Ekosistem Bobcats-

Bobcats (nama ilmiah untuk hewan bobcat adalah Lynx rufus ) adalah predator yang paling tersebar luas di Amerika Utara, mulai dari Meksiko hingga Kanada. Beberapa peneliti berpendapat bahwa kucing hutan adalah “spesies batu kunci”. Spesies kunci adalah salah satu yang memiliki efek yang tidak proporsional pada ekosistem tempat tinggalnya, relatif terhadap biomassanya. Predator umumnya disebut sebagai spesies kunci karena populasinya relatif jarang, namun mereka memberikan pengaruh yang cukup besar pada tingkat rantai makanan yang lebih rendah.

Diet

Bobcat adalah predator generalis — ini berarti ia memiliki kemampuan untuk memangsa beragam spesies mangsa. Hal ini sebagian disebabkan oleh ukurannya yang serbaguna. Kucing hutan, kira-kira berukuran sama dengan anjing hutan, cukup besar untuk mengalahkan rusa kecil dan antelop tanduk bercabang, tetapi kecil dan cukup gesit untuk menangkap mangsa kecil.

Sebuah studi yang dilakukan oleh staf Idaho Fish and Game, diterbitkan dalam “Ilmu Barat Laut” edisi 1988, menemukan bahwa kucing hutan memakan total 42 spesies berbeda dalam setahun di Cascade Ranges Oregon. Kelinci, rusa berekor hitam, dan berang-berang merupakan makanan utama tahunan, tetapi kucing hutan juga memakan berbagai mamalia kecil, burung, reptil, dan bahkan serangga.

Kontrol Ekosistem Bobcat Top-Down

Sebagai predator teratas, kucing hutan berada di, atau di dekat, puncak rantai makanan. Posisi pada rantai makanan kucing hutan ini sangat penting, karena kucing hutan menggunakan apa yang dikenal sebagai “kontrol top-down” ekosistem. Bobcats dan predator lainnya membantu menjaga keseimbangan ekosistem. Dalam ekosistem yang kekurangan predator, konsumen yang lebih rendah dalam rantai makanan dengan cepat meningkatkan ukuran populasi.

Ini membebani sumber makanan secara berlebihan, menyebabkan kondisi individu yang lebih buruk dan tingkat kelaparan yang lebih tinggi. Akhirnya, tingkat kelahiran yang rendah dan kematian yang tinggi akan menyebabkan populasi konsumen jatuh, tetapi sementara itu, efeknya telah menyebar ke komunitas tanaman. Penggembalaan berlebihan oleh herbivora dapat menghasilkan biomassa yang sangat rendah dari beberapa spesies tumbuhan. Ini pada gilirannya mempengaruhi komunitas invertebrata, dan dapat menghambat siklus nutrisi.

Pulau Kiawah

Meningkatnya perambahan kawasan perkotaan menjadi yang sebelumnya liar telah menyebabkan urbanisasi banyak spesies satwa liar, termasuk rusa, rakun, dan possum. Di Pulau Kiawah, Carolina Selatan, tingkat kelangsungan hidup rusa berekor putih tinggi secara tidak wajar karena hanya ada sedikit pemangsa di lanskap yang didominasi pinggiran kota ini. Dengan maksud untuk memulihkan keseimbangan ekosistem alami, otoritas lokal telah bekerja sama dengan para peneliti untuk menemukan cara meningkatkan kesesuaian habitat untuk bobcats.

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Wildlife Management” edisi April 2010, bersama dengan penelitian saat ini di Pulau Kiawah, menunjukkan bahwa mendorong pemilik tanah untuk menyediakan dan melestarikan habitat yang cocok untuk kucing hutan bisa menjadi metode yang berhasil untuk memulihkan hubungan pemangsa-mangsa. di daerah pinggiran kota.

Pulau Cumberland

Pulau Cumberland, Georgia, tidak memiliki predator besar sampai kucing hutan dilepaskan sebagai bagian dari proyek restorasi ekosistem pada tahun 1989. Hasil dari proyek tersebut dilaporkan dalam kompilasi tahun 2009 tentang konservasi Lynx, berjudul “Konservasi Ex Situ Lynx Iberia: sebuah Interdisipliner Pendekatan.†Tanpa tekanan dari pemangsa, herbivora asli dan pendatang merajalela di pulau itu. Merumput dan menjelajah secara berlebihan menyebabkan kerusakan pada komunitas tumbuhan asli, dengan rusa berekor putih diidentifikasi sebagai salah satu penyebab utama.

Makanan kucing hutan dipantau antara tahun 1980 dan 1998. Para peneliti menemukan lebih sedikit rusa dalam diet kucing hutan dari waktu ke waktu, menunjukkan bahwa kucing hutan pada awalnya menggunakan rusa sebagai spesies mangsa utama tetapi memakannya lebih jarang karena semakin langka. Regenerasi ek asli meningkat secara signifikan selama periode ini, bukti lebih lanjut bahwa kucing hutan menjaga jumlah rusa tetap rendah. Bobot tubuh rusa meningkat rata-rata 11 kilogram antara tahun 1989 dan 1997, menggambarkan pentingnya kucing hutan dalam menjaga kesehatan populasi mangsa.

Jupiterimages/Photos.com/Getty Images