Voyager 2 Menemukan Batas Ruang Antarbintang yang Aneh-

Voyager 2, wahana antariksa yang diluncurkan NASA pada tahun 1977, baru-baru ini menjelajahi batas aneh antara heliosfer dan ruang antarbintang. Para ilmuwan berharap mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang ruang antarbintang dan sisa galaksi Bima Sakti saat wahana itu melanjutkan perjalanannya.

Bepergian Melampaui Heliosfer

Heliosfer adalah area ruang yang mencakup tata surya dan tempat angin matahari berdampak. Heliopause adalah batas heliosfer, dan ruang antarbintang berada di luar batas ini. Angin matahari dan medan magnet matahari tidak dapat mencapai ruang antarbintang.

Voyager 2 sebenarnya adalah wahana kedua yang mencapai ruang antarbintang – Voyager 1 mencapai ini pada tahun 2012 – tetapi telah memberikan data baru tentang area tersebut. Para ilmuwan akhirnya memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang tepi tata surya dan batas misterius yang memisahkannya dari ruang angkasa lainnya.

“Voyager probe menunjukkan kepada kita bagaimana Matahari kita berinteraksi dengan benda-benda yang mengisi sebagian besar ruang antara bintang-bintang di galaksi Bima Sakti. Tanpa data baru dari Voyager 2 ini, kita tidak akan tahu apakah yang kita lihat dengan Voyager 1 adalah karakteristik dari seluruh heliosfer atau spesifik hanya untuk lokasi dan waktu ketika melintas,” kata Ed Stone, seorang ilmuwan proyek untuk Voyager.

Apa itu Heliopause?

Terletak sekitar 11 miliar mil dari matahari, heliopause merupakan wilayah yang menyerupai gelembung besar. Ini berfungsi sebagai batas antara heliosfer dan ruang antarbintang. Namun, heliopause bukanlah dinding tebal yang tidak terlihat. Sebaliknya, itu adalah perbatasan berpori yang memungkinkan beberapa partikel bocor.

“Jika heliosfer itu seperti kapal yang berlayar melalui ruang antarbintang, tampaknya lambungnya agak bocor. Salah satu instrumen partikel Voyager menunjukkan tetesan partikel dari dalam heliosfer menyelinap melalui batas dan masuk ke ruang antarbintang,” kata NASA.

Batas tersebut memungkinkan partikel untuk masuk dan keluar dari wilayah tersebut, sehingga menciptakan campuran heliosfer dan partikel ruang antarbintang. Data dari Voyager 1 menunjukkan partikel antarbintang memasuki tata surya, sedangkan data dari Voyager 2 menunjukkan sebaliknya dengan keluarnya partikel matahari. Meskipun Voyager 1 dan 2 telah memperluas pengetahuan tentang heliopause, masih banyak pertanyaan, seperti bentuk wilayahnya.

Sekarang Voyager 1 dan 2 bergerak melewati heliopause, para peneliti ingin mengirim wahana baru untuk mempelajari wilayah tersebut. Saat ini, NASA tidak memiliki misi yang akan mengirimkan probe ke area tersebut tahun depan.

Mempelajari Ruang Antarbintang

Meskipun mereka meninggalkan Bumi 42 tahun lalu, Voyager 1 dan 2 belum selesai menjelajah dan menemukan hal-hal baru. Misalnya, Voyager 2 baru-baru ini menunjukkan bahwa medan magnet lebih kuat di ruang antarbintang, yang mengejutkan para ilmuwan. Para peneliti memperkirakan probe memiliki sekitar lima tahun tersisa sebelum instrumen mereka gagal.

Ketika NASA meluncurkan dua probe, tujuannya adalah untuk mempelajari planet luar tata surya. Tidak ada yang mengharapkan probe bertahan selama ini atau mencapai ruang antarbintang. Jelas bahwa tidak ada wahana yang dirancang untuk misi yang lebih lama ke wilayah ini, tetapi para ilmuwan berencana untuk memanfaatkan data yang dapat mereka kumpulkan.

Misi Interstellar Mapping and Acceleration Probe (IMAP), yang akan dimulai pada tahun 2024, dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang wilayah ruang angkasa ini. Ini akan mencakup 10 instrumen yang dirancang untuk mengukur heliopause dan sinar kosmik. Namun, pesawat itu hanya berjarak 1 juta mil dari Bumi, jadi tidak akan menempuh jarak sejauh dua wahana Voyager.

Vladi333/iStock/GettyImages