Beberapa Ikan Dapat Mengubah Jenis Kelaminnya di Masa Dewasa – Inilah Alasannya-

Bagi sebagian besar hewan, seks terbentuk di dalam rahim. Tetapi untuk lebih dari 500 spesies ikan, tidak demikian.

Banyak ikan mengubah jenis kelamin di masa dewasa, biasanya sebagai respons terhadap perubahan rangsangan lingkungan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ScienceAdvances. Para ilmuwan telah mengetahui tentang ikan yang mengubah jenis kelamin selama beberapa waktu, tetapi sampai saat ini, mereka tidak yakin bagaimana hal itu terjadi. Sekarang, terima kasih kepada tim peneliti Selandia Baru termasuk ahli genetika Universitas La Trobe Jenny Graves, mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana proses itu bekerja.

Pergantian Jenis Kelamin Di Antara Bluehead Wrasse

Graves memfokuskan penelitiannya pada bluehead wrasse, menurut laporan dari Science Daily.

“Saya telah mengikuti bluehead wrasse selama bertahun-tahun karena perubahan jenis kelamin sangat cepat dan dipicu oleh isyarat visual,” kata Graves kepada Science Daily.

Dia menambahkan bahwa ikan dapat beralih antara jantan dan betina tanpa mengubah susunan genetiknya, “jadi itu pasti sinyal yang mematikan dan menghidupkannya.” Namun, para ilmuwan bertanya-tanya selama beberapa dekade bagaimana tepatnya ikan itu melakukannya.

Prosesnya cukup mudah untuk diamati, terutama pada bluehead wrasse. Ikan ini hidup berkelompok di Karibia, biasanya di terumbu karang. Laki-laki dominan berkepala biru, dan masing-masing biasanya menjaga harem perempuannya sendiri, yang memiliki warna kuning. Namun, jika seekor jantan pergi atau dikeluarkan dari haremnya, betina terbesar dalam kelompok itu menjadi jantan.

Pergantian jenis kelamin segera dimulai: Dalam beberapa menit, wanita terbesar mengubah perilakunya, menurut Science Daily. Warnanya berubah untuk mencerminkan pola pewarnaan pria dalam beberapa jam. Dan dalam 10 hari, ovariumnya menjadi testis dan mulai memproduksi sperma.

Bagaimana Ikan Melakukannya

Meskipun gen ikan tidak berubah selama proses pergantian jenis kelamin, gen tersebut hidup dan mati sebagai respons terhadap penataan ulang label kimia yang melekat pada DNA ikan, menurut laporan dari Associated Press.

Ketika wrasse betina berubah menjadi jantan, penanda kimiawi yang terkait dengan DNA-nya diatur ulang, yang pada dasarnya memprogram ulang ikan tersebut.

Ahli biologi Erica Todd, yang berkontribusi pada penelitian tersebut, mengatakan kepada Associated Press bahwa ikan tersebut “semacam siap dan siap untuk pergi ke segala arah,” seperti jungkat-jungkit.

Memahami Proses Perubahan Jenis Kelamin

Studi para peneliti, yang diterbitkan 10 Juli, mengidentifikasi beberapa rangsangan perubahan jenis kelamin dalam judulnya: “Stres, gen seks baru, dan pemrograman ulang epigenetik mengatur perubahan jenis kelamin yang dikendalikan secara sosial.” Todd, Graves, dan rekan satu timnya menggunakan beberapa metode untuk mencapai kesimpulan ini.

Para ilmuwan menggunakan sekuensing RNA dan analisis epigenetik dengan throughput tinggi untuk mengamati bagaimana gen dalam gonad dan otak wrasse hidup dan mati untuk memicu perubahan jenis kelamin. Todd mengatakan kepada Science Daily bahwa temuan mereka menunjukkan “bahwa perubahan jenis kelamin melibatkan perubahan genetik lengkap dari gonad,” dimulai dengan gen yang mempertahankan ovarium mati.

Memahami bagaimana bluehead wrasse berubah dari betina menjadi jantan dapat membantu para peneliti memahami bagaimana gen hidup dan mati pada spesies lain, juga, termasuk manusia. Studi ini secara khusus memberikan wawasan tentang bagaimana lingkungan dapat memengaruhi proses itu.

Selain itu, Graves menambahkan bahwa dia sedang mempelajari proses pembalikan jenis kelamin yang serupa pada kadal naga Australia, yang dapat menambah upaya ilmiah ini.

“Pembalikan jenis kelamin pada naga dan wrasse melibatkan beberapa gen yang sama,” kata Graves kepada Science Daily, “jadi saya pikir kita sedang melihat sistem kuno untuk pengendalian aktivitas gen oleh lingkungan.”

Humberto Ramirez/Momen/GettyImages