Ekosistem Kolam Air Tawar-

Katak hijau klasik yang beristirahat di atas daun teratai hanya merupakan sebagian kecil dari ekosistem kolam. Kolam dan danau air tawar mengandung jaringan dan struktur makanan yang kompleks dengan banyak sekali organisme. Dari bakteri yang sangat kecil hingga berang-berang sungai yang atletis dan luwes, ekosistem tambak terdiri dari banyak organisme dan interaksi yang berbeda.

Ekosistem Tambak Dasar

Sebagian besar sistem kolam air tawar memiliki struktur yang mirip dengan variasi antar spesies. Di dalam sedimen di dasar kolam air tawar, Anda akan menemukan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Tumbuh di dalam dan di sekitar sedimen, Anda akan menemukan banyak tanaman dan spesies ganggang. Invertebrata juga berkeliaran di sepanjang sedimen dan tumbuhan air. Terakhir, Anda dapat menemukan berbagai macam makhluk vertebrata, mulai dari ikan dan amfibi hingga burung yang mengarungi.

Jaring Makanan Tambak

Berbagai organisme kolam berinteraksi satu sama lain dalam berbagai cara dalam ekosistem ini. Larva, cacing, serangga, dan berbagai invertebrata memakan alga, bakteri, dan detritus di sedimen. Invertebrata yang lebih besar, serta ikan, burung, dan mamalia, memakan banyak cacing dan serangga yang ada. Banyak dari organisme rantai makanan “tingkat atas” ini juga saling memberi makan di samping tingkat yang lebih rendah, seperti burung-burung yang mengarungi memakan ikan.

Mikroorganisme Kolam Air Tawar

Berbagai jenis mikroba hidup di dalam sedimen berlumpur di dasar kolam. Mikroorganisme ini memecah benda mati dan membusuk dan menyediakan makanan bagi invertebrata.

Beberapa contoh mikroorganisme tambak air tawar antara lain:

• Bakteri
  • Alga
  • Jamur
  • Plankton

Tanaman Kolam Air Tawar

Berbagai jenis tumbuhan atau organisme mirip tumbuhan hidup di dalam ekosistem tambak. Para peneliti mengenali tiga kelompok tumbuhan air sejati, serta alga, yang merupakan penghasil air tawar yang menyerupai tumbuhan tetapi sebenarnya berasal dari kingdom Protista.

tumbuhan mencuat menumbuhkan akar di bawah air tetapi memiliki bagian tumbuhan yang tumbuh di atas permukaan air. Tumbuhan terapung tidak berakar ke dasar dengan cara apa pun dan mengapung bebas di air. Terakhir, tanaman yang terendam memiliki akar di sedimen tetapi biasanya tidak tumbuh di atas air.

Beberapa contoh tanaman kolam air tawar antara lain:

• Cattail (muncul)
  • Buluh (muncul)
  • Eceng gondok (mengambang)
  • Duckweed (mengambang)
  • Gulma (terendam)
  • Eelgrass (terendam)

Invertebrata Kolam Air Tawar

Berbagai invertebrata hidup di dalam kolam air tawar. Anda dapat menemukan sejumlah krustasea, cacing, lintah, moluska, serangga, dan banyak lagi. Makhluk ini sering memakan bakteri, alga, dan mikroorganisme.

Beberapa contoh invertebrata kolam air tawar meliputi:

• Cacing pipih
  • Cacing gelang
  • Siput
  • Remis
  • Udang
  • Capung
  • lalat capung
  • Caddisfly

Vertebrata Kolam Air Tawar

Vertebrata ekosistem tambak umumnya memakan invertebrata serta satu sama lain. Banyak spesies amfibi, ikan, burung, dan mamalia bergantung pada sistem kolam air tawar untuk bertahan hidup. Organisme kolam tunggal, seperti ikan, dapat memakan beberapa jenis serangga, spesies ikan yang lebih kecil, cacing, dan lainnya.

Amfibi di Kolam Air Tawar

Berbagai macam spesies amfibi hidup di dalam kolam. Mereka biasanya memakan invertebrata dan menyediakan makanan untuk vertebrata yang lebih besar seperti ikan, burung, dan berang-berang.

Beberapa contoh amfibi kolam air tawar meliputi:

• Katak
  • Kadal air
  • Salamander
  • Kodok

Ikan di Kolam Air Tawar

Tergantung di mana Anda tinggal, Anda dapat menemukan ratusan spesies ikan air tawar berbeda yang hidup di kolam dan sungai. Makhluk ini memakan banyak serangga, cacing, larva dan ikan lainnya. Mereka menyediakan makanan sendiri untuk burung, ikan lain, dan mamalia.

Beberapa contoh ikan air tawar antara lain:

• Gar
  • Bayangan
  • ikan trout
  • Bluegill
  • Tombak
  • Ikan kecil
  • Hinggap
  • Bas

Burung di Kolam Air Tawar

Anda mungkin akrab dengan banyak burung air. Dari kuntul putih yang biasa mengarungi air untuk mencari ikan hingga bebek yang menyelam di bawah permukaan untuk memakan tumbuhan, banyak spesies burung berbeda bergantung pada ekosistem tambak.

Beberapa contoh burung yang tinggal di kolam antara lain:

• Osprey
  • Loon
  • Ibis
  • Spoonbill

Mamalia di Kolam Air Tawar

Sejumlah mamalia yang berbeda menghabiskan waktunya untuk mencari makan di kolam air tawar. Berang-berang dan muskrat membangun rumah mereka di air dan memakan tumbuh-tumbuhan. Berang-berang sungai berpacu di air setelah ikan lezat untuk dimakan.

Beberapa contoh mamalia yang tinggal di kolam antara lain:

• Berang-berang
  • Berang-berang sungai