di dekat bisnis yang mencemari, seperti pabrik atau perusahaan pertanian? Apa yang dilakukan untuk mengendalikan masalah ini? Bagaimana pasokan air lokal atau sumur pribadi akan terpengaruh oleh situasi ini?

Intrusi Buatan Manusia

Penelitian lingkungan sering mengungkap gagasan bahwa intrusi buatan manusia mengurangi kelangsungan hidup ekosistem. Area lahan basah dipotong setengah oleh bangunan manusia dan “membudayakan” tanah, dan bendungan telah mengganggu aliran air alami di area tempat mereka dibangun. Satu topik penelitian yang bagus akan mengambil satu struktur, seperti Bendungan Tiga Ngarai di Cina, dan meneliti dampak ekologisnya atau membandingkan dan membedakan struktur itu dengan yang lain seperti Bendungan Hoover. Topik serupa dapat membahas bagaimana struktur buatan manusia lainnya berdampak pada tanah tempat mereka dibangun atau merusak bahan mentah yang digunakan untuk membangunnya.

Penyembuhan Alami Lingkungan?

Ada bukti baru yang menarik bahwa kutipan “kesusahan” Al Gore mungkin tidak sepenuhnya akurat. Studi terbaru menunjukkan bahwa tumpahan minyak di lautan, baik dari ingatan baru-baru ini maupun peristiwa penting secara historis seperti bencana Exxon Valdez, sebenarnya membersihkan diri secara alami. Situs Exxon, misalnya, diyakini memiliki air yang lebih bersih sekarang daripada sebelum tumpahan terjadi, dan upaya pembersihan manusia mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan. Ini akan menjadi topik penelitian yang menarik dan mungkin memberikan pandangan yang lebih seimbang tentang peran manusia sebagai pengendali kerusakan ekologis.

Jupiterimages/BananaStock/Getty Images