Cara Menulis Laporan Ilmu Pengamatan-

Sebagai siswa di salah satu sains, mungkin ada saatnya instruktur Anda akan meminta Anda untuk menulis makalah observasi tentang eksperimen yang telah Anda selesaikan. Makalah pengamatan harus menjelaskan pertanyaan yang Anda inginkan jawabannya; hipotesis tentang apa yang Anda yakini sebagai hasil percobaan; bahan dan peralatan yang digunakan dalam percobaan; data yang diperoleh selama percobaan, dan kesimpulan akhir yang membantu mendukung hipotesis awal Anda. Laporan harus sesingkat mungkin sambil mengomunikasikan penemuan Anda kepada orang lain.

Masukkan judul laporan pengamatan Anda di bagian atas selembar kertas catatan yang bersih. Jika laporan observasi berkaitan dengan apa yang dilakukan Isopropil alkohol terhadap amuba, judulnya mungkin, “Pengaruh Isopropil Alkohol pada Amuba.”

Masukkan subjudul di bawah judul laporan dan beri label “Hipotesis”. Langsung di bawah sub-judul ini, masukkan detail dari hipotesis Anda. Dalam kasus efek alkohol isopropil pada amuba: “Saya berhipotesis bahwa mikroorganisme dalam keluarga amuba akan berperilaku tidak menentu setelah terpapar alkohol isopropil, tetapi mikroorganisme akan pulih dari cobaan berat dan kembali ke tahap reproduksi normal sekitar 24 jam setelahnya. alkohol telah menguap.”

Tulis sub-judul baru berlabel “Peralatan dan Bahan yang Digunakan” di bawah bagian hipotesis dan nyatakan peralatan dan bahan yang digunakan untuk menguji hipotesis Anda. Untuk memaparkan amoeba ke alkohol dalam percobaan contoh, dan untuk mengamati efeknya, bahan dapat berupa mikroskop dengan perbesaran 200x; slide mikroskop dengan amuba hidup yang dikonfirmasi; penetes obat dan alkohol isopropil.

Tulis sub-judul ketiga berlabel “Detail Lingkungan” di mana Anda mencatat pengaturan di mana percobaan Anda yang sebenarnya terjadi. Cantumkan tanggal eksperimen dilakukan di bawah bagian ini, serta waktu mulai dan akhir eksperimen. Lakukan pembacaan suhu laboratorium di awal dan di akhir tahap pengamatan, kemudian tulis juga suhu di bawah bagian ini.

Buat subjudul keempat berlabel “Prosedur” tempat Anda membuat anotasi singkat saat percobaan berlangsung. Sebagai contoh: “Pada siang hari, saya meletakkan slide yang berisi amuba hidup di bawah mikroskop untuk pengamatan. Saya menghitung total 150 amuba hidup pada awal percobaan ini”, atau “Pada jam 1 siang saya meletakkan satu tetes alkohol isopropil ke amuba hidup. Karena amuba awalnya disuspensikan dalam 4 tetes air, maka jumlah alkohol yang ditambahkan oleh radio adalah 1:4,” “Mengamati amuba pada pukul 6 sore dan mencatat bahwa isopropil alkohol memperlambat amuba, dan 30 dari mereka menghentikan semua aktivitas”, “Mengamati amuba pada jam 8 malam dan tidak menemukan aktivitas dari amuba mana pun,” “Mengamati amuba pada siang hari pada hari kedua dan semua amuba telah menghentikan semua fungsi biologisnya.”

Tulis sub-judul kelima berlabel “Hasil” dan tulis paparan singkat tentang hasil eksperimen tersebut. Dalam kasus ini, setelah 24 jam semua amoeba telah mati akibat paparan isopropil alkohol dengan perbandingan 25 persen alkohol dengan 75 persen larutan air bersih. Amoeba telah mati sebagai hasil percobaan.

Tulis sub-judul keenam dan terakhir berlabel “Ringkasan” dan masukkan dukungan atau kurangnya dukungan percobaan yang diberikan untuk hipotesis Anda. Dalam kasus percobaan contoh ini: “Radio isopropil alkohol 1:4 ke larutan air bersih menyebabkan kematian semua amuba dan hipotesis saya ternyata tidak didukung melalui prosedur percobaan ini. Isopropil alkohol ternyata mematikan bagi amuba daripada meningkatkan motilitas mereka dengan pemulihan berikutnya ke keadaan normal setelah waktu yang ditentukan.”

• Alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan Anda (mikroskop, bahan kimia, panas, lemari es, tabung reaksi)
    • Notebook dan pulpen atau pensil
  • Jangan pernah merasa buruk jika hipotesis Anda ternyata tidak didukung melalui prosedur eksperimen Anda yang sebenarnya. Makalah pengamatan digunakan sebagai referensi oleh Anda sendiri dan orang lain ketika melakukan percobaan di masa depan, seperti menurunkan jumlah alkohol isopropil untuk mengetahui berapa persentase amoeba yang dapat ditoleransi, sebagai salah satu contoh saja.

Photos.com/Photos.com/Getty Images