Hewan Apa yang Ada di “Palung” atau Zona Hadalpelagik?-

Laut dalam memiliki banyak rahasia. Ini adalah ekosistem terbesar yang belum dijelajahi di bumi. Zona laut terdalam disebut sebagai “The Trenches†atau Zona Hadalpelagik. Zona ini didefinisikan mulai dari sekitar 19.000 kaki dan meluas ke dasar laut. Pada kedalaman ini tidak ada cahaya yang dapat dilihat sehingga tidak ada tumbuhan, sehingga sangat sedikit makanan yang tersedia untuk menopang kehidupan hewan. Meskipun demikian, kehidupan memang ada di tingkat terdalam lautan.

Cacing Tabung Raksasa

Nama ilmiah cacing tabung raksasa adalah Riftia pachyptila. Cacing tabung ditemukan hidup di perairan laut dalam di bawah apa yang disebut lubang hidrotermal, juga disebut “perokok hitam”. Lubang ini diisi dengan bahan kimia dan mineral dan menghasilkan apa yang oleh para ilmuwan disebut sebagai sup beracun. Sup ini mematikan bagi sebagian besar hewan, tetapi seluruh ekosistem hewan bertahan hidup di dekat lubang asap hitam ini. Di lingkungan inilah cacing tabung raksasa ada. Cacing tabung raksasa dapat tumbuh hingga 8 kaki atau lebih dan tidak memiliki mulut maupun saluran pencernaan. Mereka bertahan hidup dengan hubungan simbiosis yang mereka miliki dengan bakteri yang hidup di dalamnya.

Bintang laut

Meskipun bintang laut umumnya terlihat di pantai dan di perairan laut dangkal, sebagai spesies mereka cukup mudah beradaptasi dan juga ditemukan di perairan dalam Palung†atau Zona Hadalpelagik. Nama ikan adalah nama yang salah. Bintang laut bukanlah ikan melainkan echinodermata. Echinodermata berada dalam keluarga yang sama dengan bulu babi dan dolar pasir, yang menggunakan air laut untuk memompa makanan ke seluruh tubuh mereka. Beberapa ilmuwan mulai menyebut bintang laut sebagai “bintang laut” sebagai cara untuk membedakannya dari ikan.

Foraminifera (Foram)

Foram adalah protista yang hidup bebas organisme sel tunggal. Mengingat bahwa foram hidup di perairan terdalam laut, mereka memiliki proses yang sangat tidak biasa untuk memperoleh nutrisi dan bereproduksi. Formas memiliki cangkang yang menutupi tubuhnya. Cangkang ini umumnya dipisahkan menjadi ruang-ruang. Cangkang terbuat dari campuran organik, butiran pasir yang dikombinasikan dengan partikel lain atau kristal kalsit. Komposisi cangkang yang tepat terkait dengan spesies tertentu. Organisme ini sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Cusk-belut

Cusk-eel hidup di perairan terdalam di planet ini dan merupakan spesies ikan. Ikan ini telah terlihat di seluruh dunia, tetapi seringkali di daerah subtropis dan tropis. Paling umum, ikan ini memanjang dan terlihat sangat mirip dengan belut. Mereka bertelur daripada memiliki kelahiran hidup.

Damocean/iStock/GettyImages