Bosan? Tonton Dokumen Sains Ini Saat Anda Melakukan Jarak Sosial-

Pandemi COVID-19 telah mengubah cara banyak dari kita hidup dalam semalam. Banyak sekolah dan universitas telah menutup pintunya dan beralih ke pembelajaran virtual & jarak jauh. Yang lain bekerja dari rumah atau menggunakan waktu ini untuk mengisolasi diri dan fokus pada hobi, keluarga, dan menjaga kesehatan.

Jika Anda salah satu dari jutaan siswa atau orang yang sekarang berada di rumah setidaknya selama beberapa minggu (mungkin lebih), menonton film dokumenter akan menjadi cara yang bagus untuk terus belajar tentang topik yang menarik dan beragam meskipun Anda sedang di luar kelas.

Inilah lima favorit kami.

1. Netflix: Planet Kita

“Planet Kita” adalah serial dokumenter di Netflix. Mirip dengan “Planet Bumi” yang terkenal, “Planet Kita” terdiri dari delapan episode berdurasi hampir satu jam yang didedikasikan untuk ekosistem berbeda di Bumi.

Dari padang pasir dan padang rumput hingga hutan hingga laut pesisir, Anda akan belajar tentang berbagai ekosistem di seluruh dunia, organisme di dalamnya, dan bagaimana mereka dipengaruhi oleh hal-hal seperti penggundulan hutan, polusi, perubahan iklim, dan dampak manusia secara keseluruhan.

Episode ini berkualitas sangat tinggi dan menunjukkan hal-hal di alam yang hanya sedikit orang yang pernah melihatnya dengan mata kepala sendiri. Berhati-hatilah dengan seri ini: Sangat mudah untuk menonton pesta!

2. Hulu: Jane

Jane Goodall adalah salah satu ahli primata dan antropolog paling terkenal di dunia. Penelitian inovatifnya yang mempelajari simpanse menunjukkan bagaimana makhluk ini membentuk hubungan yang berbeda, membentuk kelompok & ikatan sosial, dan bertindak sebagai unit keluarga di alam liar.

Dalam film dokumenter National Geographic berjudul “Jane” (saat ini tersedia di Hulu), Anda dapat mempelajari semua tentang kehidupan, penelitian, dan semangat Jane Goodall untuk melindungi simpanse dan hewan lainnya. Siswa juga akan mempelajari detail eksperimen dan studi Jane sambil mendapatkan pandangan mendalam tentang bagaimana seorang ilmuwan profesional hidup dan bekerja.

3. Amazon Prime: Musuh Tak Terlihat

Film dokumenter tentang penyakit dan epidemi modern ini sangat pas untuk zamannya.

Sempurna untuk pelajar dan orang-orang yang tertarik dengan mikrobiologi dan penyakit menular, “Musuh Tak Terlihat” bertujuan mengungkap mengapa, di abad ke-21, kita masih melihat banyak penyakit mendadak dan meluas di seluruh dunia.

Film dokumenter ini menyoroti penemuan dan penyebaran tiga epidemi modern yang terkenal: flu, virus Zika, dan Ebola.

Film dokumenter ini melihat berapa banyak pengaruh yang dapat memengaruhi penyebaran tingkat keparahan epidemi atau pandemi termasuk pertumbuhan populasi, urbanisasi dunia, perubahan iklim, perjalanan, pengobatan modern, dan banyak lagi.

4. YouTube: Perjalanan ke Ujung Semesta

Jika Anda mencari film dokumenter sains yang lebih condong ke fisika, luar angkasa, dan astronomi, lihat penawaran gratis di YouTube ini yang berjudul “Journey to the Edge of the Universe_.”_

Film dokumenter yang diproduksi oleh National Geographic dan saluran Discovery ini akan membawa Anda menjelajahi tata surya kita dan lebih jauh lagi untuk mempelajari tentang planet, pembentukannya, bintang, lubang hitam, dan misteri besar lainnya di galaksi kita dan lainnya.

Anda akan mendapatkan pemandangan luar angkasa dari teleskop Hubble yang terkenal, mempelajari fisika dasar dan konsep astronomi, dan mungkin sedikit eksistensial!

5. YouTube: Kebangkitan Umat Manusia – Dari Mana Manusia Berasal?

Film dokumenter yang tersedia secara gratis di YouTube ini melihat bagaimana manusia muncul melalui evolusi ribuan tahun. Ini menggunakan animasi untuk menampilkan temuan antropologis dan ilmiah sepanjang sejarah.

Dengan menggunakan selang waktu, Anda akan melakukan perjalanan dari beberapa sel pertama melalui setiap langkah evolusi yang membawa kita ke tempat kita sekarang. Anda akan belajar tentang evolusi, genetika, mutasi, seleksi alam, dan banyak lagi konsep yang telah dipelajari para ilmuwan, menjelaskan rangkaian peristiwa rumit yang mengarah pada perkembangan suatu spesies.

sakchai vongsasiripat/Momen/GettyImages